IMI ROI dan BNPB Jalin Kerja Sama, Bamsoet: Kami Tidak Sulit Lagi Menyalurkan Bantuan

Sabtu, 25 Maret 2023 – 00:15 WIB
Ketua MPR RI yang juga Ketum IMI Bambang Soesatyo alias Bamsoet didampingi sejumlah pengurus IMI dan Ketua Umum PWI Pusat Atal Depari melakukan pertemuan dengan Kepala BNPB Letjen Suharyanto, Jumat (25/3). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo alias Bamsoet bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen Suharyanto sepakat untuk menjalin kerja sama.

IMI melalui Rescue Otomotif Indonesia (ROI) akan menjadi mitra strategis bagi BNPB.

BACA JUGA: Isi SPT Tahunan Lewat e-Filling, Ketua MPR Bamsoet Ajak Masyarakat Lapor Tepat Waktu

Ruang lingkup kerja sama antara lain dalam pelatihan dan ketrampilan penanggulangan bencana, penyaluran bantuan sosial, hingga edukasi kepada masyarakat seputar hal kebencanaan.

ROI merupakan gerakan sosial dan kemanusiaan.

BACA JUGA: Bamsoet Dukung Pembangunan Kampus Universitas Terbuka di IKN

Selain dari IMI juga terdiri dari Motor Besar Indonesia (MBI), Gerakan Keadilan Bangun Solidaritas (GERAK BS), Indonesia OffRoad Federation (IOF), serta Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Kerja sama IMI dengan BNPB tidak hanya dilakukan di tingkat pusat.

Di tingkat daerah, IMI Provinsi melalui ROI Provinsi juga bisa bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

"Sebagai bentuk konkret dari kerja sama tersebut, BNPB mendukung keberadaan ROI yang akan diresmikan pada Kamis 30 Maret 2023 di Sirkuit Internasional Sentul, Kabupaten Bogor," kata Bamsoet seusai bertemu Kepala BNPB Letjen Suharyanto di Graha BNPB, Jakarta, Jumat (24/3).

Pria yang sekarang menjabat Ketua MPR RI itu menyampaikan bersamaan dengan peresmian tersebut, ROI dan BNPB akan menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan (Diklat) Penanggulangan Bencana Angkatan I ROI.

Kegiatan tersebut akan diikuti 100 orang dari perwakilan IMI dari 6 provinsi di Indonesia.

Bamsoet menyampaikan IMI akan segera menginventarisir berbagai armada yang dimiliki pengurus di tingkat pusat hingga daerah yang bisa dimanfaatkan BNPB dan BPBD dalam mempermudah penyaluran bencana maupun dalam evakuasi korban bencana.

Di tingkat pusat, setidaknya IMI dan GERAK BS telah memiliki 2 unit Unimog, 1 unit minimog, 1 unit Land Cruiser, dan 2 unit ambulans yang bisa dimanfaatkan oleh ROI dan BNPB dalam menlaksanakan penanggulangan bencana dan kegiatan sosial kemanusiaan.

Begitu pun dengan Indonesia OffRoad Federation (IOF) yang juga memiliki banyak kendaraan taktis dan bisa dimanfaatkan untuk kegiatan rescue.

"Adanya kerja sama IMI dengan BNPB melalui ROI, kami juga tidak perlu khawatir dalam menyalurkan bantuan sosial," ujarnya.

Selama ini, kata Bamsoet, para pecinta otomotif yang berasal dari kalangan menengah dan atas sangat aktif memberikan bantuan sosial.

"Terkadang kita justru kesulitan menyalurkannya. Sekarang dengan adanya kerja sama bersama BNPB yang memiliki jaringan distribusi hingga ke pulau terluar dan terpencil, berbagai bantuan sosial dari para pecinta otomotif tersebut bisa disalurkan secara tepat guna dan tepat sasaran," pungkas Bamsoet.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, jajaran BNPB meliputi Radit (deputi I), Prasinta (deputi II), Mayjen Fajar (deputi III), Jarwansyah (deputi IV), Zaherman (deputi V), Lukmansyah (kakordal), dan Rustian (dir DSDD).

Hadir pula Ketua Umum PWI Pusat Atal Depari, Ketua IMI DKI Jakarta Anondo Eko, Sekretaris Umum IMI DKI Jakarta Dodi Irawan, serta Ketua Umum Rescue Otomotif Indonesia sekaligus Ketua Umum Motor Besar Indonesia Rio Castello. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler