Ikut SBMPTN 2019 Pusingnya tak Hanya Sekali, Banyaaak, Hahaha

Rabu, 19 Juni 2019 – 00:35 WIB
SBMPTN. Ilustrasi Foto: dok.JPG

jpnn.com, JAKARTA - SBMPTN (seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri) tahun ini menerapkan sistem baru. Siswa bisa makin bimbang saat menentukan pilihan.
--
NOVAL antusias dan langsung berdiri ketika diberi kesempatan menyampaikan pertanyaan dalam forum SBM PTN Day di Balairung Universitas Indonesia (UI) Depok Sabtu (15/6). Siswa kelas XII SMA swasta di Jakarta Selatan itu mengonfirmasi sejumlah informasi yang berseliweran terkait penerimaan mahasiswa baru di PTN.

”Ada informasi bobot tes potensi skolastik (TPS) dan tes potensi akademik (TPA) yang beda,” ujarnya.

BACA JUGA: Pendaftaran SBMPTN 2019, Ini Prodi yang Paling Banyak Diminati

Dia melanjutkan, bobot untuk TPS dipatok 60 persen dan TPA 40 persen. Kemudian, diberlakukan juga sistem klaster berdasar rumpun keilmuan.

Di hadapan pimpinan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), dia meminta penjelasan, apakah memang ada ketentuan pembobotan antara TPS dan TPA tersebut. Atau, hanya komponen subtes TPA yang diberi bobot karena terkait dengan rumpun ilmu program studi (prodi) yang bakal dilamar.

BACA JUGA: SBMPTN 2019: Nilai UTBK Terbanyak Di Rentang 401 - 500

Lantaran banyak informasi yang beredar tersebut, Noval mengaku belum mendaftar SBMPTN hingga saat itu. Dia masih menimbang-nimbang prodi dan kampus yang akan dipilih.

Cerita lain dituturkan Rachma. Siswi penyuka K-pop itu mendaftar SBM PTN pada hari pertama pembukaan 10 Juni lalu. Dia mengaku langsung menentukan pilihan prodi bukan lantaran sudah mantap atau yakin.

BACA JUGA: Masih Banyak Siswa Belum Pilih Prodi SBMPTN 2019

”Tapi, setelah mengikuti dua ujian SBMPTN yang diselenggarakan LTMPT, saya mendapatkan nilai tengah,” ungkapnya.

Dengan nilai yang berada di tengah atau median tersebut, Rachma menyebut hasilnya tidak terlalu bagus. Beberapa hari sebelum pendaftaran SBMPTN dibuka, dia mencari informasi jurusan atau prodi yang cenderung sepi peminatnya.

Pada H-1 pendaftaran SBMPTN, dia sudah memiliki prodi pilihan. Namun, dia tidak bersedia menyebutkan prodi dan universitas yang dipilih. Rachma hanya berharap bisa lolos masuk PTN tahun ini.

Rachma mengungkapkan sempat membuat simulasi terkait peluangnya lolos SBMPTN tahun ini. Dia memanfaatkan sejumlah website yang menawarkan jasa simulasi itu. ’’Hasilnya, saya pasrah. Karena nilai saya memang berada di bawah,’’ ucapnya.

Menurut dia, nilainya berada di bawah saat simulasi pemeringkatan. Lantas, dia menyadari bahwa peluangnya untuk lolos SBMPTN sangat kecil. Namun, bagi dia, yang terpenting adalah sudah berusaha dan pasrah apa pun hasilnya nanti.

Kesibukan menghadapi SBMPTN 2019 juga dialami Irfan. Padahal, dia telah berstatus mahasiswa. Irfan tidak sibuk mendaftar untuk diri sendiri, tetapi mendampingi siswa yang akan melamar SBMPTN.

Irfan memiliki pengalaman mendampingi para siswa untuk mendaftar SBMPTN sejak 2016. Saat kuliah dia bekerja part time di sebuah bimbingan belajar (bimbel). ”Job desc-nya kebetulan ngedaftarin siswa-siswa bimbel ke SBMPTN dan jalur mandiri,” jelasnya.

Irfan mengakui, ada perbedaan yang signifikan antara sistem SBMPTN tahun ini dan sebelumnya. Menurut dia, pada sistem SBMPTN sebelumnya, pusingnya cuma sekali. Siswa menentukan jurusan dan universitas, selanjutnya tinggal mengikuti ujian SBM PTN yang digelar serentak dan menunggu pengumuman. ”Tapi, kalau sekarang pusingnya jadi banyaaak,’’ katanya, lantas tertawa.

Irfan mengatakan, saat ini siswa mendaftar dan mengikuti ujian tulis berbasis komputer (UTBK) dua kali. Meski tidak wajib dua kali, ada kecenderungan siswa ikut dua kali. Berharap pada ujian kedua nilainya lebih baik. Alasannya, sudah mengetahui gambaran soal seperti saat ujian pertama.

Nah, ketika pendaftaran SBMPTN dibuka, siswa tidak kalah pusingnya dengan saat pelaksanaan UTBK. Saat ini anak-anak dibuat pusing karena harus membuat simulasi atau kalkulasi nilai. Sebab, informasi yang beredar, untuk tiap-tiap subtes UTBK berlaku pembobotan meski tidak signifikan.

Menurut Irfan, sistem yang baru memang memiliki sisi positif. Yakni, transparansi. Sebelum mendaftar SBM PTN, siswa mengetahui nilai ujian atau kemampuan mereka seperti apa. Yang mendapat nilai pas-pasan atau di tengah-tengah harus jeli memilih jurusan dan kampus mana.

BACA JUGA: Bagus – bagus Saja Adian Napitupulu dan Bahlil jadi Menteri, Tetapi...

Sistem penilaian dan materi ujian SBMPTN saat ini, kata dia, juga berbeda. Saat berlaku sistem minus alias jawaban salah mendapat nilai -1, peserta SBM PTN sangat berhati-hati dalam menjawab. Sebaliknya, ketika saat ini tidak berlaku sistem minus, kualitas hasil ujian menurun.

Irfan menuturkan, dengan dihapusnya sistem minus, tidak sedikit peserta yang menjawab asal. ”Karena faktanya (sekarang, Red) gak sedikit orang yang ngasal blok jawaban,’’ tutur pria yang pernah terlibat dalam tim koreksi SBM PTN 2017 itu.

Misalnya, ada peserta UTBK yang ngeblok jawaban B semua. Ternyata, dengan cara tersebut, yang bersangkutan mendapatkan nilai besar.

Menurut dia, jawaban ngasal yang kebetulan benar bisa jadi mendapatkan bobot nilai tinggi. Sebab, tidak banyak peserta UTBK lain yang menjawab benar pada soal tersebut. Sebagaimana diketahui, LTMPT selaku pelaksana UTBK membuat aturan semakin sedikit orang yang menjawab benar sebuah butir soal, soal itu memiliki bobot besar. Sebab, soal itu dianggap memang sulit.

BACA JUGA: Pendaftaran PPDB 2019 Jalur Zonasi: Tidak Punya KK, Jangan Risau

Meski begitu, Irfan mengapresiasi sistem baru saat ini. Sebab, pelaksanaan ujiannya berbasis komputer. Teknis pengerjaannya lebih mudah. Tidak perlu membulati lembar jawaban. Ujian berbasis komputer juga bisa menekan potensi human error yang memicu lembar jawaban pensil tidak terbaca saat dipindai.

Dia memiliki pengalaman bahwa banyak lembar jawaban tidak layak dikoreksi karena rusak atau sebab lainnya. Akibatnya, nilai ujian peserta SBMPTN yang bersangkutan tidak keluar. (wan/han/c10/fal)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Hal Penting yang Perlu Diketahui Pendaftar SBMPTN 2019


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler