Ini 16 Nama Calon Anggota BPK RI

Kamis, 24 Juni 2021 – 23:57 WIB
Ilustrasi - Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terkait Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LHP LKPP). (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 16 calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) bakal menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Komisi XI DPR RI.

Menurut anggota Komisi XI DPR RI Hendrawan Supratikno, pihaknya akan mencermati secara perinci ke-16 nama calon tersebut.

BACA JUGA: Keren! Wanita Ini Berhasil Damaikan 2 Anggota Dewan yang Berseteru

"Para pendaftar tentu memiliki kompentensi dan rekam jejak yang menurut persepsi mereka memadai untuk jabatan sebagai anggota BPK."

"Nanti kami cermati dari makalah yang disusun dan dipresentasikan dalam uji kelayakan," ujar Hendrawan kepada para wartawan di Jakarta, Kamis (24/6).

BACA JUGA: Sedih! 4 dari 5 Orang Korban Tewas di Yahukimo Pekerja Bangunan

Hendrawan mengatakan proses uji kelayakan calon anggota BPK RI akan mengikuti mekanisme yang sudah diatur undang-undang.

Menurut dia, DPR RI akan meminta pertimbangan dari DPD RI dan meminta masukan publik terkait ke-16 nama calon anggota BPK tersebut.

BACA JUGA: 4 Pekerja Bangunan yang Tewas Ditembak Sempat Dibela Warga

"DPR akan meminta pertimbangan dari DPD RI dan meminta masukan publik. Jadi ke-16 nama tersebut akan diumumkan melalui media massa," ujarnya.

Hendrawan mengatakan pergantian anggota BPK RI tidak serempak karena ada sistem 'stagering', tahun ini yang habis masa keanggotaannya hanya satu anggota yaitu Bachrullah Akbar.

Politikus senior PDI Perjuangan itu berharap pada masa persidangan mendatang uji kelayakan calon anggota BPK RI tersebut bisa dilaksanakan.

Dia berharap paling lambat 29 September 2021 nama calon sudah terpilih dan dapat diambil keputusan dalam Rapat Paripurna DPR.

Sebelumnya, beredar 16 nama calon anggota BPK yang akan dipilih satu orang untuk menggantikan anggota BPK Bahrullah Akbar, yang akan pensiun pada 27 Oktober mendatang.

Ke-16 nama tersebut telah dikirim Komisi XI DPR ke DPD RI untuk diverifikasi.

Proses verifikasi tersebut memiliki batas waktu 45 hari kerja untuk disampaikan ke Komisi XI DPR untuk dijadwalkan uji kelayakan.(Antara/jpnn)


Nama 16 Calon Anggota BPK RI:

1. Dadang Suwarna (TA Ketua BPK)
2. Dori Santoso (Auditor BPK)
3. Endang Hermawan (Hakim Adhoc Tipikor)
4. Kristiawanto (Dosen/akademisi)
5. Sohibul Iman (TA BPK)
6. Nyoman Adhi Suryadinata (Kepala Bea-cukai Manado)
7. Hari Pramudiono (Staf Ahli Kementrian PDT)
8. Muhammad Komarudin (PNS)
9. Nelson Humiras Halaman (Auditor BPK Riau)
10. Widarto (Auditor Kementerian PUPR)
11. Syarkawi Rauf (Ketua KPPU)
12. Teuku Surya Darma (TA DPR)
13. Harry Z Soeratin (ASN Kemenkeu)
14. Blucer Welington Rajaguguk (ASN Kemenkeu)
15. Laode Nursiadi (Auditor BPK)
16. Mulyadi (Mantan anggota DPR)


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler