Ingat Ya, Daftar Ulang Jalur Mandiri 23-25 Mei

Senin, 23 Mei 2016 – 00:45 WIB
Siswa SD. Ilustrasi. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - GUNUNGPANGILUN – Sejumlah sekolah di Kota Padang, Sumbar, telah mengumumkan hasil tes Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) melalui jalur mandiri.  

Yakni SMA 1, SMA 2, SMA 3, SMA 4, SMA 6, SMA 7, SMA 10 dan SMA 12. SMP terdiri dari SMP 1, SMP 2, SMP 7, SMP 11, SMP 12 dan SMP 31.  Untuk SD baru satu yaitu SD Percobaan.

BACA JUGA: Hmm...Calon Bupati Bagi-bagi Doorprize di Acara Tryout PDIP

Pantauan Padang Ekspres di SMAN 3 Padang, Sabtu, (21/5), terlihat pengumuman kelulusan di pasang di halaman sekolah. Sejumlah orangtua beserta anaknya berdesak-desakan melihat pengumuman kelulusan tersebut.

Sonya, 37, warga kompleks di Unand Ulugadut mengaku bersyukur karena anaknya lulus jalur mandiri.

BACA JUGA: Rano Akui Tryout SBMPTN PDIP Ajang Sosialisasi

Dia mengaku anaknya sangat berminat masuk SMAN 3 Padang, karena termasuk salah satu favorit di Kota Padang. ”Meski jarak dari rumah ke sekolah lumayan jauh, yang penting anak saya sekolah di SMA favorit,” ujarnya.

Yani, 49, tidak menduga anaknya lulus di SMAN 3 Padang karena ketatnya persaingan. ”Alhamdulillah  anak saya lulus,” ucapnya.

BACA JUGA: Awas! Penerimaan Siswa Baru Jangan Bikin Ortu Stres

Sementara itu, di SMAN 1 Padang terlihat tidak seramai di SMAN 3 Padang. Sejumlah orangtua dan siswa SMP terlihat mempelototi papan papan pengumunan yang diletakkan tepat di dekat meja piket sekolah tersebut.

”Anak saya tidak lulus mungkin belum rezeki dia,” ujar Wirna, 45, warga Kuranji.

Kepala SMAN 1 Padang, Nukman mengatakan, yang lulus PPDB Mandiri tes akademis 216 orang. Sebanyak 209 dari Kota Padang dan 7 orang dari luar Padang. 

“Peserta ujian 841 orang, namun yang tidak ikut ujian 10 orang karena tidak ada kabar,” ujarnya.

SMAN 1 Padang menyediakan kuota 75% untuk jalur mandiri, sedangkan 25 % atau 72 orang lagi lewat jalur PPDB online dan jalur prestasi. 

”Daftar ulang tanggal 23, 24,25 Mei 2016, pengumuman diterima tanggal 27 Mei,” terangnya.  

Di  SMPN 12 Padang, orangtua beserta anaknya terlihat ramai. Papan pengumuman kelulusan yang dipasang di samping sekolah.

Waka Kesiswaan SMPN 12 Padang, Yulisman mengatakan, yang lulus PPDB Mandiri 102 orang. Sedangkan yang lulus administrasi atau ikut ujian 740 orang. Sebanyak 739 dari Kota Padang, 1 orang dari Padang. 

Sedangkan yang tidak ikut ujian 20 orang. ”Kuota jalur PPDB Mandiri di SMPN 12 sebanyak 33 %,” katanya.

Dia berharap, anak-anak yang lulus dalam seleksi PPDB Mandiri benar-benar siswa berkualitas karena sudah disaring melalui tes. Karena banyaknya peminat jalur mandiri tahun 2016 ini rencananya tahun depan SMPN 12 akan menambah kuota sebesar 50%. 

”Antusias warga meningkat menyekolahkan anaknya ke SMPN 12 ini  karena SMPN 12 termasuk sekolah favorit di Padang,” imbuhnya.

Dia menambahkan, pendaftaran ulang tanggal 23-25 Mei pukul 08.00 sampai pukul 15.00.  

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Habibul Fuadi  mengatakan, untuk SD Percobaan, kelulusan di tentukan umur tertinggi, nilai tes kompetensi dasar dan jarak tempat tinggal.

Dia menambahkan, sekolah favorit seperti SMPN 1, SMPN 8, SMAN 1 dan SMAN 10 kuota untuk jalur mandiri yang terbesar di atas 70 % dari daya tampung. 

Siswa yang lulus akan mendaftar ulang tanggal 23 hingga 25 Mei 2016. ”Jika tidak ikut daftar ulang berakti meraka mengundurkan diri,” pungkasnya. (w/sam/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Nih, Bu Mega Berbagi Kunci Sukses Lulus SBMPTN


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler