Ingatkan Kita Satu Bumi

Kamis, 01 Januari 2009 – 06:24 WIB
Foto : REUTERS/Tim Wiborne
SYDNEY - Kedatangan tahun baru disambut meriah di semua negaraMengikuti pembagian waktu internasional, datangnya 2009 dimulai dari wilayah di belahan bumi paling timur menuju belahan bumi paling barat.

Perayaan detik-detik pergantian tahun pertama terjadi di Kepulauan Kiribati

BACA JUGA: Israel Semakin Ngawur, Obama Masih Membisu

Penduduk pulau di jajaran Kepulauan Pasifik itu menghitung mundur menuju pukul 00.00.00 tanggal 1 Januari 2009 pada pukul 17.00 WIB
Selanjutnya, pergantian tahun bergerak berestafet menuju Wellington di Selandia Baru, bergerak ke Sydney, Australia

BACA JUGA: Sheikh Hasina Menangi Pemilu Bangladesh

Kemudian Tokyo, Seoul, Hongkong, Singapura, Jakarta, dan terus mengalir ke negara-negara lain di belahan barat bumi bundar ini.

Bentuk perayaan di kota-kota itu hampir seragam
Sorak-sorai, gemerlapnya kembang api, bersahutannya terompet dan tetabuhan menandai datangnya tahun baru

BACA JUGA: Cucu Sarah Palin Lahir

Di Sydney, sekitar sejuta warga tumpah ruah di sekitar pelabuhan dekat gedung operanya yang terkenalDi Tokyo, warga bersorak di dekat Menara Tokyo sambil melepaskan ribuan balonDi Hongkong, sekitar 50.000 orang berkumpul di pusat kota dengan latar belakang display "2009"Dan di Beijing, masyarakat Tiongkok tumpah ruah di sekitar monumen di Beijing barat, disirami kembang api dan suguhan tarian tradisional.

Bagaimana di Jakarta? Kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, menjadi jujugan warga ibu kota menghabiskan malam pergantian tahunRibuan orang memadati jalan menuju Bundaran HI sejak dari perbatasan Jalan Sudirman-Jalan M.HThamrinSepanjang trotoar dan tepi jalan dipenuhi kendaraan yang diparkir.

Tak ada kata lain dari semua potret peristiwa iniKita semua sebenarnya menyatu dalam wadah yang sama di alam iniMatahari kita satuBerharaplah bumi terus berputarSemoga tiupan terompet itu menjadi aba-aba untuk kita semua, bahwa kita sebenarnya satu bumi...(kim)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kapal Tempur Israel Tabrak Kapal Bantuan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler