Informasi seputar Beasiswa Fatih Scholarship Selection

Selasa, 04 Februari 2020 – 16:33 WIB
Fatih Scholarship Selection (FAST) sudah menjadi program tahunan bagi Fatih Bilingual School dan Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School. Foto: Istimewa for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Beasiswa Pendidikan Fatih Scholarship Selection (FAST) sudah menjadi program tahunan bagi Fatih Bilingual School dan Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School.

Kepala Sekolah SMP-SMA Fatih Bilingual School Nur Wijayanto mengatakan, program ini untuk memberikan beasiswa kepada siswa-siswi berprestasi di Indonesia.

BACA JUGA: Fatih Bilingual School Gelar Program FVTP, Libatkan Mahasiswa Australia

"Sejak pertama kali sekolah ini didirikan pada 2005 di Banda Aceh, beasiswa sudah diberikan," ujar Nur Wijayanto dalam keterangannya, Selasa (4/2).

Nur Wijayanto menjelaskan, FAST merupakan beasiswa yang diberikan kepada siswa-siswi yang ada di Indonesia untuk mengecap pendidikan bertaraf internasional selama 3 tahun di sekolah Fatih Bilingual School dan Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School.

BACA JUGA: Fatih Bilingual School Gelar Acara untuk Mengembangkan Kinerja Mengajar

Tujuan program beasiswa ini adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia serta sebagai bentuk kontribusi kepada masyarakat khususnya di Provinsi Aceh dalam dunia pendidikan.

"Beasiswa ini terbuka untuk seluruh pelajar yang berkewarganegaraan Indonesia. Beasiswa ini diberikan kepada siswa-siswi SD kelas 6 sebagai calon penerima beasiswa SMP dan siswa-siswi SMP kelas 9 sebagai calon penerima beasiswa SMA," terangnya.

BACA JUGA: Jane Shalimar: Kalian Enggak Tahu kan Kalau Nikita Dulu Menghubungi Saya

Ketua Panitia FAST 2020 Gulbuddin Hikmatyar menambahkan, ada 6 kategori beasiswa pada program FAST.

Yaitu akademik, tahfidz, leadership (kepemimpinan), seni, olahraga, dan bakat khusus. Siswa yang menerima beasiswa jalur akademik diarahkan untuk dibina dalam tim olimpiade atau tim penelitian sekolah.

"Untuk kategori tahfidz dicari siswa yang mampu menghafal sebanyak mungkin bagian dari Alquran sampai 30 juz," ucapnya.

Beasiswa leadership khusus diberikan kepada calon siswa SMA yang berminat melanjutkan pendidikan tingginya di bidang pendidikan dan bersedia membina adik-adik kelasnya di asrama sekolah.

Beasiswa seni diberikan dalam berbagai kategori seni yang sangat luas, meliputi kemampuan olah vokal, bermain instrumen musik, melukis, seni kriya, dan lainnya. Juga bidang-bidang olahraga yang dilombakan dalam O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional).

"Untuk bakat khusus merupakan kategori yang tidak dibatasi. Para siswa yang merasa memiliki bakat khusus selain pada bidang-bidang yang disebutkan di atas juga disarankan untuk mendaftar," kata Gulbuddin.

Dia menyebutkan, program ini akan digelar dalam dua tahap yakni babak penyisihan akan diselenggarakan secara online dan offline di mana akan terpilihnya siswa siswi terbaik untuk mengikuti babak final.

Babak final akan diselenggarakan di kampus Fatih Bilingual School untuk putra dan kampus Teuku Nyak Arif FBS untuk putri dengan sebutan FAST Camp selama 3 hari.

Setelah dilakukan observasi dan evaluasi mulai dari babak penyisihan hingga final, maka siswa-siswi yang memenuhi kriteria akan mendapatkan tawaran beasiswa.

“Tahun ini, pendaftaran untuk beasiswa ini telah dibuka sejak 1 Desember hingga 7 Februari mendatang (khusus bagi yang mengikuti penyisihan online). Pendaftaran dilakukan secara online dengan mengisi formulir pada laman bit.ly/FBSFAST2020," ungkap Gulbuddin.

Sementara M. Arief Kurniawan, marketing manager Fatih Bilingual School mengatakan, babak penyisihan akan dilakukan pada 8 Februari 2020 secara online dan dapat dilakukan secara offline di sekolah mitra FAST yang tersebar di beberapa kabupaten di Provinsi Aceh. Sedangkan babak final digelar 21-23 Februari 2020. (esy/jpnn)

 


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler