Indonesia Tuan Rumah GPDRR 2022, Bali Menggeliat

Rabu, 02 Februari 2022 – 20:40 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy saat menerima perwakilan khusus Sekretaris Jenderal PBB untuk Pengurangan Risiko Bencana, Ms. Mami Mizutori di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Rabu (2/2). Foto Humas Kemenko PMK

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) ke-7.

GPDRR 2022 rencananya akan diselenggarakan di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) dan Bali International Convention Center (BICC).

BACA JUGA: Menko PMK Dorong Percepatan Produksi Vaksin Merah Putih

Diharapkan, akan hadir sekitar 4.000 hingga 5.000 peserta dari 193 negara dengan keterlibatan partisipasi multipihak, secara in-person (luring) dengan modalitas partisipasi online bagi yang tidak bisa hadir.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy selaku Ketua Panitia Nasional GPDRR 2022, menerima perwakilan khusus Sekretaris Jenderal PBB untuk Pengurangan Risiko Bencana, Ms. Mami Mizutori di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Rabu (2/2). 

BACA JUGA: Indonesia jadi Tuan Rumah Forum GPDRR 2022, Ratusan Negara Bakal Hadir

Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau persiapan penyelenggaraan GPDRR 2022.

“Indonesia siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan GPDRR Tahun 2022,” tegas Menko PMK.

BACA JUGA: Sukseskan GPDRR, Kapolri Siapkan Skenario Pengamanan Hingga Genjot Vaksin Booster di Bali

Dia mengutarakan GPDRR 2022 merupakan momentum untuk mendorong negara-negara di seluruh dunia dapat terhubung, berkolaborasi, dan berbagi ide serta pengetahuan berkaitan dengan pengurangan risiko bencana.

Pemerintah Indonesia pun berkomitmen untuk menyelenggarakan pertemuan internasional yang aman dan menyenangkan (safe and pleasant) di tengah kondisi pandemi Covid-19 dengan aturan protokol kesehatan.

“Pekan lalu, saya secara pribadi telah meninjau persiapan lokasi penyelenggaraan di Bali," ujarnya.

Muhadjir memantau bandara untuk memastikan persiapan dan keamanan kedatangan para delegasi. Kemudian meninjau kawasan Nusa Dua sebagai venue utama, serta beberapa titik lokasi untuk field trip.

Lebih lanjut, beberapa upaya lain juga terus dipersiapkan, termasuk pengamanan dan antisipasi ancaman, peningkatan sarana prasarana pendukung, rencana kontinjensi, kolaborasi substansi pengurangan risiko bencana, kerja sama pemerintah Indonesia dan PBB dalam Covid-19 joint task force untuk GPDRR 2022, serta aspek-aspek lainnya.

Muhadjir menjelaskan, penyelenggaraan GPDRR 2022 sebagai wujud kolaborasi lintas kementerian/lembaga dalam mendorong pemulihan ekonomi lokal dan nasional pascapandemi Covid-19.

Penyelenggaraan tersebut juga bisa menjadi role model penyelenggaraan event internasional di era new normal serta merefleksikan kepercayaan komunitas internasional atas kepemimpinan Indonesia di dalam isu kebencanaan yang juga menegaskan posisi Indonesia sebagai negara center of knowledge.

Dalam mendukung pemulihan ekonomi dampak pandemi Covid-19, pemerintah akan menyiapkan konsep penyelenggaraan yang berdampak terhadap peningkatan produk domestik regional bruto (PDRB), melibatkan peran UMKM, serta optimalisasi beberapa jawasan pariwisata sebagai lokasi field trip GPDRR 2022. (esy/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur : Djainab Natalia Saroh
Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler