Ikhtiar Petrokimia Gresik Mendorong Peran Perempuan di Top Management BUMN

Kamis, 17 Februari 2022 – 14:53 WIB
Direktur Pemasaran PG Digna Jatiningsih (kiri) beserta staf. Foto: dok Petrokimia Gresik

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Operasi & Produksi Petrokimia Gresik, Digna Jatiningsih mengatakan pihaknya terus memberi ruang bagi perempuan menduduki top management.

Kehadiran perempuan di top management, lanjut Digna, tentu memberikan perspektif berbeda.

BACA JUGA: Ilmuwan China Menemukan Inti Bumi, Bantah Pendapat Lama

“Keberadaan perempuan dalam top management dapat memberi perspektif berbeda. Itulah mengapa inklusivitas sangat penting dalam sebuah perusahaan, khususnya untuk posisi leader," jelas dia dalam keterangan resmi, Kamis.

Dia membeberkan jumlah karyawati Petrokimia Gresik yang menduduki grade tiga ke atas atau posisi manajerial di tiap tahunnya terus meningkat.

BACA JUGA: Almaun Minta Menko Airlangga Tegas kepada Menteri BUMN

Peningkatan itu sejalan dengan program Menteri BUMN Republik Indonesia, Erick Thohir yang terus mendorong peran perempuan di level top management perusahaan BUMN.

Dukungan serupa juga disampaikan Direktur SDM, Tata Kelola & Manajemen Risiko Pupuk Indonesia (Persero), Tina T. Kemala Intan yang juga merupakan Ketua Srikandi BUMN.

BACA JUGA: Pengurus dan Ketua Ranting Ditangkap Densus 88, Muhammadiyah Ambil Sikap

Dia mengungkapkan berdasarkan satu penelitian dalam dunia usaha yang memiliki keberagaman gender pada posisi direksi, kinerja perusahaan terbukti lebih meningkat.

“Oleh karena itu, Srikandi BUMN bersama Kementerian BUMN berupaya menciptakan dunia kerja yang nyaman bagi perempuan, khususnya di lingkup BUMN,” ujar Tina.

Lebih lanjut, Tina menjelaskan Kementerian BUMN tahun lalu menargetkan direksi perempuan BUMN sebesar 15 persen dan tahun ini meningkat menjadi 20 persen.

Dari sisi kebijakan nasional, Pelaksana Harian Asisten Deputi Pengarusutamaan Gender (PUG) Bidang Ekonomi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA) Helsyanita menjelaskan mempromosikan kesetaraan gender merupakan salah satu strategi pembangunan nasional.

Pemerintah dalam rencana jangka menengah memiliki program bernama Pengarusutamaan Gender (PUG).

"Ini akan menjadi landasan dalam setiap pembangunan di segala bidang," pungkas dia. (rdo/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kombes Zulpan Umumkan Nasib 5 Begal Sadis Anggota Brimob, Rasain!


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler