Ingin Belajar Lengkap Ilmu Manajemen? PPM School of Management Bisa jadi Pilihan

Kamis, 17 Maret 2022 – 23:59 WIB
Mahasiswa baru. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ilmu manajemen diartikan sebagai kemampuan dalam mengatur sesuatu agar rencana dan tujuan yang diharapkan tercapai.

Tanpa disadari, hal-hal kecil yang dilakukan sehari-hari, secara tidak langsung sudah menerapkan ilmu manajemen.

BACA JUGA: Usung Tema Literasi Media Sosial di Era Digital, UMB Gelar PPM KLN di Pandeglang

Mengelola keuangan agar tidak besar pasak daripada tiang menjadi salah satu praktik manajemen yang paling sering dilakukan.

Tidak hanya itu, aktivitas manajemen tercermin juga dalam kegiatan seseorang sehari-hari.

BACA JUGA: 820 Orang Belajar Marketing dan Finance lewat Daring PPM

Mulai dari merencanakan jam berapa harus bangun pagi, menyusun prioritas tugas dan pekerjaan mana saja yang harus diselesaikan, hingga mengatur kapan bisa bersantai, berkumpul bersama teman dan keluarga atau sekadar melakukan hobi. 

Di dunia kerja, ilmu manajemen dibutuhkan di berbagai bidang.

BACA JUGA: PPM Manajemen Tetap Beri Inovasi Pelayanan, Dancing with The Pandemic

Tak heran jika jurusan ini sangat menarik dan menjadi program studi favorit karena lulusannya cenderung tidak kesulitan mendapatkan pekerjaan.

Banyak jenis pekerjaan membutuhkan sumber daya dengan latar belakang ilmu ini, di antaranya business development, HRD, marketing, teller bank, operasional logistik, management trainee, hingga finance manager.

Ilmu manajemen dibutuhkan juga bagi yang sedang merintis bisnis.

Alasannya, tidak hanya kerja keras, menjadi entrepreneur sejati juga perlu mengantongi kemampuan akademis dan bekal pendidikan yang menunjang bisnis.

Apalagi jurusan manajemen merupakan program studi yang fokus pada pengkajian tata kelola, perencanaan, dan pengaturan (manajemen) suatu organisasi atau perusahaan, baik yang berhubungan dengan sumber daya manusia, keuangan, hingga strategi operasional dan bisnis.

Agar karier dan bisnis di masa mendatang makin manjur, pastikan kampus yang dipilih juga memiliki program manajemen terbaik, seperti PPM School of Management (PPM SoM).

Sebagai Sekolah Tinggi dengan sistem penjaminan mutu internal terbaik di Indonesia (Kemenristekdikti – 2019), PPM SoM berkomitmen untuk turut serta membangun sektor pendidikan dan perkembangan bisnis tanah air.

Apalagi, PPM School of Management memiliki keunggulan dalam networking di bidang manajemen dan bisnis yang sangat luas.

PPM SoM memiliki Program Sarjana Manajemen Bisnis (SMB) yang dirancang untuk menghasilkan lulusan yang bisa menjadi seorang eksekutif dan entrepreneur yang andal, tangguh, siap bekerja, dan memiliki jiwa entrepreneur. Dengan akreditasi A dari BAN-PT, Program SMB PPM SoM menerapkan Integrated Curriculum, yang mengintegrasikan empat mata kuliah pilihan.

“Di PPM SoM, mahasiswa Program Sarjana Manajemen Bisnis mendapat kesempatan untuk membuat rencana bisnis hingga mengimplementasikan langsung dalam praktik berbisnis. Biasanya kami sebut proses ini praktik entre sehingga mahasiswa kami dapat lebih leluasa menerapkan ilmu dan teori-teori yang mereka terima di kelas.  Dalam prosesnya, para peserta ini didampingi oleh mentor” kata Acting Dean PPM School of Management, Aprihatiningrum Hidayati, dalam keterangan tertulis.

Mata kuliah pertama program ini adalah Marketing yang memberikan kesempatan mahasiswa untuk mendalami strategi untuk memasarkan produk atau jasa yang dihasilkan dengan pilihan karier.

Di antaranya marketing manager, sales manager, brand activation manager, event manager, dan marketing consultant.

Mahasiswa juga bisa memilih mata kuliah pilihan kedua, yakni Operations.

Dalam mata kuliah ini mahasiswa akan mendalami strategi untuk menciptakan produk atau jasa yang memiliki daya saing tinggi.

Ada banyak pilihan karier pada konsentrasi Operations, seperti product manager, operation manager, project manager, dan inventory manager.

Pilihan konsentrasi yang ketiga adalah Human Resource.

Di mata kuliah ini, mahasiswa difokuskan mempelajari strategi untuk menghasilkan dan mengembangkan sumber daya manusia dalam rangka pengembangan perusahaan.

Jalur kariernya, misalnya HR manager, training & develop manager, payroll manager, dan human & resource consultant.

Mata kuliah pilihan yang keempat di Program SMB adalah Finance yang mengajak mahasiswa mendalami strategi pengelolaan keuangan sehingga dapat meningkatkan laba perusahaan dan nilai perusahaan.

Untuk matkul Finance, mahasiswa dapat memproyeksikan pilihan karier di antaranya sebagai finance manager, asset manager, risk manager, finance consultant, dan merger & acquisition manager.

Mahasiswa program SMB juga mendapatkan kesempatan Incubator & Simulation yakni program pengembangan Inkubator Bisnis sebagai sarana pelatihan mahasiswa dan metode simulasi bisnis untuk melatih mahasiswa dalam membangun sebuah usaha secara nyata.

Bukan itu saja, peserta Program SMB PPM SoM juga dibekali dengan Sertifikasi CRMA (Certified Risk Management Analyst) dari LSPMR.

Dengan begitu, sertifikasi ini menjadi nilai tambah bagi para lulusan Program SMB saat di dunia kerja karena telah memiliki pengakuan atas kompetensi yang dimiliki.

Program SMB PPM SoM untuk periode September 2022 sudah bisa diakses dari sekarang.

Ada 4 pilihan jalur pendaftaran yang bisa dipilih, yaitu jalur reguler (dengan tes), jalur rapor (tanpa tes), dan jalur UTBK.

Kabar gembira untuk calon peserta yang merupakan anak dari guru, dosen, dan tenaga pendidik lainnya karena tersedia kuota beasiswa dari PPM SoM.

Informasi pendaftaran dan  beasiswa dapat menghubungi tim admisi di 0878-7618-5364 (WA). Kunjungi juga https://ppmschool.ac.id atau akun Instagram @ppmschool untuk mendapatkan informasi terbaru. (flo/jpnn)

 


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler