Indonesia Juara di LA Travel and Adventure Show 2017

Kamis, 23 Februari 2017 – 09:04 WIB
Wonderful Indonesia. Foto: Kemenpar

jpnn.com - jpnn.com - Warga Indonesia patut berbangga diri. Pasalnya, Wonderful Indonesia kembali menorehkan prestasi emas di Los Angeles Travel and Adventure Show 2017.

Dua award bergengsi berhasil diboyong dari Negeri Paman Sam itu.

BACA JUGA: Top, Wonderful Indonesia Raih Dua Gelar Bergengsi di AS

Gelar Best of Show Cultural Display dan Best Dance World Heritage Cultural Center dipastikan menjadi milik Wonderful Indonesia.

Ini setelah mengalahkan performer Timur Tengah, Mesir, China, Tahiti, Panama dan Spanyol.

BACA JUGA: Promosikan Wonderful Indonesia di OTM Mumbai

“Award ini memiliki 3 makna. Pertama menaikkan kepercayaan diri sebagai bangsa. Kedua mengangkat credibility di mata bangsa lain. Satunya lagi sebagai calibration untuk memotret seberapa hebat Wonderful Indonesia di global level. Sudah sampai di mana jika dilihat dari kacamata dunia? Ternyata kita terus bisa bersaing,” ucap Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Menurut Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kemenpar, I Gde Pitana prestasi itu cukup membanggakan.

BACA JUGA: Morotai Pede jadi Destinasi Kelas Dunia

Award ini makin bermakna lantaran Wonderful Indonesia mampu berkreasi menjadi selera dunia.

Apa lagi terbukti menyisihkan negara-negara lain yang punya reputasi tinggi di pariwisata seperti Mesir, China, Tahiti, Panama dan Spanyol.

“Dua penghargaan dari Los Angeles Travel and Adventure Show 2017 itu adalah bukti bahwa jika serius, tidak ada yang tidak bisa dilakukan. Mengejar award, dengan segala kriteria itu, secara otomatis akan mendekatkan diri pada standar dunia,” kata Pitana.

Ucapan Pitana tadi memang sangat masuk akal mengingat ada 14 pilar yang dipakai sebagai alat ukur competitiveness index oleh World Economic Forum (WEF).

“Jadi, sekali merengkuh dayung dua tiga pulau terlampaui. Membangun destinasi dengan standar dunia, membuat objek wisata semakin bagus, bisa dikompetisikan di tingkat dunia dan berpotensi menang,” sambung pria asal Bali itu.

Soal potensi, Wonderful Indonesia memang punya banyak kartu sakti yang bisa dikeluarkan kapan saja.

Wisata halalnya? Terbaik di dunia. Dari 16 kategori yang dilombakan di World Halal Tourism Award 2016, Wonderful Indonesia sukses menyambar 12 gelar juara dunia.

Wisata baharinya? Langganan juara dunia. Di 2017 ini, Indonesia dinobatkan sebagai Best Dive Destination 2017 oleh majalah Dive Magazine.

Raja Ampat juga pernah dinobatkan sebagai Best Snorkling Site 2015 bersi CNN.

Runner up-nya, dipegang Labuan Bajo. Belum lagi potensi 10 destinasi unggulan yang akan menjadi 10 "Bali baru".

Dari Toba, Tanjung Kelayang Belitung, Tanjung Lesung Banten, Pulau Seribu Jakarta, Borobudur Jawa Tengah, Bromo Jawa Timur, Mandalika Lombok, Labuan Bajo NTT, Wakatobi Sultra dan Morotai Maltara.

Semuanya punya panorama yang world class.

”Kalau brand equity-nya sudah kuat, maka Indonesia akan makin masuk consideration set para turis yang mau milih destinasi. Terutama bagi yang belum punya awareness tinggi terhadap Indonesia. Di sinilah pentingnya memperkuat dan mempertajam branding Wonderful Indonesia di semua lini, termasuk memenangi persaingan di awarding,” paparnya.

Lantas apa yang ditampilkan di Los Angeles Travel and Adventure Show 18-19 Februari 2017? Mengapa juga Wonderful Indonesia bisa dinobatkan meraih dua penghargaan sekaligus?

“Yang kami tampilkan semuanya adalah yang terbaik. Semua disiapkan dengan sangat matang,” jelas Kabid Promosi Pasar Amerika dan Afrika, Hari Budiarti.

Sebanyak sembilan industri yang terdiri dari lim Travel Agent dari Indonesia, tiga Travel Agent lokal dari USA dan satu dari Singapore Airlines, tak henti-hentinya menggoda pengunjung dengan paket-paket menarik.

Aktivitas pavilion Wonderful Indonesia? Diatur sangat keren. Dimulai Indonesia Hospitality Corner yang menyediakan beef rendang, beef rendang quesadillas, es kopi padang, mixology ginger based traditional drink with lemongrass & lime.

Semua menu itu tak pernah henti disajikan ke pengunjung. Semua tak sabar memburu racikan keren dari chef dan Mixologist Marco Padang Restaurant.

Di Indonesia Mini Stage? Wonderful Indonesia juga tampil sangat oke. Tarian tradisional seperti Bajidor Kahot, Topeng Jigrik Ndat, Tari Piring dan Banyuwangi Carnival, selalu menghibur pengunjung yang datang.

Begitu juga dengan Taste of Travel. Ada demo membuat rendang hitam, beef rendang quesadillas dan mixology ginger based traditional drink dengan daun sereh dan lemon segar yang sulit ditolak pengunjung
.
Belum lagi pesona Destination Theatre Soft Adventure of WonderfulIndonesia: People, Culture & Nature yang dipresentasikan Paul Edmundus ( DPD Asita Bali) dan Herry Rudyanto (DPD Asita Yogya).

Semuanya ditata sangat keren. “Indonesia Hospitality Corner dan Indonesia Mini Stage menjadi magnet bagi para pengunjung LATAS 2017. Sajian kuliner khas Indonesia mampu menarik animo pengunjung ke booth Indonesia, mereka rela antre untuk mencicipinya. Respons dari pengunjung yang telah mencicipi makanan dan minuman khas Indonesia juga menuai banyak pujian,” sambung Hadi.

Semua magnet tadi makin terasa lengkap lantaran ada juga game interaktif dan kuis yang digelar.

Pengunjung yang bisa menjawab pertanyaan seputar destinasi Indonesia langsung mendapat hadiah goody bag dan souvenir berupa kain songket.(flo/jpnn)

 

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Bakal Perkenalkan Indonesia di Kota Toulouse


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler