Ingin Mengurangi Stres dan Berat Badan? Simak Tip dari Tuan Guru Sahabat Ganjar Ini

Selasa, 26 September 2023 – 19:50 WIB
Tuan Guru Sahabat Ganjar Sumatera Utara menggelar kegiatan bertajuk "Tinjauan Psikologis dan Medis terkait Pelaksanaan Puasa Senin dan Kamis". Foto: TGS Ganjar Sumut.

jpnn.com - MEDAN - Simpatisan Ganjar Pranowo yang berjejaring dalam Tuan Guru Sahabat Ganjar Sumatera Utara memberikan tip untuk mengatasi persoalan stres dan peningkatan berat badan. Salah satu tip itu ialah rutin berpuasa.

TGS Ganjar Sumut menyampaikan tip itu dalam kegiatan bertajuk "Tinjauan Psikologis dan Medis terkait Pelaksanaan Puasa Senin dan Kamis".

BACA JUGA: Ganjar Terima Hadiah Jersei No 8 MU dari Kades se-Indonesia, Apa Artinya?

Kegiatan edukasi yang menyasar jemaah Majelis Taklim Al Ghofar, itu dilaksanakan di Kelurahan Indra Kasih, Kecamatan Medan Tembung, Kota Medan, Sumatera Utara, Selasa (26/9).

Stres merupakan bagian alami kehidupan manusia, dan tidak memandang usia.

BACA JUGA: Akademisi UGM: Program UMKM Ganjar di Jateng Inovatif dan Bisa Diaplikasikan secara Nasional

Mulai dari remaja hingga dewasa bisa mengalami stres.

Tidak jarang, stres yang melanda seseorang berpengaruh pada pola makan yang buruk.

BACA JUGA: Srikandi Ganjar Gelar Pelatihan Cara Menulis Berita Kepada Milenial di Tangsel

Hal itu dapat menimbulkan peningkatan berat badan.

Melihat hal itu, TGS Ganjar Sumut pun memberikan tip kepada masyarakat.

Koorwil TGS Ganjar Sumut Zulfi Andika mengatakan bahwa puasa merupakan suatu amalan untuk memperoleh pahala dan keberkahan.

Di samping itu, puasa juga dipercaya baik untuk kesehatan fisik dan mental.

"Artinya kalau kita lihat puasa ini tidak hanya sebatas ritual, tidak hanya sebatas ibadah saja, tetapi punya dampak, baik itu dampak sosial dan juga dampak secara individual," kata Zulfi Andika dalam keterangannya, Selasa (26/9).

Zulfi mengungkapkan manfaat dari berpuasa dari sisi kesehatan mental ialah mampu mengurangi stres dan kecemasan.

Sebab, berpuasa dapat meningkatkan produksi enzim-enzim pada otak yang meniru efek obat anti-depresi.

Kemudian dari sisi kesehatan fisik, melakukan puasa Senin-Kamis secara rutin berdampak pada pembakaran lemak tubuh, sehingga dapat menurunkan berat badan.

"Dari psikologis, kegunaan puasa kurang lebih mungkin bisa merasa nyaman, merasa anteng, bisa terhindar dari hal-hal yang bersifat stres. Dari segi kesehatan, puasa ini bisa juga menjadi salah satu treatment untuk mengurangi berat badan dan lain sebagainya," ungkapnya.

Oleh karena itu, Zulfi berharap kegiatan yang dilakukan TGS Ganjar Sumut ini menjadi pendorong bagi masyarakat, khususnya jemaah majelis taklim yang hadir, supaya supaya selalu mengamalkan ibadah sunah tersebut demi kesehatan diri.

Sekadar informasi, TGS Ganjar Sumut sebagai simpatisan salah satu calon presiden, juga menyosialisasikan sosok Ganjar Pranowo kepada masyarakat. (boy/jpnn)


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler