Ingin Mencoba Berbisnis Suvenir Pernikahan? Ikuti 7 Cara Ini

Selasa, 26 Juli 2022 – 22:44 WIB
Peluang bisnis dengan pinjaman KTA. Foto: dok DBS

jpnn.com, JAKARTA - Peluang berbisnis saat ini tak pernah mati. Salah satunya peluang bisnis suvenir pernikahan custom.

Untuk memulai bisnis ini, Anda bisa memanfaatkan pinjaman KTA. Sebelum memulai bisnis suvenir, kamu sebaiknya mengetahui sejumlah tips agar mempunyai gambaran tentang strategi yang harus dilakukan. Berikut penjelasan:

BACA JUGA: Begini Cara Bijak Manfaatkan Layanan Pinjaman Online, Simak

1. Mengantongi Informasi Seputar Supplier atau Vendor

Untuk memulai bisnis suvenir nikah, sebaiknya mengetahui sejumlah informasi tentang supplier atau vendor.

BACA JUGA: Merenovasi Kamar Bayi Impian, Bisa Pakai Modal KTA Online

Dengan begitu, kamu bisa memilih supplier yang bisa menawarkan bahan, produk, atau harga terbaik.

Selain itu, dengan mengantongi beberapa informasi tentang supplier atau vendor, maka kamu bisa menerima banyak pesanan pada satu waktu.

BACA JUGA: Melalui KTA Tunaiku, Amar Bank Kedepankan Kolaborasi dalam Layanan Fintech

Dengan begitu, maka akan banyak jenis suvenir yang bisa kamu jual.

 

2.   Merencanakan Target Pasar

Pasangan yang hendak segera melangsungkan pernikahan tentu saja merupakan target utama bisnis suvenir custom-mu.

Walau demikian, kamu sebaiknya melakukan pengelompokan yang lebih mengerucut agar memperoleh target lebih spesifik.

 

3. Memilih Ekspedisi yang Tepat

Pemesanan suvenir nikah custom dalam jumlah banyak tentu memiliki beban yang berat. Jadi, pastikan kamu memilih ekspedisi dengan mempertimbangkan keunggulan dalam menangani kiriman dengan berbobot lebih.

4. Mengutamakan Produk Unisex

Tamu undangan pengantin sudah pasti hadir dari berbagai latar belakang dan jenis kelamin maupun gender. Mengetahui hal itu, maka utamakan penjualan suvenir yang ramah untuk semua kalangan, baik perempuan maupun laki-laki.

5.  Memanfaatkan Media Sosial

Manfaatkan media sosial dengan baik agar bisnis suvenir custom bisa diketahui banyak orang.

Rajinlah mengunggah konten maupun katalog terbaru. Dengan begitu, calon pembeli potensial bisa tertarik memesannya.

6. Memiliki Toko Online

Untuk memperjelas kredibilitas bisnis, menjangkau lebih luas, serta mempermudah transaksi, kamu bisa membuka toko online. Ini mudah sekali! Kamu dapat menyediakan website atau berjualan di e-commerce.

7. Ide Bisnis Souvenir Nikah Custom

Kamu tidak perlu bingung untuk memulai bisnis suvenir pernikahan custom. Sebab, banyak sekali ide yang bisa dicoba, seperti di bawah ini:

Lilin Aromaterapi

Produk ini memiliki sejumlah manfaat. Dengan menyalakannya, kamu bisa menghilangkan stres dan lebih rileks. Selain itu, peminat lilin aromaterapi begitu tinggi dan kustomisasi pun dapat mudah kamu lakukan. Khususnya pada bentuknya.

Tanaman Sukulen

Tumbuhan ini merupakan suvenir pernikahan yang paling diincar. Sebab, sukulen mempunyai bentuk yang mungil sehingga mudah dibawa, dirawat, dan pastinya unik. Tidak hanya itu, harga souvenir sukulen pun relatif lebih terjangkau.

Pouch atau Totebag

Kedua benda ini sangat lazim dijadikan suvenir. Sampai saat ini, tidak sedikit orang yang menilai bahwa pouch atau totebag merupakan pilihan suvenir terbaik. Jika kamu tertarik menjualnya, maka ajukan saja pinjaman KTA kilat sebagai penunjang modal.

Kopi atau Teh

Suvenir bahan minuman ini sangat direkomendasikan untuk pengantin pecinta kopi maupun teh. Untuk mengemas teh celup, gunakan saja pouch atau box kecil. Sedangkan untuk mengemas kopi, gunakan pouch untuk bubuk dan jar untuk biji.

Jamu

Minuman khas Indonesia satu ini pun dapat kamu jadikan produk souvenir. Kamu dapat menawarkan pada pelanggan bahwa produk satu ini sangat anti mainstream. Dengan keunikan suvenir, maka pesta pernikahan makin berkesan untuk hadirin.

Coklat atau Permen

Selain minuman seperti kopi, teh, dan jamu, kamu bisa menawarkan makanan seperti coklat atau permen. Pastikan produk yang kamu tawarkan satu ini mempunyai masa konsumsi yang cukup lama sebelum mengemasnya dalam jar cantik.

Hand Soap atau Sanitizer

Pilihan satu ini pun dapat kamu pertimbangkan dalam bisnis suvenir nikah custom. Sebab, semenjak pandemi, semua orang terbiasa membawa hand sanitizer atau sabun. Jika kamu berminat menjualnya, maka kemas saja pada wadah souvenir kecil.

Masker

Sama halnya dengan pilihan sebelumnya, kamu pun dapat menawarkan masker dalam produk suvenir nikah custom. Untuk model dan warnanya, tawarkan saja berbagai varian yang dapat dikustomisasi.

Tumbler

Botol minum atau tumbler pun sangat umum dijadikan suvenir pernikahan custom karena, penyesuaian bentuk, model, dan warna nya dapat mudah dilakukan.

Selain itu, nilai fungsinya pun tinggi, contohnya sebagai upaya mengurangi sampah plastik.

Boneka

Apabila kamu mempunyai hobi membuat crochet dan menjahit, maka manfaatkan kesenanganmu tersebut sebagai peluang bisnis suvenir! Kamu bisa menawarkan suvenir boneka dengan bentuk dan warna yang bisa dikustomisasi oleh pemesan.

Modal yang dibutuhkan untuk produk satu ini bervariasi. Namun apabila kamu menginginkan pembuatannya dengan bahan berkualitas, maka persiapkan modalnya dengan mengajukan pinjaman KTA.

Bibit Tanaman

Banyak orang kini mulai mengisi waktunya dengan berkebun. Nah, memanfaatkan peluang tersebut, kamu dapat menawarkan bibit tanaman lengkap dengan panduan menanam dan perawatannya sebagai souvenir pernikahan custom.

Gelas

Benda satu ini memanglah produk suvenir yang paling ‘legend’. Pasalnya, permintaan akan suvenir gelas tidak pernah surut dari zaman nenek moyang. Hal ini dikarenakan nilai guna serta harga yang sangat terjangkau.

Peralatan Makan dan Sedotan Stainless

Tidak cuma gelas, paket peralatan makan seperti garpu dan sendok pun dapat menjadi produk yang kamu jual dalam bisnis suvenir nikah custom. Selain itu kamu juga bisa menawarkan produk berupa sedotan stainless pada perlengkapan tersebut.

Lip Balm

Produk perawatan satu ini sangat jarang dijadikan sebuah suvenir pernikahan. Nah, maka dari itu, ini bisa kamu tawarkan sebagai suvenir yang unik. Pasti banyak pemesan atau calon pengantin yang suka dan tertarik.

Cara Memulai Bisnis Suvenir Nikah Custom

Setelah membahas tentang tips ‘sebelum’ mulai bisnis suvenir pernikahan custom, maka hal selanjutnya yang sebaiknya kamu ketahui adalah tentang cara memulainya. Penasaran? Ikuti saja poin-poin dan penjelasan berikut ini!

Merencanakan Bisnis Secara Matang

Membuat perencanaan usaha atau bisnis dapat kamu mulai dengan riset hal dasar. Demikian, mulailah mencari tahu seputar kebutuhan, dan mengenali betul lingkungan sekitar, apakah dekat dengan suatu gedung yang biasa disewakan untuk pernikahan.

Setelah itu, analisa kompetitor, merek, dan produk suvenir yang hendak dijual. Jangan lupa pula untuk merencanakan anggaran, dan menyusun strategi pemasaran secara teliti.

Mempersiapkan Modal

Kamu bisa mempersiapkan modal bisnis suvenir nikah custom dengan tabungan. Jika itu tidak memungkinkan, maka gunakan saja pinjaman. Salah satu yang dapat kamu manfaatkan adalah pinjaman KTA.

Menentukan Lokasi Berjualan

Kamu bisa mendirikan toko atau workshop suvenir nikah custom di manapun. Akan tetapi, usahakan lokasinya strategis. Dengan begitu, calon pelanggan pun dapat mengetahui eksistensi bisnismu.

Membuat Katalog dan Ketentuan

Kamu bisa menyediakan katalog produk supaya pembeli mudah memilih apa yang mereka inginkan.

Jangan lupa pula untuk menyertakan harga setiap jenis suvenir agar produk yang kamu jual tidak menimbulkan pertanyaan.

Lalu, sebaiknya jangan hanya menyertakan gambar dan harga saja. Anda dapat menggunakan jasa fotografer profesional untuk memotret produk suvenir pernikahan custom yang Anda tawarkan.

Sertakan pula sejumlah ketentuan. Contohnya dalam pemesanan dengan jumlah tertentu dapat memperoleh potongan harga. Lalu, sertakan juga waktu minimal pemesanan untuk setiap produk.

Dengan menyediakan katalog lengkap seperti itu, maka pelanggan tidak perlu bingung dan bertanya berulang kali tentang produk yang mereka pesan. Selain itu, kamu pun akan terbebas dari repotnya meluruskan kesalahpahaman pemesanan.

Memulai Pemasaran Produk

Setelah mendapatkan pinjaman KTA kilat sebagai modal dan mempersiapkan poin-poin sebelumnya, maka hal yang harus kamu lakukan sekarang adalah memasarkan produk. Mulailah dari pemasaran yang mudah dilakukan saja.

Contoh pemasaran yang dapat kamu lakukan adalah lewat e-commerce, media sosial, sampai website resmi. Kamu dapat memaksimalkan fitur yang ada sesuai kebutuhanmu.

Dalam memasarkan produk via online, kamu membutuhkan kreativitas tanpa batas. Jadi, setiap sebelum membuat konten, lakukan riset tentang hal-hal yang sedang marak atau trending terlebih dahulu, lalu kaitkan dengan soft selling.

Melakukan Promosi

Apabila bisnis souvenir nikah custom-mu telah mulai beroperasi, jangan lupa untuk menawarkan promo. Hal ini berguna supaya banyak orang yang tertarik untuk melakukan pemesanan.

Kamu harus kreatif dalam menawarkan promo. Misalnya dengan permainan kata dalam copywriting promosi, menyediakan ongkos kirim gratis, sampai memberikan potongan harga untuk pembeli yang mampu mengajak orang lain untuk bertransaksi.

Yuk, Berbisnis Suvenir Nikah Custom dengan KTA!

DBS Indonesia berkomitmen menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik.

Untuk itu manfaatkan digibank sebagai modal berbisnis suvenir pernikahan. Sebab, produk pinjaman satu ini sangat mudah pengajuannya.

Kamu dapat melakukannya kapan dan di mana saja 24 jam lewat ponselmu. Jadi, cukup akses go.dbs.com/kta atau unduh dan gunakan Aplikasi digibank by DBS untuk mengajukan digibank KTA. Sangat mudah dan praktis!

Jika kamu telah mengajukan, tidak perlu menunggu persetujuannya berlama-lama. Karena layanan KTA satu ini sangat instan.

Dalam hitungan 60 detik saja, kamu bisa mengetahui permohonan KTA-mu disetujui atau tidak.

Setelah menerima notifikasi bahwa permohonan pinjaman telah disetujui, langsung cek rekening digibank by DBS milikmu.

Sebab, pencairan dana pun cepat dengan nominal maksimum sampai Rp80 juta.

Mungkin, Rp80 juta bukanlah nominal yang kamu butuhkan. Jika kamu hanya perlu Rp60 juta saja untuk tambahan modal bisnis suvenir, maka itu sangat bisa kamu lakukan saat melakukan permohonan pinjaman. Intinya, bebas atur nominal pinjaman!

Produk KTA satu ini mengizinkanmu untuk mencicil pinjaman sampai 3 tahun lamanya. Selain itu, kamu tidak memerlukan dokumen fisik lagi.

Terakhir, untuk mendapatkan KTA ini, kamu harus berdomisili di Bandung, Jabodetabek, Semarang, atau Surabaya.

Pastikan juga kamu berpenghasilan sedikitnya Rp5 juta, mempunyai kredit berlimit Rp10 juta di bank lain, serta NPWP dan e-KTP.

Itulah tips dan cara bisnis suvenir nikah custom. Jika kamu tertarik untuk mendapatkan dana untuk menunjang usahamu, ajukan pinjaman KTA dari digibank by DBS.

Untuk pendaftarannya kunjungi website resmi digibank KTA dan mengaksesnya langsung untuk informasi selengkapnya. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler