Ini 7 Sumber Air buat Ritual Siraman Gibran dan Selvi

Rabu, 10 Juni 2015 – 10:31 WIB
Keluarga Selvi membawa bejana berisi air dari tujuh sumber. Foto: Natalia Laurens/JPNN.com

jpnn.com - SOLO - Pasangan calon pengantin Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda melakukan ritual siraman, Rabu (10/6) pagi. Air siraman yang dipakai bukan berasal dari sembarang tempat. Melainkan dari tujuh sumber mata air terpilih.

Air tersebut bersumber dari Masjid Agung Surakarta, Ndalem Mloyokusuman, Keraton Kasunanan, Keraton Mangkunegaran, Masjid Mangkunegaran, air Zam-zam, serta sumur kediaman pribadi.

BACA JUGA: Dari Warung Susu Segar hingga Komjen Budi Gunawan

"Ini sumber air untuk dua mempelai harus sama dari satu bokor. Makanya setelah dicampur, dibagi dua. Kami antarkan ke rumah Mas Gibran," ujar anggota keluarga Selvi, Purboyono yang membawa bejana emas berisi air.

Tiga anggota keluarga Selvi membawa kendi itu bergantian di antaranya Purboyono, Heru Haryanto dan Slamet Darsono, menuju kediaman Presiden Joko Widodo yang berjarak kurang dari 200 meter dari rumah kontrakan mempelai perempuan.

BACA JUGA: Penghulu Pun Harus Latihan Rutin Sebelum Nikahkan Gibran-Selvi

Purboyono mengaku tak ada arti khusus dari 7 sumber air yang dipakai untuk siraman calon pengantin. "Menurut adat Jawa memang harus tujuh sumber air," kata Purboyono. (flo/jpnn)

BACA JUGA: Bamsoet: Komisi IV Enak, Bisa Bawa Traktor ke Daerah

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mendagri Minta Daerah Jangan Asal Klaim Jumlah Warga Miskin


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler