Ilham Sudah Ditangkap Polisi, Susul Arief di Sel Tahanan

Kamis, 18 Februari 2021 – 20:25 WIB
Konferensi pers kasus penjambretan di daerah Tebet, Jakarta Selatan bertempat di Mapolres Metro Jakarta Selatan, Kamis (18/2). Foto: Dean Pahrevi/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA SELATAN - Polisi kembali menangkap pelaku penjambretan handphone yang beraksi di Jalan Swadaya II, Manggarai, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan pada Minggu (14/2) lalu.

Sebelumnya polisi telah mengamankan lebih dahulu pelaku bernama Arief Sugianto (26). Pada Rabu (17/2), polisi dapat menangkap rekan Arief yang sempat kabur, yakni Ilham (23).

BACA JUGA: AKP Andi Agusfian: RS Ditangkap di Kamar 07

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Azis Andriansyah mengatakan, kedua pelaku ini memang spesialis jambret handphone.

Mereka mengincar korban yang lengah sedang bermain handphone di pinggir jalan.

BACA JUGA: Pria yang Nekat Melompat ke Kali Ciliwung Ditemukan Tewas, Innalillahi

"Sasaran korbannya random, berkeliling tidak ada sasaran khusus. Ketika melihat Warga di pinggir jalan kemudian warga tersebut lengah dengan membawa properti handphone atau properti lainnya," kata Azis dalam keterangannya, Kamis (18/2).

"Ketika mengetahui korban tidak waspada, maka segera dia mengambil tindakan mencuri barang dari warga tersebut," sambung Azis.

BACA JUGA: Kompol Yuni Purwanti Pernah Punya Utang Rp340 Juta, Sebegini Hartanya

Kepada polisi, kedua pelaku mengaku sudah tiga kali melakukan penjambretan dengan modus yang sama.

Satu buah handphone hasil jambret dijual dengan harga Rp 700 ribu hingga Rp 1 juta kepada penadah.

"Dari hasil pemeriksaan terhadap pelaku digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Handphone dijual antara Rp 700 sampai satu juta tergantung mereknya," ujar Azis.

Atas perbuatannya, kedua pelaku dikenakan Pasal 363 KUHPidana tentang Pencurian dengan ancaman hukuman penjara lima tahun.

Diketahui, aksi penjambretan kedua pelaku itu terjadi pada Minggu (14/2) malam. Saat itu korban bernama Opih (57) sedang duduk dan bermain handphone di depan rumahnya, Jalan Swadaya II.

Tiba-tiba datang kedua pelaku menggunakan sepeda motor menghampiri korban. Pelaku langsung menjambret handphone korban dan bergegas kabur.

BACA JUGA: Apa Penyebab Kompol Yuni Purwanti Pesta Narkoba? Ini Analisis Bang Reza

Beruntung, ada seorang remaja putri bernama Syifa (17) yang mencegat kedua pelaku. Syifa juga menabrakan badannya ke motor pelaku hingga salah seorang pelaku terjatuh dan dapat diamankan warga.(cr1/jpnn)


Redaktur & Reporter : Dean Pahrevi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler