Indonesia Awards Beri Penghargaan Tokoh yang Aktif Menanggulangi COVID-19

Selasa, 06 Oktober 2020 – 22:48 WIB
Tiga juri Indonesia Awards 2020, masing-masing Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (kiri) Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Menko PMK Muhadjir Effendy. Foto: Ist for jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia Awards 2020 secara khusus akan memberikan penghargaan kepada tokoh yang berkontribusi besar di bidang kesehatan.

Terutama yang dinilai memiliki peran positif dalam penanggulangan pandemi Virus Corona (COVID-19) di Tanah Air.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: PPPK Harus Menunggu Lagi, Azis dan Benny Cekcok di DPR, Jenderal Idham Azis Menerbitkan Surat Perintah

Indonesia Awards tahun ini mengusung tema 'Kebanggaan Indonesia'. Acara akan dilangsungkan di MNC Concert Hall, Jakarta, Rabu (7/10).

Penjurian untuk memilih kandidat penerima penghargaan telah dilakukan sejak Jumat (2/10) lalu.

BACA JUGA: Simak! Ini Penjelasan Dokter tentang Gejala-gejala Anak Terjangkiti Covid-19

Juri terdiri dari Executive Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo bersama 2 juri kehormatan masing-masing Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.  

"Jadi, ada 3 kategori. Tokoh publik, tokoh profesional dan penghargaan khusus di bidang kesehatan. Karena sekarang sedang pandemi Covid-19. Siapa yang telah memberikan kontribusi yang positif, dedikasi, kontribusinya kepada masyarakat, khususnya dalam penanganan Covid-19," ujar Hary Tanoe dalam keterangannya, Selasa (6/10).

BACA JUGA: Baca! Ini Fakta tentang Gejala Anosmia yang Dirasakan Pasien Covid-19

Hary Tanoe berharap ajang tahunan yang digelar sejak 2017 ini, bisa menginspirasi masyarakat luas untuk melakukan hal serupa atau bahkan lebih baik.

"Tokoh-tokoh dipilih dengan kriteria tertentu, yang memiliki prestasi, yang bisa menjadi inspirasi bagi kita semua, anak bangsa. Di samping itu juga penghargaan tersendiri bagi yang bersangkutan, karena kontribusinya kepada masyarakat," katanya.

Sementara itu, saat melakukan seleksi penilaian di iNews Tower, Kebon Sirih, Jakarta, Jumat, (2/10) lalu, Airlangga menyatakan, para tokoh yang terpilih sudah melalui seleksi ketat dengan kriteria yang tepat.

Antara lain, dikenal luas, konsisten dalam menjalankan tugas dan dampaknya dirasakan oleh masyarakat secara konkret.

Kemudian, harus mempunyai kompetensi serta track record yang benar-benar dirasakan langsung oleh seluruh masyarakat.

"Tokoh-tokoh tersebut menjadi panutan bagi masyarakat maupun bagi pejabat publik," ucapnya.

Pandangan senada juga dikemukakan Menko PMK Muhadjir Effendy.

Dia bahkan mengaku mengenal dekat tokoh-tokoh yang menjadi kandidat penerima penghargaan Indonesia Awards 2020.

"Kriterianya sudah mendekati ideal, karena dalam menangani Covid-19 ini kita kenal, yaitu pendekatan pentahelix. Itu adalah 5 pihak yang harus bersama-sama, saling bantu, saling dukung untuk menyelesaikan masalah Covid-19 ini. Pemerintah kalau sendiri tidak mungkin bisa menyelesaikannya," kata Muhadjir.

Lima pihak yang dimaksud adalah pemerintah, perguruan tinggi, dunia usaha, organisasi sosial kemasyarakatan dan para relawan.

"Saya ucapkan apresiasi yang luar biasa kepada iNews yang telah menyelenggarakan Indonesia Awards 2020. Tema yang diambil sangat tepat, terkait dengan apa yang sedang dihadapi dunia yaitu pandemi Covid-19," tambah Muhadjir.

Indonesia Awards merupakan penghargaan yang diberikan iNews kepada lembaga pemerintah dan non- pemerintahan, serta perorangan atas dedikasi, prestasi dan konsistensi dalam pembangunan negeri.

Ada tiga kategori penghargaan yang diberikan, yaitu tokoh publik, tokoh profesional dan penghargaan khusus di bidang kesehatan.

Apresiasi juga akan diberikan untuk delapan kategori yang meliputi bidang pendidikan, kesehatan, infrastuktur, ekonomi kreatif, layanan publik, tata kelola pemerintahan, keterbukaan informasi publik dan tata kelola kota.(gir/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler