Indonesia Ikut Pameran FIFA

Rabu, 16 Juni 2010 – 08:26 WIB
PROMO - Pameran produk Indonesia di Centurion Cricket Stadium. Dalam pameran yang digelar FIFA ini, di samping nonton bola, pengunjung juga dapat melihat barang produksi beberapa negara yang ada di stan pameran. Foto: Yuyung Abdi/Jawa Pos.
JOHANNESBURG - Selama berlangsungnya perhelatan piala dunia (PD) di Afrika Selatan (Afsel), FIFA bekerjasama dengan sponsor-sponsor resmi, menggelar FIFA Fan Festival, yang salah satu acaranya adalah memasang layar lebar untuk nonton barengDi Centurion, Johannesburg, acara seperti itu juga dimeriahkan dengan pameran produk-produk unggulan dari negara-negara lain

BACA JUGA: Bantuan Vuvuzela, Penentuan Nasib Afsel

Indonesia termasuk ikut dalam acara tersebut.

Stan Indonesia diapit Palestina dan Kenya
Umumnya yang ikut dalam pameran itu adalah negara-negara bukan kontestan piala dunia

BACA JUGA: Pilih Mendukung Semua Tim

"Negara kami tidak ikut piala dunia
Tapi kami ikut pameran ini," kata Najeeb, seorang penjaga stan Palestina.

Negara yang sedang berkonflik dengan Israel itu menampilkan foto-foto perjuangan rakyat Palestina, sekaligus memperkenalkan makanan semacam kebab yang didominasi daging kambing

BACA JUGA: Penumpang Bus Beralih ke Kereta

Di stan tersebut, juga dipraktekkan cara membuat kue seperti kebab ituBeberapa kerajinan semacam kain tenun dan anyaman bertuliskan Palestina, juga dipamerkan di sana.

Sedangkan Indonesia, lebih menampilkan foto aneka produk furniture"Furniture asal Indonesia semakin disukai di siniHanya saja, banyak pengusaha furniture dari Indonesia yang (masih) tidak tahu," kata Ali Hasan, Deputy Director di Indonesian Trade Promotion Centre (ITPC).

Selain foto-foto produk furniture, di stan Indonesia itu juga dipajang beberapa produk buatan IndonesiaAda bola untuk sepak bola buatan sebuah pabrik di SurabayaAda juga aki buatan Krian, Sidoarjo, Jawa Timur"Bola dan aki ini, sudah mulai dipasarkan di sini," kata Ali yang sudah empat tahun bertugas di ITPC Johannesburg ini.

Berbagai objek wisata menarik di Indonesia juga dipajang di stan itu melalui brosur-brosur yang disediakanMulai dari Bali, Tangkuban Perahu, Candi Borobudur, Danau Toba, serta beberapa tempat wisata lain"Sudah tiga hari pameran, yang datang ke stan kami mencapai puluhan orangYang dari Indonesia baru Anda yang datang," kata Ali pula(kum)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Dari Meksiko Bawa Tiruan Piala


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler