Indomobil Rights Issue, Target Dana Rp 2,7 T

Sabtu, 18 Juni 2011 – 21:31 WIB
JAKARTA - Penerbitan saham baru (rights issue) melalui hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) PT Indomobil Sukses Internasional Tbk (IMAS) ditetapkan di harga Rp 8 ribuTotal dana segar yang akan diraih mencapai Rp 2,765 triliun untuk ekspansi termasuk menambah jaringan penjualan mobil Nissan.

Wakil Direktur Utama and Chief Operating Officer IMAS, Jusak Kertowijoyo, dalam keterbukaan ke Bursa Efek Indonesia (BEI), mengatakan penetapan harga tersebut merupakan hasil penawaran perdana saham (book builiding) untuk placement rights atas saham

BACA JUGA: 2012, PLN Operasikan Dua PLTU Baru di Babel

Saham baru yang akan diterbitkan sebanyak 345,659 juta lembar.

Sebelumnya, harga saham baru IMAS ditawarkan di kisaran Rp 7.500 sampai Rp 9.500 per lembar
Maka penetapan harga Rp 8 ribu sesuai ekspektasi perseroan karena berada di tengah batas atas dan bawah yang diinginkan.

Jusak mengatakan, proses bookbuilding sudah dilakukan melalui roadshow ke beberapa kota antara lain; Singapura, Hong Kong, Kuala Lumpur, London, dan beberapa kota di Eropa, termasuk di kota besar di Indonesia

BACA JUGA: BNI Dianugerahi The Rising Star Banking

"Placement rights atas saham telah terlaksana over-subscribed," akunya.

PT Cipta Sarana Duta Perkasa dan PT Tritunggal Intipermat sebagai pemegang saham mayoritas perseroan berkomitmen untuk tidak menyerap haknya sebanyak 322,865 juta saham dalam rights issue ini.

Setelah rights issue, perseroan akan menggunakan sekitar 60 persen dana untuk membayar sebagian utang
Selebihnya untuk ekspansi bisnis dan modal kerja

BACA JUGA: Mayora Bagi Dividen Rp 99 Miliar

"Termasuk pengembangan pembiayaan otomotif, perluasan jaringan cabang ritel Nissan, heavy duty trucks dan equipment business dan spareparts," terangnya.

Khusus untuk Nissan, belakangan ini memang sedang menunjukkan geliat penjualan di pasar otomotif dalam negeriDua produk andalan yang sedang digenjot penjualannya adalah Nissan March dan Nissan Juke.

IMAS menunjuk PT CIMB Securities Indonesia dalam aksi korporasinya iniCIMB kemudian menggandeng Deutsche Bank AG cabang Singapura dan PT DBS Vickers Securities Indonesia sebagai Join Bookerunners dan join placement agents bersama PT Kresna Graha Sekurindo Tbk(gen)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Lenovo Bidik UKM


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler