Ingin Tubuh Sehat dan Kencang? Lakukan Ini Saat Liburan!

Selasa, 19 Juni 2018 – 05:33 WIB
Olahraga. Foto HealthyCare

jpnn.com - Liburan merupakan saatnya untuk melepas penat, stres, dan kejenuhan yang timbul dari pekerjaan maupun aktivitas sehari-hari. Setelah kembali dari liburan, biasanya tubuh akan segar, recharge, produktif, dan siap untuk menghadapi tantangan berikutnya.

Namun, meski liburan identik dengan bersantai, bukan berarti Anda bisa bermalas-malasan, tidak berolahraga, dan makan seenaknya. Justru, liburan adalah saat di mana Anda memiliki lebih banyak waktu luang untuk memperbaiki diri, agar tubuh tetap sehat dan tampak kencang.

BACA JUGA: Bakar Kalori Setelah Lebaran dengan 6 Olahraga Ini

Ingin tahu apa saja yang bisa dilakukan untuk membentuk tubuh yang sehat dan kencang? Berikut tipsnya:

1. Perbanyak aktivitas fisik.

BACA JUGA: 3 Cara Mudah Jaga Stamina di Tengah Aktivitas Padat

Kurangi waktu duduk dan bermalas-malasan. Perbanyak aktivitas fisik, seperti berjalan dan melakukan pekerjaan rumah. Di saat liburan, Anda dapat menggunakan waktu luang untuk beberes rumah, menyapu, mengepel, atau merapikan taman.

Di samping itu, Anda juga dianjurkan untuk lebih memilih tangga dibandingkan eskalator atau lift. Apabila ingin pergi ke tempat yang bisa ditempuh dalam waktu kurang dari 30 menit, akan lebih baik jika Anda berjalan kaki ketimbang naik mobil atau motor.

BACA JUGA: Ketahui Durasi Olahraga yang Tepat, Agar Jantung Makin Sehat

2. Olahraga kardio.

Supaya tubuh tetap fit dan proporsional, Anda perlu melakukan olahraga kardio. Selain dapat membakar lemak, olahraga jenis ini juga bisa menjaga kesehatan jantung. Anda bisa melakukan olahraga kardio selama 30–60 menit dalam sehari, sebanyak 5–7 kali dalam seminggu.

Contoh olahraga kardio yang dapat Anda lakukan adalah joging, berjalan kaki, bersepeda, berenang, dan lain-lain sesuai pilihan.

3. Olahraga angkat beban.

Untuk menjaga agar otot tetap kencang, Anda perlu melakukan olahraga angkat beban tiga kali seminggu. Olahraga jenis ini bisa membantu mempertahankan massa otot, terutama pada mereka yang berusia 40 tahun ke atas. Karena pada usia tersebut, massa otot akan mulai menurun hingga lansia.

4. Minum air.

Saat Anda berolahraga dan mengeluarkan keringat, segera ganti cairan dan elektrolit tubuh dengan konsumsi air yang cukup. Apabila Anda berolahraga kurang dari 1 jam, konsumsi air putih sudah cukup.

Namun, apabila Anda berolahraga lebih dari 1 jam, sports drink dapat lebih efektif mengganti cairan, elektrolit, dan energi yang hilang setelah berolahraga.

5. Pola makan tepat.

Anda dianjurkan untuk mengubah pola makan menjadi 5–6 kali makan dalam porsi kecil, ketimbang 3 kali dalam porsi besar. Makan dalam porsi kecil namun sering dapat membantu Anda kenyang lebih lama, sehingga tidak tergoda untuk ngemil berlebihan.

Nah, jika Anda ingin menjaga massa otot tetap kencang, jangan lupakan protein. Anda perlu mengonsumsi 1–1,5 gram protein per kilogram berat badan. Misalnya berat Anda 50 kg, maka Anda dapat mengonsumsi 50–75 gram protein dalam sehari.

Meski saat liburan punya banyak waktu luang untuk bersantai, tapi jangan Anda sia-siakan liburan Anda dengan bermalas-malasan. Lakukan sejumlah tips di atas agar tubuh sehat dan senantiasa kencang.(NB/RVS/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pushidrosal Menggalakkan Olahraga Panahan


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Olahraga  

Terpopuler