Info Terbaru Jadwal Pendaftaran PPPK 2024, Honorer Siap-siap ya

Rabu, 04 September 2024 – 06:56 WIB
Jutaan honorer menunggu jadwal pendaftaran PPPK 2024 yang dikabarkan dibuka September - Oktober. Ilustrasi ASN: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - MATARAM – Panitia Seleksi Nasional Calon Aparatur Sipil Negara (Panselnas CASN) belum mengumumkan jadwal pendaftaran PPPK 2024.

Plt. Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian PANRB Aba Subagja saat Rapat Kerja dengan Komisi II DPR RI, Senayan, Jakarta, pada Rabu (28/8), mengabarkan, pengadaan PPPK 2024 akan dimulai September – Oktober.

BACA JUGA: Alhamdulillah, Upaya Memperjuangkan Nasib Honorer jadi PPPK Dikabulkan Allah

Yang pasti, SK penetapan formasi PPPK 2024 sudah diserahkan kepada masing-masing instansi.

Tahapan selanjutnya ialah pengumuman pembukaan seleksi, bersamaan dengan dibukanya pendaftaran PPPK 2024.

BACA JUGA: Audit Kendor, Peluang Honorer Bodong jadi PPPK 2024 Tetap Menganga

Kabar terbaru disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Sumbawa Budi Prasetiyo, yang mengatakan jadwal resmi untuk pelaksanaan seleksi PPPK akan segera dirilis oleh Kementerian PANRB.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, juga sudah menerima Surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) mengenai Penetapan Kebutuhan Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2024 sebanyak 986 formasi.

BACA JUGA: Formasi PPPK 2024 Sudah Diumumkan, soal Paruh Waktu Belum Tahu

Budi Prasetiyo mengatakan keputusan tersebut dituangkan dalam Surat Keputusan Menteri PANRB Nomor 329 Tahun 2024.

"Kami sudah menerima surat keputusan mengenai penetapan kebutuhan PPPK. Kami sangat antusias karena ini merupakan langkah penting dalam pengembangan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Sumbawa," ujarnya melalui keterangan tertulis di Mataram, Selasa (3/9).

Prasetyo menyebutkan, 986 formasi PPPK 2024 Pemkab Sumbawa terdiri dari 646 formasi untuk guru yang akan ditempatkan di Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Selain itu, sebanyak 150 formasi untuk tenaga kesehatan yang akan ditempatkan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan 26 UPT puskesmas, 190 formasi untuk tenaga teknis dengan kualifikasi pendidikan mulai dari Diploma hingga S1 yang akan disebar di berbagai unit kerja Pemkab Sumbawa.

Formasi untuk tenaga teknis akan ditempatkan di unit-unit yang memerlukan keahlian khusus.

Adapun tenaga kesehatan akan fokus pada pelayanan di fasilitas kesehatan.

Untuk guru, penempatan akan dilakukan berdasarkan kebutuhan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta analisis mendalam mengenai kebutuhan sekolah dan data Dapodik.

Karena jadwal resmi untuk pelaksanaan seleksi PPPK akan segera dirilis oleh Kementerian PANRB, Prasetyo mengimbau para calon pelamar, khususnya para tenaga honorer, untuk mempersiapkan dokumen lamaran.

"Kami mengimbau kepada seluruh calon pelamar untuk segera mempersiapkan data dan dokumen yang diperlukan.”

“Persiapan yang matang akan sangat membantu dalam proses seleksi nantinya," ujarnya.

Calon pelamar PPPK 2024 diharapkan dapat memulai persiapan lebih awal untuk memastikan bahwa mereka siap ketika jadwal seleksi diumumkan.

Pengumuman terkait jadwal seleksi PPPK 2024 dan penjelasan detail lebih lanjut akan segera disampaikan setelah mendapat arahan dari Kementerian PANRB. (antara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Soetomo Samsu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler