Indikator: Kepercayaan Publik terhadap Menteri Hadi di Atas 60 Persen

Jumat, 07 Oktober 2022 – 22:07 WIB
Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto. ANTARA/HO/Kementerian ATR

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanudin Muhtadi menyebutkan ada kenaikan signifikan dalam awareness dan kepuasan publik terhadap program Kementerian ATR-BPN di bawah kepemimpinan Menteri Hadi Tjahjanto.

Rakyat juga punya kepercayaan yang tinggi bahwa Hadi mampu menyelesaikan persoalan pertanahan di masa jabatannya.

BACA JUGA: Menteri Hadi Pastikan 9 RDTR IKN Nusantara Rampung Tahun Ini

"Kepercayaan publik di atas angka 60 persen kepada Pak Hadi," ujar Burhan dalam acara bertajuk Sikap Publik terhadap Program Reformasi Pertanahan dan Perpajakan, Kamis (6/10).

Acara tersebut merupakan penyampaian rilis survei nasional yang dilakukan oleh Indikator Politik Indonesia.

BACA JUGA: Baru Jabat Menteri, Hadi Tjahjanto Langsung Dapat Tugas Berat Ini

Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto sendiri hadir dalam acara tersebut melalui kanal Zoom dari kantornya.

Hadi mengaku bersyukur ada peningkatan awareness dari masyarakat terhadap progran Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)

BACA JUGA: Dua Menteri Hadiri Dua Pengajian di Jakarta

“Pada bulan Juni saat saya baru menjabat ada 70,3 % yang tidak tahu mengenai PTSL, lalu terjadi penurunan di bulan September. Ini berbanding lurus dengan kenaikan jumlah orang yang tau tentang program PTSL, di bulan Agustus baru 29,7%. orang yang tahu tentang PTSL, naik menjadi 36,9% di bulan September,” ujar Hadi.

Meski demikian lanjut Hadi, kenaikan kesadaran terhadap PTSL tersebut belum senada dengan masyarakat yang mengikuti Program PTSL.

“Terkait data masyarakat yang mengikuti program PTSL, meskipun angkanya masih 17,3% namun tingkat kepuasan masyarakat peserta PTSL terlihat sangat puas mencapai angka 86,4%.” Ucap Hadi

Selanjutnya perihal Pelatan dan Hotline sebagai sarana yang disediakan untuk menampung kritik saran dan masukan dari masyarakat. Hadi menjelaskan kedua program tersebut merupakan program baru sehingga dia tak menampik bahwa angkanya kecil. Meski demikian, manfaat program tersebut cukup tinggi

Hadi menutup tanggapan atas rilis survei tersebut dengan berjanji akan secara bersungguh-sungguh dalam melaksanakan Reforma Pertanahan untuk keadialan rakyat.

Terkait kepercayaan publik tersebut Hadi menyampaikan apresiasi setinggi-tinggi kepada masyarakat.

"Sekaligus beban amanah bagi saya untuk bekerja lebih keras agar mandat Presiden Jokowi dan masyarakat Indonesia di bidang pertanahan bisa terwujud,” ujar Hadi menutup pernyataannya. (dil/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Adil Syarif

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler