Ini 5 Penyebab Ketiak Berwarna Hitam

Minggu, 06 Oktober 2019 – 04:04 WIB
Kulit ketiak. Foto IST

jpnn.com - Ketiak hitam akibat penggunaan deodoran dapat menurunkan rasa percaya diri Anda. Untuk menjaga ketiak supaya tidak menghitam, Anda harus tahu apa saja yang menyebabkan menjadi hitam.

Penyebab ketiak hitam selain deodoran

BACA JUGA: Ketiak Hitam Akibat Deodoran, Ini Cara Memutihkannya

Selain itu, cara mengatasi ketiak hitam sebenarnya juga bisa dilakukan dengan mengetahui penyebab-penyebab umum selain penggunaan deodoran. Misalnya, seperti:

1. Mencukur rambut ketiak

BACA JUGA: Peluru Masuk dari Ketiak Kiri Randi, Tembus ke Dada Kanan

“Mencukur rambut ketiak bisa menyebabkan kulit ketiak Anda menghitam. Warna hitam ini disebabkan oleh folikel rambut yang berada tepat di bawah permukaan kulit,” jelas dr. Adeline. 

Ketimbang mencukurnya, Anda lebih disarankan untuk melakukan waxing agar rambut ketiak bisa terangkat tuntas sampai ke akar-akarnya dan tidak meninggalkan sisa di bawah permukaan kulit. Akan tetapi, teknik ini tidak boleh dilakukan terlalu sering karena bisa mengakibatkan hiperpigmentasi. 

BACA JUGA: Catat 5 Resep Alami untuk Memutihkan Ketiak

Namun, jika ingin lebih aman dan benar-benar terhindar dari ketiak hitam, Anda bisa mencoba metode laser. Meski biaya yang Anda dikeluarkan akan lebih besar, hasilnya lebih baik.

2. Infeksi Bakteri

Keringat berlebih bisa menjadi penyebab bakteri terjebak di kulit ketiak. Salah satu bakteri yang bisa tinggal di ketiak Anda adalah Corynebacterium minutissimum. 

Selain dapat menyebabkan ketiak hitam, bakteri tersebut juga dapat mencetuskan infeksi kronis pada lapisan kulit yang lebih dalam (eritrasma).

3. Melasma 

Selain timbulnya infeksi bakteri, masalah kulit lainnya yang juga bisa menimpa Anda adalah melasma. 

Melasma merupakan masalah kulit yang cenderung menyerang perempuan ketimbang laki-laki. Kondisi ini terjadi akibat terlalu sering terkena sinar matahari atau perubahan hormon pada masa kehamilan.

4. Obesitas

Bagi Anda yang mengalami obesitas, warna bagian kulit tubuh yang memiliki banyak lipatan seperti ketiak dan selangkangan akan lebih mudah menghitam ketimbang mereka yang tidak obesitas. 

Biasanya, penderita obesitas akan mengalami Acanthosis nigricans, yakni kulit kusam dan menebal yang umumnya berkembang di daerah lipatan tubuh.

5. Penumpukan sel kulit mati

Sel-sel kulit yang mati dapat terbentuk di sekujur tubuh dan terakumulasi di permukaan kulit. Tak terkecuali pada kulit ketiak. Akumulasi sel kulit mati di sekitar ketiak tersebut bisa menjadi alasan dari munculnya warna kulit yang menghitam.

Sebagai solusi, rajin membersihkan kulit badan, termasuk kulit ketiak, bisa mengurangi jumlah sel kulit mati yang menumpuk pada tubuh. Anda juga bisa melakukan scrub tubuh sebanyak dua kali dalam seminggu untuk membasmi sel kulit mati. 

Itulah beberapa penyebab dan cara memutihkan ketiak hitam yang perlu Anda ketahui. Selain akibat penggunaan deodoran yang salah, penyakit seperti infeksi bakteri dan obesitas juga bisa menjadi penyebab lain ketiak hitam. Maka dari itu, jagalah berat badan ideal dan selalu jaga kebersihan tubuh.(MS/RH/klikdokter)


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler