Ini 3 Program Lazismu Selama Ramadan

Selasa, 13 April 2021 – 15:09 WIB
Penyerahan bantuan di jalan. Foto: Lazismu

jpnn.com, JAKARTA - Ramadan menjadi momentum bagi Lazismu untuk memaksimalkan dalam mengumpulkan dan menyalurkan dana program zakat infak sedekah (ZIS) kepada yang berhak menerimanya dalam peningkatan pemberdayaan umat. Selaras dengan tema Ramadan yang diusung Lazismu yakni Zakat Bangkitkan Indonesia.

Zakat yang memiliki dimensi ekonomi, sosial dakwah, pendidikan, kesehatan, kemanusiaan, dan lingkungan sangat strategis perannya.

BACA JUGA: Antisipasi Kekeringan, MTT dan Lazismu Bangun Sumur Bor untuk Warga

Hal ini untuk mengisi ruang kosong yang belum terisi oleh program pemerintah dalam membangkitkan semangat umat keluar dari belenggu pandemi.

"Ramadan tahun lalu, hampir semua kalangan diliputi oleh rasa ketakutan dan kekhawatiran,” kata Ketua Lazismu Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Hilman Latief dalam keterangan tertulisnya, Selasa (13/4).

BACA JUGA: BPK Dilibatkan Awasi Bantuan Lazismu Untuk Dua Lembaga Pendidikan

Hilman berharap pada Ramadan tahun ini, masyarakat bisa bangkit dan menghadapi pandemi dengan optimistis. Dia juga berharap dampak sosial ekonomi akibat pandemi bisa diatasi melalui bulan Ramadhan.

"Kita tunjukkan pada dunia bahwa umat Islam melalui Ramadan bisa membangun kebersamaan yang kuat," jelas Hilman.

BACA JUGA: Hilman Latief: Rakernas Harus Membuat Lazismu Lebih Ramping

Dia juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk membangun rasa solidaritas yang kuat, gotong royong, ekspresi ta’awun yang bisa dilakukan secara kolektif.

"Zakat tidak hanya merupakan ekspresi kesalehan individual, namun juga bentuk kepedulian sosial," ujarnya.

Direktur Penghimpunan Lazismu Pusat Edi Muktiono menambahkan, Lazismu memiliki tiga program utama di Ramadan tahun ini. Yakni Kado Ramadhan, Back to Masjid, dan Pemberdayaan Ekonomi.

Edi berharap program pemberdayaan ekonomi dapat membantu masyarakat dalam mengembangkan usaha dan menggerakkan roda ekonomi keluarga. Menurutnya, banyak keluarga yang terdampak pandemi.

"Lazismu berusaha untuk memberikan bantuan modal usaha. Mudah-mudahan program ini dapat bermanfaat untuk banyak orang," katanya. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler