Ini 8 Rekomendasi Software HRD Terbaik untuk Perusahaan

Senin, 20 September 2021 – 13:41 WIB
Ilustrasi sistem software HRD. Foto: dok Talenta

jpnn.com - Software HRD harus yang terbaik sehingga mampu mendukung performa dan kinerja karyawan dalam sistem. Tidaklah mudah dalam memilih software yang terbaik di pasaran.

Seiring berkembangnya teknologi, persaingan dunia software HRD pun semakin ketat. Hal tersebut menimbulkan berbagai macam produk software HRD yang beredar di pasaran. 

BACA JUGA: BPJamsostek Kembali Gelar Sosialisasi Program untuk Para HRD Perusahaan

Banyak yang menawarkan fitur sangat menarik dengan harga yang bersaing pula.

Biasanya sebelum memutuskan untuk menggunakan sistem yang didukung oleh software HRD terbaik perlu dilakukan survei mendalam terhadap produk yang tersedia di pasaran. 

BACA JUGA: Kemensos Pakai Software untuk Minimalisir Penyimpangan Bantuan Sosial

Berikut terdapat beberapa di antara software HRD terbaik yang bisa dijadikan referensi untuk digunakan di perusahaan:

 

BACA JUGA: Multipolar Technology Dorong Penerapan Software-Defined Storage

1. Talenta by Mekari

Talenta by Mekari merupakan salah satu penyedia software HRD terbaik yang bisa digunakan dalam keperluan pengelolaan karyawan sehari-hari.

Software ini mendukung penuh terhadap proses pengelolaan karyawan yang dibutuhkan perusahaan.

Software HRD dari Talenta by Mekari menawarkan berbagai fitur yang dibutuhkan perusahaan dalam meningkatkan performa karyawan melalui sistem HRD yang baik.

Fitur-fitur tersebut pun sangat mudah dalam penggunaannya tanpa usaha yang berat dalam mempelajarinya.

Talenta by Mekari memberikan fitur yang mendukung kinerja HRD dengan cepat, akurat, efektif, dan efisien dalam mengelola karyawan.

Selain itu software yang terdapat di dalamnya juga memberikan hasil yang signifikan terhadap produktivitas karyawan.

Software HRD yang terdapat pada Talenta by Mekari telah berbasis pada software HRIS. Hal tersebut tentunya akan memudahkan penggunanya dalam mengelola karyawan.

Tidak hanya itu, karyawan dan perusahaan akan mampu saling memberikan umpan balik yang signifikan karenanya.

Dengan adanya software HRIS yang terintegrasi pada software HRD pada Talenta by Mekari, maka besar kemungkinannya dalam mengurangi mitigasi resiko kesalahan yang kerap terjadi saat penggunaan pengelolaan karyawan secara manual.

Satu hal yang paling penting dalam penggunaan software HRD Talenta by Mekari yaitu mengenai jaminan keamanan data penggunanya.

Mengingat hal tersebut sangat beresiko mendapatkan serangan tak terduga, sistem keamanan yang ditawarkan vendor ini sudah tidak diragukan lagi keamanannya.

 

2. Arcoro

Arcoro merupakan salah satu platform penyedia software HRD terbaik dalam mendukung kinerja mengelola karyawan.

Arcoro dulunya bernama BirdDogHR yang kemudian berganti nama pada 2020.

Meskipun terjadi pergantian nama, tetapi fitur-fitur yang ditawarkan Arcoro sama dengan BirdDogHR.

Hanya saja kali ini mereka membawakan software HRD dengan platform terbaru mengikuti perkembangan teknologi yang berkembang pesat di pasaran.

Arcoro menawarkan berbagai fitur yang mudah dipahami dan diterapkan. Meskipun bagi pemula, tidaklah sulit dalam melakukan penerapan software HR ini.

Software ini fokus terhadap pengembangan sumber daya manusia mulai dari rekrutmen hingga pelatihan-pelatihan tertentu.

Arcoro memberikan penawaran menyeluruh mengenai proses rekrutmen dengan keunikan yang tersedia pada software HRD mereka.

Tidak hanya itu, software ini juga memberikan pantauan khusus sehingga mampu membentuk talent-talent dengan kualitas unggul.

Selain itu, software HRD yang terdapat pada Arcoro juga memberikan solusi yang sederhana dalam menyelesaikan permasalahan yang timbul dalam kompleksitas pekerjaan HRD yang cukup rumit.

Hal tersebut tentunya akan memberi dampak yang signifikan terhadap rendahnya turnover karyawan, peningkatan performa dan produktivitas, dan juga meningkatkan keuntungan bisnis dalam jangka waktu yang lama.

 

3. Kronos Workforce Ready

Kronos Workforce Ready merupakan salah satu penyedia software terbaik dalam melakukan pengelolaan karyawan.

Melalui tipe software yang selalu diperbarui kemutakhirannya secara periodik membuat platform ini lebih banyak disukai para pelaku bisnis.

Kronos Workforce Ready menawarkan berbagai fitur yang tidak kalah saing dengan berbagai platform yang sama di kelasnya.

Software HRD yang ditawarkan pun lebih beragam dengan menggunakan program software HRIS yang terintegrasi secara menyeluruh.

Kronos Workforce Ready juga menyediakan fitur di mana supervisor dengan mudah melakukan review dengan cepat dan akurat.

Melalui menu tesebut, supervisor tidak lagi membutuhkan banyak waktu dalam membuat laporan kinerja timnya.

Fitur-fitur yang disajikan pada software HRD oleh Kronos Workforce Ready dengan akses yang mudah berbasis cloud.

Tentunya fitur tersebut akan memudahkan karyawan dalam mengaksesnya di manapun dan kapanpun mereka berada.

Kronos Workforce Ready menawarkan harga yang bisa dikatakan lebih rendah dibanding platform penyedia software HRD lainnya.

Meskipun demikian, fitur yang ditawarkan juga memiliki daya saing yang mumpuni dalam penggunaannya.

Hal itulah yang membuat para pelaku bisnis memilih menggunakan software HRD dari Kronos. Tidak hanya memberikan berbagai manfaat dalam produktivitas karyawan, tetapi juga berperan penting dalam penekanan biaya operasional yang sulit ditekan.

 

4. BambooHR

BambooHr merupakan salah satu penyedia software HRD terbaik yang ada dipasaran sejak bertahun-tahun yang lalu.

Melalui optimalisasi manajemen karyawan yang tepat sasaran, vendor ini memberikan kuasa penuh terhadap evaluasi karyawannya.

Dalam kaitannya dengan manajemen karyawan, software HRD yang terdapat pada BambooHR bisa dikatakan lebih sederhana dibandingkan vendor lainnya.

Mengapa? Tentu saja karena software ini lebih fokus dalam peningkatan performa manajemen karyawan.

Dengan adanya fokus yang terpusat pada satu aplikasi, maka penggunaan software HRD pada BambooHR pun menjadi lebih mudah. Tidak akan ditemui sesuatu yang kompleks dan rumit dalam penggunaan aplikasi ini.

Selain itu, dalam penerapannya, software HRD pada BambooHR juga dilengkapi kemudahan aksesibilitas. Hal tersebut memungkinkan pengguna menginstal aplikasi pada smartphone mereka untuk memudahkan penggunaannya.

 

5. Deputy

Deputy merupakan salah satu penyedia software HRD terbaik di kelasnya yang menawarkan berbagai fitur dalam mengelola karyawan.

Deputy telah terbukti digunakan oleh lebih dari 250.000 pengguna sampai dengan saat ini.

Hal tersebut membuktikan bahwa platform penyedia software HRD ini tidak dapat diragukan lagi kualitasnya.

Dalam menjalankan program sistem HRD yang berlaku di perusahaan, Deputy fokus terhadap pengelolaan karyawan yang baik demi terciptanya produktivitas.

Semakin produktif karyawan maka akan mempengaruhi keuntungan perusahaan bukan? Untuk itulah Deputy lebih fokus dalam memberikan kebutuhan karyawan dalam meningkatkan performa dan produktivitas mereka.

Selain itu, Deputy juga memiliki jaminan track record yang baik untuk penggunanya. Hal tersebut tentunya akan memudahkan perusahaan dalam memantau kinerja karyawannya.

Melalui keakuratan data baik dari kehadiran, tunjangan, maupun kebutuhan lainnya pada satu aplikasi.

Dengan adanya keakuratan data yang terekam di dalam software HRD yang ada pada Deputy, akan sangat memudahkan perusahaan dalam memberikan review dan performa karyawannya.

Hal tersebut tentunya akan memberikan dampak yang positif dalam usaha perusahaan menciptakan karyawan yang lebih produktif.

 

6. Gusto

Gusto merupakan salah satu penyedia layanan software HRD terbaik dalam urusan manajemen karyawan. Dalam menjalankan proses pengelolaan karyawan, Gusto memiliki motto bahwa bisnis yang sukses berawal dari tim yang sukses.

Itulah mengapa Gusto lebih fokus pada pengembangan karyawan dengan memberikan dukungan penuh terhadap kebutuhan karyawan.

Melalui software HRD yang dikembangkan Gusto, kebutuhan karyawan yang paling mendasar seperti gaji dan tunjangan kesehatan menjadi prioritas utama.

Gusto menawarkan berbagai fitur yang mendukung prioritas kebutuhan karyawan melalui layanan full-service payroll, tunjangan medis, rekam jejak kehadiran secara real-time, dan juga manajemen keuangan karyawan.

Dengan dibantu penggunaan sistem HRD yang diakui keunggulannya, membuat Gusto mampu bersaing di pasaran sebanding dengan penyedia software HRD lainnya.

 

7. SAP

SAP merupakan salah satu penyedia software HRD terbaik dalam hal pengelolaan karyawan. Sap menyajikan berbagai kemudahan fitur yang berfungsi untuk menciptakan keuntungan perusahaan dalam dunia bisnis melalui kesuksesan karyawannya.

SAP memiliki keunggulan pada fitur self-service dengan menggunakan cloud sistem yang dapat diakses di manapun dan kapanpun mereka inginkan.

Dengan adanya fitur ini, karyawan tidak perlu lagi membuang waktunya untuk menemui HRD terkait jumlah kehadiran, slip gaji, maupun sisa cuti.

SAP telah dilengkapi dengan sistem HRIS yang terintegrasi dengan sempurna pada proses pengelolaan karyawan.

Hal ini tentunya akan memudahkan penggunaan software HRD di dalamnya dalam menganalisa kebutuhan karyawan.

Dengan adanya analisa yang tepat dan akurat pada SAP, maka akan memberikan dampak yang signifikan terhadap kinerja karyawan.

Mereka akan mendapatkan apa yang telah kerjakan sesuai dengan kinerja yang tertera dalam rekam jejak sistem HRD.

Keunggulan fitur SAP tersebut telah terbukti memberikan dampak yang signifikan terhadap peningkatan kinerja dan produktivitas melalui sistem transparansi yang tersedia.

Dengan demikian, maka tidak akan ada lagi keluhan yang tidak berdasar yang diajukan pada perusahaan lagi kedepannya.

 

8. Zenefits

Zenefits merupakan salah satu platform penyedia software HRD terbaik yang berfokus pada keuntungan yang diperoleh karyawan.

Hal tersebut tentunya berdampak terhadap keuntungan perusahaan. Hanya saja penggunaannya tidak dapat diakses sepenuhnya melalui smartphone app.

Meskipun demikian, Zenefits memberikan berbagai fitur yang mampu memberikan perencanaan bisnis dalam rangka meningkatkan produktivitas karyawan.

Dengan adanya fitur tersebut akan memperkuat jaringan bisnis karyawan yang tidak hanya terfokus dalam kotak perusahaannya.

Memiliki skala yang lebih luas, Zenefits memberikan peluang-peluang yang dapat dimanfaatkan penerapannya pada karyawan. Hal tersebut tentunya sangat berguna dalam meningkatkan kinerja karyawan.

Tidak bisa dipungkiri, dengan adanya fitur pada Zenefits yang fokus terhadap analisa peluang-peluang pengembangan karyawan menjadikan karyawan lebih produktif. Hal itu tentunya akan memberikan kemudahan fleksibilitas bagi karyawannya.

Zenefits hadir dengan harga yang bisa dikatakan lebih kompetitif dibandingkan platform penyedia software HRD lainnya. Dengan berbagai fitur yang ditawarkan platform ini, membuat banyak pelaku bisnis memilih menggunakan software HRD dari Zenefits.

Nah, itulah beberapa penyedia software HRD terbaik yang dapat dimanfaatkan dalam melakukan kelola karyawan di perusahaan.

Beberapa di antaranya lebih fokus terhadap pengembangan karyawan yang memberikan dampak yang signifikan terhadap kinerja dan performa karyawan.

Apabila kinerja dan performa karyawan meningkat, maka secara tidak langsung keuntungan perusahaan pun meningkat. Hal tersebut sejalan dengan terpenuhinya kebutuhan pokok karyawan di perusahaan.

Dengan demikian karyawan mampu memberikan inovasi yang lebih terhadap keuntungan perusahaan.

Melalui optimalisasi penggunaan software HRD terbaik akan sangat membantu perusahaan meraih visi dan misinya sejalan dengan cita-cita perusahaan melalui pengelolaan karyawan yang baik. (flo/jpnn)

 


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler