Teknik baru sedang dikembangkan di barat laut Australia dengan menggunakan kecerdasan buatan dan drone untuk membantu upaya konservasi hewan laut termasuk penyu dan dugong.

Mengetahui ukuran populasi di wilayah geografis tertentu sangat penting bagi para konservasionis untuk dapat memantau fluktuasi dan melacak kesehatan spesies secara keseluruhan.

BACA JUGA: Perusahaan Swiss Gugat Pemerintah Malaysia Terkait Penyitaan Jam LGBTQ

Tetapi bahkan untuk makhluk yang sering terlihat, jawabannya tidak selalu mudah.

Menghitung jumlah penyu, misalnya, adalah pekerjaan yang sangat melelahkan.

BACA JUGA: Jokowi Lantik Ketua Projo Gantikan Menkominfo Johny Plate yang Tersandung Korupsi

Biasanya diperlukan jalan mondar-mandir pantai, menghitung jejak penyu betina bersarang di tempat-tempat seperti Exmouth selama beberapa bulan.

Tapi seperti yang ditunjukkan oleh ilmuwan peneliti senior CSIRO, Mat Vanderklift, metode tersebut membuahkan sejumlah masalah.

BACA JUGA: Survei terbaru: Pria Usia Paruh Baya di Australia adalah Kelompok yang Paling Kesepian

"Kamu benar-benar hanya menemukan penyu betina dewasa," katanya.

"Jadi penyu betina yang berusia 30 tahun atau lebih.

"Jika ada yang tidak beres dengan populasi, Anda tidak bisa mengetahuinya selama mungkin 10, 20 tahun."

Jadi Dr Vanderklift dan timnya memutuskan untuk melakukan sesuatu yang berbeda dan mencoba mengambil gambar di dalam air sehingga mereka tidak hanya mendapatkan penyu betina.

"Penyu memiliki paru-paru, mereka menghirup udara, mereka perlu muncul ke permukaan... jika kita menerbangkan drone, kita pasti dapat melihat mereka dan itulah yang telah kami lakukan," kata Dr Vanderklift.

"Dan aspirasinya adalah kita tidak perlu melihat semua foto ini, kita bisa menggunakan teknologi AI untuk melakukannya."Melatih AI untuk menemukan dugong

Amanda Hodgson dari Edith Cowan University di Perth telah menyelidiki penggunaan drone untuk survei hewan sejak 2007.

Dia telah mengumpulkan data selama lebih dari 10 tahun untuk melatih program yang bisa menemukan hewan laut besar seperti dugong di Exmouth dan Shark Bay.

Survei dugong reguler membutuhkan tim yang terdiri dari sekitar lima orang yang membutuhkan pelatihan khusus sebagai pelapor di pesawat kecil.

Survei semacam itu mahal sehingga di negara bagian Australia Barat, Departemen Keanekaragaman Hayati dan Konservasi hanya melakukannya setiap lima tahun.

Dr Hodgson telah mengerjakan alat yang tidak membutuhkan banyak orang atau keahlian untuk mendapatkan hasil yang sama.

"Kami telah mengembangkan perangkat lunak yang memungkinkan kami meninjau gambar survei udara secara manual dan terus menemukan lebih banyak contoh hewan yang ingin kami temukan," katanya.

"Kemudian kami memberi lebih banyak contoh ke dalam model untuk terus melatihnya sehingga menjadi lebih baik dan lebih baik dalam menemukan hewan.

"Kami mulai mengerjakan model AI ini lebih dari satu dekade yang lalu… kami masih memiliki banyak data yang masuk. Jadi, kami harus meningkatkan AI dengan cukup cepat selama beberapa tahun ke depan. Nantikan saja perkembangannya."

Memiliki AI yang secara otomatis mendeteksi dari citra udara dapat membantu upaya survei konservasi di negara-negara dengan sumber daya yang lebih sedikit.

Dr Hodgson mengatakan alat ini baru bisa diluncurkan ke belahan dunia yang lain tanpa pendampingan ahli ketika AI bekerja hingga titik di mana ia tidak membutuhkan manusia lagi untuk memverifikasi dan mendeteksi dugong.

"Kemampuan untuk melakukan survei semacam ini di seluruh jangkauan mereka akan benar-benar meningkatkan pemahaman kita tentang status konservasi dugong," katanya.

Citra drone juga dapat segera digunakan untuk menilai kondisi tubuh dugong.

Ilmuwan Universitas James Cook, Chris Cleguer, baru-baru ini berada di barat daya Australia Barat untuk survei dugong dan mengatakan para peneliti sedang mencari cara menggunakan drone kecil untuk mendapatkan pengukuran yang tepat untuk penilaian.

"Ini pernah dilakukan pada spesies lain, megafauna laut jenis lain, mamalia laut, pinniped, paus, dan lumba-lumba tetapi belum pernah dicoba pada dugong," katanya.

"Harapannya adalah bisa menciptakan metode yang memungkinkan kita melakukan penilaian kesehatan populasi dugong secara regional.

"Hal ini bisa sangat berguna, misalnya dalam hal perubahan iklim, dan dampaknya terhadap dugong di habitatnya."

Artikel ini diproduksi oleh Hellena Souisa dari laporan ABC News.

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mobil Tanpa Pengemudi paling canggih Australia ZOE.2 Menjajal Jalanan Pedalaman Queensland

Berita Terkait