Ini 7 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Selama Pandemi, Nomor Terakhir Sering Terlupakan

Rabu, 14 Juli 2021 – 06:10 WIB
Warga berolahraga. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/NZ

jpnn.com - Saat ini menjaga daya tahan tubuh menjadi perhatian utama di tengah situasi pandemi covid-19.

Terutama apabila Anda bekerja di sektor esensial, dan tidak bisa bekerja dari rumah. Daya tahan tubuh yang kuat akan membantu Anda menjalankan kegiatan harian.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: Dokter Louis Ditangkap, Ada yang Aneh, PSBB Anies Lebih Baik dari PPKM Darurat

Berikut ini adalah tujuh tips daya tahan tubuh kuat yang bisa Anda lakukan di tengah pandemi ini.

Tips ini tidak hanya seputar asupan makanan dan suplemen, melainkan gaya hidup yang bisa Anda jalani sehari-hari.

BACA JUGA: 300 Ribu Obat akan Dibagikan Gratis untuk Pasien Covid-19 Bergejala Ringan

1. Makan Teratur

Makan makanan gizi seimbang memang penting, tetapi lebih penting lagi untuk makan dengan teratur. Yaitu makan sesuai dengan jadwal.

BACA JUGA: Spanduk Provokatif Tidak Percaya COVID-19 Bertebaran

Misalnya, karena kesibukan atau malas gerak Anda melewatkan makan siang, atau hanya makan cemilan saat siang.

Hal ini tidaklah sehat karena sistem kekebalan tubuh manusia juga butuh tenaga. Contoh lain misalnya, Anda makan terlalu larut yang mengakibatkan proses pencernaan makanan tidak sempurna.

Buatlah jadwal makan teratur tiga kali sehari. Dengan demikian, proses pencernaan makanan akan menjadi lebih baik.

Jika proses pencernaan berjalan dengan baik, maka tubuh dapat menyerap zat-zat penting dari makanan dengan lebih baik pula.

Zat-zat penting dari makanan, seperti protein dan vitamin, dibutuhkan tubuh untuk meregenerasi sel dan menjaga ketahanan tubuh.

2. Olahraga

Makanan dan suplemen saja tidak cukup. Anda harus berolahraga minimal tiga kali dalam satu minggu. Jenis olahraga yang bisa dilakukan beragam, tidak harus ke pusat kebugaran atau ke luar rumah.

Menurut World Health Organization (WHO), berolahraga teratur bisa memperbaiki daya tahan tubuh, meredakan peradangan, dan mengurangi risiko penyakit berat.

Hal ini karena sel kekebalan tubuh yang biasanya berkumpul pada organ limfoid akan beredar ke seluruh tubuh saat otot-otot berkontraksi. Jadi, kebiasaan berolahraga sangat penting di tengah pandemi.

Salah satu cara olahraga praktis dan efektif adalah mengikuti tutorial di YouTube. Ada banyak tutorial olahraga di rumah di YouTube, baik yang menggunakan alat maupun tidak. Anda pun bisa menentukan jenis latihan apa yang ingin dilakukan.

Pastinya selain dari video gratis di YouTube, Anda juga bisa menggunakan aplikasi olahraga. Aplikasi olahraga ini biasanya digunakan oleh orang yang ingin mencapai tujuan tertentu seperti menurunkan berat badan. Anda akan menerima pengingat sesuai jadwal yang ditentukan.

3. Biasakan Minum Suplemen

Kalau sebelumnya Anda tidak menganggap suplemen itu penting, sekarang cobalah untuk terbiasa mengonsumsi suplemen.

Minimal, Anda minum suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh seperti Imboost atau vitamin C.

Imboost sendiri merupakan obat herbal yang dibuat dari ekstrak tumbuhan. Konsumsi Imboost bertujuan untuk mengurangi gejala flu, batuk, dan pilek. Selain itu, Anda bisa mengonsumsi Imboost untuk menjaga daya tahan tubuh dari virus flu.

Imboost dijual bebas di apotek, toko, dan secara online. Kalau mau lebih hemat, Anda bisa membeli Imboost dengan jumlah banyak sekaligus lewat situs jual beli seperti Blibli.

Kemudian vitamin C berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh, terutama ketika cuaca mulai berubah. Anda bisa membeli vitamin C di apotik atau toko-toko terdekat.

4. Jaga Kesehatan Mental

Rasanya hal ini sering dilewatkan pada artikel-artikel yang membahas tentang imunitas atau daya tahan tubuh.

Depresi atau stres bisa membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit. Hal ini karena hormon stres kortisol bisa mengganggu kekebalan tubuh.

Ketika Anda stres atau depresi, tubuh akan merespons secara fisik. Kerja dari organ seperti otak dan jantung bisa terganggu. Stres berkepanjangan juga membuat seseorang lebih rentan terhadap flu.

Oleh karenanya, Anda harus berusaha menjaga kesehatan mental. Salah satunya dengan melakukan hobi yang positif seperti berkebun, menulis jurnal, bernyanyi, dan lain sebagainya.

Menelepon atau menghubungi teman dan keluarga juga merupakan cara ampuh untuk kurangi stres.

Latihan yang bisa membantu Anda mengurangi stres di antaranya adalah berolahraga. Dengan berolahraga ringan 30 menit sehari, Anda sudah bisa merasakan manfaatnya. Olahraga bermanfaat untuk mengurangi kecemasan, memperbaiki mood, dan menyehatkan fungsi otak.

5. Istirahat yang Cukup

Beristirahat yang cukup bisa menjaga tubuh Anda tetap sehat. Terlalu banyak bekerja dan terlalu banyak istirahat bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Oleh karenanya, istirahat yang cukup merupakan cara terbaik untuk tetap sehat.

Pastikan Anda tidur setidaknya delapan jam dalam sehari. Perlu diingat bahwa sel kulit dan otot beregenerasi saat kita tidur. Jadi beristirahat merupakan cara tubuh kita untuk beregenerasi dengan lebih baik.

6. Vaksin

Selanjutnya untuk menambah daya tahan tubuh terhadap virus, terutama virus Corona, Anda harus menerima vaksin. Hal ini karena vaksin membantu tubuh untuk membentuk kekebalan terhadap virus.

Sistem kekebalan terhadap virus ini penting untuk mencegah akibat fatal saat terserang virus sehingga, Anda tidak akan sakit parah ketika terinfeksi virus. Tentunya setelah vaksin Anda harus tetap menjaga diri agar tidak tertular virus Corona.

Anda bisa melakukan vaksin di Puskesmas atau rumah sakit terdekat. Informasi mengenai vaksin bisa Anda dapatkan lewat internet atau aplikasi kesehatan.

7. Jaga Kebersihan

Sudah bukan rahasia bahwa menjaga kebersihan dapat melindungi Anda dari penyakit. Selain itu, mood juga lebih baik jika tempat tinggal Anda bersih.

Kebersihan yang harus dijaga adalah kebersihan diri dan lingkungan. Dalam rangka menjaga kebersihan diri, salah satu hal yang bisa dilakukan adalah mencuci tangan. Terutama ketika hendak makan, bekerja, serta ketika baru sampai rumah.

Selanjutnya adalah kebersihan lingkungan atau tempat tinggal. Bersihkan rumah setiap hari, dan seminggu sekali lakukan deep cleaning.

Melakukan deep cleaning artinya Anda membersihkan rumah lebih detail lagi dari biasanya. Anda bisa menemukan daftar urutan deep cleaning di media sosial seperti Pinterest dan Instagram.

Bila Anda melakukan 7 hal ini, maka daya tahan tubuh akan meningkat sehingga risiko Anda sakit akibat virus atau bakteri menjadi sangat kecil. (flo/jpnn)

Simak! Video Pilihan Redaksi:


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler