Ijazah Arief Yahya Palsu? Ini Komentar Menteri Yuddy

Kamis, 04 Juni 2015 – 17:23 WIB
Yuddy Chrisnandi. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA--Kabar tentang serentetan gelar yang diperoleh Menteri Pariwisata Arief Yahya adalah palsu, ditepis Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi. Menurutnya, gelar sarjana strata satu sampai doktor yang diraih Arief adalah benar dan melalui jalur pendidikan resmi.

"Sejak S1 sampai S3 saya sama-sama dengan Pak Arief. Kami sama-sama kuliah di Universitas Padjajaran Bandung. Jadi kalau dibilang palsu, ijazah mana yang palsu?," kata Yuddy kepada JPNN di Jakarta, Kamis (4/6).

BACA JUGA: Selamat ya...KemenPAN-RB Raih WTP Lagi

Dia mengungkapkan, Arief juga masuk dalam kepengurusan alumni Unpad sehingga tidak mungkin yang bukan almamater bisa masuk dalam struktur organisasi.

"Itu universitas (Universitas Berkley Jakarta) yang mengklaim rekan saya pakai ijazah palsu harus membeberkan, mana yang palsu. Jangan hanya menyebut nama orang tanpa bukti jelas," kritiknya.

BACA JUGA: BPK Usul Instansi Opini Dislaimer tak Diberi Formasi CPNS

Yuddy menduga, bisa saja Arief Yahya yang lain dan bukan menpar. Sebab sebagai sesama alumni Unpad, Yuddy memastikan tidak ada ijazah Arief yang bodong.

Sebelumnya, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi M Nasir menginspeksi mendadak kampus Universitas Berkley Jakarta. Kampus tersebut merupakan cabang dari University of Berkley Michigan yang dikelola bersama Lembaga Manajemen Internasional Indonesia (LMII).

BACA JUGA: Eaa.. Jokowi Makan Siang Bareng Mantan Tim Sukses Prabowo

Seusai inspeksi, Nasir menyatakan, LMII adalah kampus "bodong" dan ijazah yang dikeluarkan merupakan ijazah palsu. Pasalnya, LMII hanya mengantongi izin sebagai tempat kursus. Nama Arief Yahya diketahui setelah LMII memublikasikan daftar alumni yang meraih gelar PhD dari kampus tersebut. Selain Arief, ada nama anggota DPR Komarudin Watubun dan beberapa pejabat publik lainnya. (esy/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mantan Menteri Sekaligus Orang Dekat SBY Segera Digarap Bareskrim


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler