Idulfitri Dongkrak Transaksi Kartu Kredit

Sabtu, 10 Juni 2017 – 08:29 WIB
Kartu kredit. Foto: dok jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Konsumer PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Anggoro Eko Cahyo mengatakan, pada pengujung kuartal kedua 2017 ini, ada kenaikan penyaluran kredit.

Kenaikan transaksi kartu kredit menjelang Idulfitri mencapai 15–20 persen.

BACA JUGA: Kartu Tani Makin Memudahkan Petani

’’Kondisi spending-nya sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Rata-rata untuk belanja grocery di department store,’’ kata Anggoro saat konferensi pers BNI Digimudik kemarin (9/6).

Per kuartal pertama 2017, BNI mencatat pertumbuhan penyaluran untuk kartu kredit 3,72 persen secara year-on-year (yoy) menjadi Rp 10,91 triliun.

BACA JUGA: Transaksi Kartu Kredit Tembus Rp 95,4 Triliun

Anggoro menyatakan, penurunan bunga kartu kredit telah diikuti perbankan.

Kalaupun pendapatan bunga jadi turun akibat penurunan bunga, bank bisa mengandalkan pendapatan fee based income dari transaksi.

BACA JUGA: Permudah Transaksi Dengan Kartu Multifungsi, Pelindo Gandeng BNI

Potensi transaksi pada musim jelang Idulfitri yang cukup besar diyakini mampu mendongkrak kinerja bisnis kartu kredit BNI.

Sementara itu, Direktur Ritel PT Bank Permata Tbk Bianto Surodjo mengakui, potensi peningkatan transaksi kartu kredit saat Lebaran cukup besar.

’’Walaupun NIM (net interest margin) lebih kecil, bisa dikompensasi dengan mengakuisisi konsumen lebih banyak serta meningkatkan transaksi,’’ ujarnya.

Bank Permata menjalin kerja sama dengan jaringan ritel Hero untuk konsumen yang menggunakan kartu kredit untuk groceries.

Bianto menyatakan, potensi kenaikan transaksi bukan hanya dari momen Idulfitri, tapi juga semakin gencarnya edukasi transaksi nontunai pada nasabah. (rin/c22/noe)

BACA ARTIKEL LAINNYA... BNI Biayai Proyek Tol Pemalang-Batang Rp 1,5 Triliun


Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler