Ini 4 Cara agar Pinjaman Online Lebih Cepat Lunas

Senin, 01 Maret 2021 – 22:59 WIB
Ilustrasi pinjaman online. Foto: dok Indodana

jpnn.com, JAKARTA - Pinjaman online saat ini selalu siap sedia berdiri di garda depan untuk membantu menyelesaikan masalah keuangan yang sedang dialami seseorang dengan syarat yang mudah.

Kelebihan itulah yang membuat penyedia layanan pendanaan online begitu populer di kalangan masyarakat.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: DPD dan DPC Partai Demokrat Marah, Jokowi Dilaporkan, Ada yang Sedih, Propam dan Denpom Bergerak

Bahkan, jika saat ini Anda mengajukan pinjaman online maka dana sudah bisa berada di tangan dalam kurun waktu tidak lebih dari 24 jam ke depan.

Syaratnya sederhana. Hanya membutuhkan KTP, NPWP, slip gaji, dan beberapa dokumen pribadi lainnya.

BACA JUGA: Ini Cara Mengajukan Pinjaman Online dengan Mekanisme Untung Rugi

Meski begitu, memanfaatkan produk pinjaman dana digital tersebut tentu harus dibarengi dengan sikap tanggung jawab agar tidak menjadi senjata makan tuan bagi keuangan Anda.

Pasalnya, jika terlambat melunasi cicilannya, atau bahkan macet, Anda diharuskan untuk membayar denda yang mampu mengacaukan arus keuangan hingga kesulitan untuk mengajukan pinjaman di masa mendatang.

BACA JUGA: Ini 6 Cara Mudah agar Pinjaman Online Bisa Langsung Cair

Nah, agar hal tersebut tidak sampai terjadi, Anda tentu tertarik dengan bagaimana cara melunasi pinjaman online dengan lebih cepat dan tanpa beban sama sekali. Untuk itu, simak 4 tips berikut ini: 

1. Susun Strategi Pelunasan Pinjaman Online

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menyusun rencana. Rencana tersebut bisa berupa pengalokasian dana bulanan.

Seperti mengatur berbagai pos pengeluaran untuk membayar tagihan pinjol, keperluan pokok, investasi, dan lain sebagainya.

Jika memiliki beban cicilan lebih dari satu, Anda bisa melakukan skala prioritas dengan mengurutkan utang dengan bunga paling tinggi hingga paling rendah.

Selain itu, menentukan skala prioritas dari beban pinjaman tersebut berdasarkan kapan tanggal jatuh temponya juga patut untuk dicoba.

Agar lebih efektif, sebaiknya lunasi dulu pinjaman dengan beban bunga yang paling tinggi agar tidak semakin membengkak. Atau, jika ada beban pinjaman yang sudah hampir lunas, tidak ada salahnya untuk mengutamakannya agar jumlah tagihan bulanan Anda dapat berkurang dengan lebih cepat.

2. Selalu Lunasi Cicilan Tepat Waktu

Kedua, Anda perlu menjadikan cicilan pinjaman online sebagai prioritas utama dalam alokasi anggaran keuangan Anda. Tujuannya agar tidak sampai terlambat melunasi tagihannya dan menambah beban keuangan karena harus membayar denda yang jumlahnya bisa sangat mengkhawatirkan.

Selalu ingat kapan waktu atau tanggal jatuh tempo dan bila perlu pasang pengingat atau autodebet untuk membayarnya.

Terkesan sepele memang, tapi beban denda keterlambatan pada pinjaman online berisiko membuat rencana keuangan Anda kacau jika tidak berhati-hati.

Oleh karena itu, usahakan untuk selalu melunasi cicilan pinjaman uang tepat waktu agar terhindar dari kewajiban membayar denda keterlambatan yang mampu membuat beban keuangan semakin menumpuk.

3. Gunakan Dana Menganggur untuk Menutupi Cicilan

Barangkali, Anda mengajukan nominal pinjaman uang lebih banyak daripada yang sebenarnya dibutuhkan. Jangan digunakan untuk memenuhi kebutuhan lain yang tidak perlu atau bahkan konsumtif, lebih baik Anda menyimpan dana sisa tersebut untuk meringankan cicilan agar bisa segera terlunasi.

Dalam beberapa kesempatan, Anda mungkin juga akan memperoleh pendapatan tambahan, seperti dari bonus dari kantor, uang lembur, ataupun gaji ke 13.

Daripada digunakan untuk hal yang tidak produktif dan terkesan konsumtif, jika masih memiliki beban pinjaman uang, tentu akan sangat bijak jika tambahan pendapatan tersebut digunakan untuk melunasi cicilannya lebih cepat.

4. Atur Gaya Hidup yang Lebih Hemat dan Tingkatkan Penghasilan

Seluruh cara melunasi cicilan pinjaman online lebih cepat di atas tentu tidak akan bisa berhasil jika Anda tidak berusaha untuk mengatur gaya hidup agar lebih hemat.

Jika Anda biasanya sering pergi ke restoran atau cafe seminggu sekali, mungkin bisa dikurangi intensitasnya menjadi 2 minggu atau sebulan sekali.

Jika pengeluaran masih banyak digunakan untuk membeli makanan, mulai belajar memasak tentu mampu menekan pengeluaran bulanan secara signifikan.

Jika mengurangi pengeluaran adalah hal yang cenderung sulit untuk dilakukan, menambah pendapatan mungkin menjadi satu-satunya pilihan.

Di kala senggang, jangan ragu untuk mencari pekerjaan sampingan, seperti menjadi freelancer ataupun merintis bisnis kecil-kecilan.

Dengan begitu, keuangan Anda akan menjadi lebih stabil dan mampu melunasi cicilan pinjaman online dengan lebih cepat.

Jangan Biarkan Pinjaman Online Terlalu Lama Membebani Keuangan

Siapa sih yang betah berlama-lama memiliki tanggungan berupa pinjaman atau utang? Setiap dari Anda tentu ingin segera terbebas dari belenggu utang yang terus menggerus keuangan.

Nah, dengan mengaplikasikan tips di atas, setidaknya Anda akan mampu melunasi pinjaman dengan lebih cepat dan segera merasakan hidup yang jauh dari bayang-bayang cicilan dan tagihan di akhir bulan. (flo/jpnn)

 

 


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler