Ingin Konten jadi Viral di TikTok? Begini Caranya

Jumat, 28 April 2023 – 21:20 WIB
TikTok. Foto: ANTARA/Arindra Meodia

jpnn.com, JAKARTA - TikTok, aplikasi media sosial yang berada di bawah ByteDance sedang populer hampir di seluruh dunia.

Mulai dari yang muda, tua, bahkan hingga perusahaan pun memanfaatkan TikTok untuk membuat konten.

BACA JUGA: Konten TikToker Bima Kritik Pemprov Lampung Berbuntut Panjang, Keluarga Merespons Begini

Nah, jika Anda ingin download video TikTok tanpa watermark, Anda bisa menggunakan third parties seperti Musicallydown.

Dilansir dari Wongcerdas, musicallydown merupakan situs web yang bisa membantu Anda mengunduh video musik yang berasal dari TikTok secara gratis.

BACA JUGA: 3 Composers dan Yonggi Mikama Meriahkan TikTok Live: Music 4 U

Ini berupa situs atau website sehingga Anda tidak perlu repot mengunduh aplikasi tambahan.

Nah, jika Anda ingin konten video Anda di TikTok viral dan masuk For Your Page (FYP), berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan:

BACA JUGA: TikTok Dilarang di Inggris, Juru Bicara: Sesat

Singkat dan Padat

Walaupun TikTok populer di berbagai kalangan, tetapi tidak dapat dipungkiri pengguna TikTok yang terbanyak berasal dari milenial dan Gen Z.

Oleh karena itu, usahakan Anda membuat konten yang singkat dan padat. Pengguna TikTok dapat dengan mudah melakukan swipe atau melewati konten jika konten tersebut terlalu kompleks. 

Jadi, tidak perlu bertele-tele dalam menyampaikan pesan pada konten.

Buatlah caption yang singkat dan juga to the point. Selain itu, jika Anda menambahkan audio berupa narasi atau penjelasan, jelaskan bagian yang penting-penting saja.

Durasi video juga penting, lho. TikTok memang memungkinkan Anda membuat video dengan durasi maksimal hingga 10 menit. Namun, daya tarik TikTok adalah konten dengan durasi singkat.

Agar pengguna TikTok bisa melihat konten Anda hingga selesai, sebaiknya buatlah konten dengan durasi kurang dari 1 menit. Dengan begitu, besar kemungkinan konten Anda akan dilihat sampai selesai.

2.       Gunakan Audio atau Hashtag

Pada aplikasi TikTok, Anda bisa menggunakan tagar atau hashtag dan audio agar konten Anda bisa lebih ramai dan menjangkau lebih banyak audiens.

Manfaatkan hal ini dengan menggunakan hashtag dan audio yang sedang viral.

Hashtag atau audio yang sedang viral bisa membantu konten Anda dilihat oleh lebih banyak orang. Beberapa hashtag yang populer adalah #foryou, #foryoupage, #fyp, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Anda juga bisa membuat caption yang memancing interaksi dengan audiens. Cara ini adalah salah satu cara yang dapat membantu konten ada tembus FYP TikTok karena ada ramai akan interaksi.

3.       Upload Konten di Waktu yang Tepat

Unggah atau upload konten di waktu yang tepat, atau disebut juga pada jam prime time. Selayaknya aplikasi media sosial, TikTok banyak diakses pada waktu-waktu tertentu, seperti siang hari, sore hari, dan juga malam hari.

Anda bisa mulai upload pada pukul 1 siang hari, pukul 4 atau 5 sore hari, dan pukul 7 atau 8 malam hari.

Di waktu-waktu tersebut, pengguna TikTok sedang rehat dari aktivitasnya dan membuka aplikasi untuk beristirahat sejenak.

4.       Ikut Challenge

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan challenge atau tren di TikTok. Ikuti challenge atau tren yang sedang terjadi, sangat mungkin konten Anda bisa ikut viral dan masuk FYP.

Buatlah konten yang sesuai atau relate dengan kehidupan banyak orang, bisa dengan membahas tentang kejadian sehari-hari.

Dengan masuk FYP, secara otomatis akan menambah traffic atau interaksi pada akun Anda dan juga jumlah followers Anda.

5.       Perhatikan Kualitas Konten

Jangan lupa untuk memerhatikan kualitas konten TikTok Anda. Buatlah konten dengan video yang berkualitas. Tidak perlu menggunakan peralatan yang mahal, Anda pun tetap bisa membuat video berkualitas dengan device seadanya.

Yang terpenting, perhatikan pencahayaan pada video Anda, serta memanfaatkan kemampuan editing video sebaik mungkin.

Dengan begitu, kualitas video Anda bisa meningkat dan membuat pengguna TikTok tertarik dengan konten yang Anda suguhkan.

Begitu juga dengan konten yang Anda buat. Buatlah konten yang berkualitas serta bermanfaat.

Hindari konten berbau SARA atau hal negatif lainnya agar akun TikTok Anda tetap disukai oleh pengguna TikTok.

6.       Collab Dengan Akun TikTok Lain

Collab atau berkolaborasi dengan akun TikTok lain juga dapat membuat konten Anda viral dan masuk FYP.

Beberapa jenis video collab yang populer adalah video menari bersama, atau melakukan challenge bersama-sama.

Dengan melakukan collab, konten Anda akan mendapatkan exposure besar dan bisa membuat konten Anda ramai akan interaksi dan besar kemungkinan masuk FYP.

Nah, itu dia 6 tips yang bisa Anda lakukan agar konten TikTok Anda viral dan masuk FYP. Tingkatkan interaksi, kualitas serta kuantitas video Anda agar menghasilkan exposure besar pada konten Anda. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler