Ini Alasan CFD Diselenggarakan Saat May Day

Jumat, 01 Mei 2015 – 09:14 WIB

jpnn.com - JAKARTA - Car Free Day (CFD) atau hari bebas kendaraan bermotor dilaksanakan pada saat peringatan Hari Buruh‎ atau May Day yang jatuh pada tanggal 1 Mei. CFD dilaksanakan mulai pukul 06.00-13.00 WIB.

"Iya akan ada penutupan jalan seperti halnya CFD dan ini diperuntukkan untuk kegiatan May Day. ‎Pemberlakuannya dari pukul 06.00-13.00 WIB," kata Kepala Seksi Pembina Pengguna Lalu Lintas Angkutan Jalan Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta Yayat Sudrajat kepada JPNN.com, Kamis malam (30/4).

BACA JUGA: Ribuan Buruh Turun ke Jalan, DPR Minta Polri Maksimal Mengamankan Hari Buruh

Biasanya CFD hanya berlangsung dari ‎pukul 06.00-11.00 WIB. Namun, pelaksanaannya pada saat May Day diperpanjang karena buruh melaksanakan salat Jum'at berjamaah. 

"Dimulai dari pukul 06.00-13.00 WIB yang berbeda dari hari bebas kendaraan bermotor yang setiap minggu diadakan. Informasinya para buruh‎ akan juga melaksanakan salat jum'at berjamaah, makanya waktunya hingga jam 13.00 WIB," ucap Yayat. 

BACA JUGA: Kabareskrim Beberkan Alasan Penangkapan Novel Baswedan

‎Dia menjelaskan, penyelenggaraan CFD pada saat May Day dikhususkan untuk buruh‎ yang melakukan unjuk rasa. "Diberlakukan bebas kendaraan bermotor memang dikhususkan untuk perayaan buruh yang akan melakukan aksi unjuk rasa, makanya untuk menjaga keamanan, kelancaran, dan ketertiban diberlakukan CFD," ujarnya.

Yayat menyatakan, banyak masyarakat yang menelepon terkait penyelenggaraan CFD pada saat

BACA JUGA: Novel Ditahan, Satu Pimpinan KPK Dipastikan Ajukan Pengunduran Diri ke Presiden

May Day. Mereka menanyakan kepastian adanya CFD dan akan melakukan olahraga. Namun, dia menyarankan, agar masyarakat berolahraga pada saat pelaksanaan CFD hari Minggu saja.

"Karena banyak buruh yang akan melakukan aksi unjuk rasa dan CFD diberlakukan untuk itu. Hari Minggu tetap dilaksanakan hari bebas kendaraan bermotor seperti biasanya," tandas Yayat. (gil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kabareskrim: Apa Sih Hebatnya Novel Baswedan?


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler