Ini Cara Mengatasi Rasa Sakit pada Miss V

Selasa, 24 Maret 2015 – 08:38 WIB
Ini Cara Mengatasi Rasa Sakit pada Miss V. Foto: ilustrasi

jpnn.com - VULVODYNIA adalah suatu keadaan ketidaknyamanan didaerah vulva berupa rasa sensasi nyeri terbakar tanpa terlihat adanya kelainan atau gangguan pada persyarafan atau neurologi.

Bahkan, menurut sebuah studi di American Journal of Obstetri dan Ginekologi, 25 persen wanita mengalami nyeri vulva di beberapa titik dalam hidup mereka namun hanya sekitar 2 persen mencari pengobatan.

BACA JUGA: Kaki Tangan Lemas, Sulit Genggam Barang, Itu Tanda Penyakit MG

Meskipun vulvodynia sulit untuk diobati karena tidak ada penyebab yang dapat diidentifikasi, ada banyak perawatan yang tersedia.

1. Terapi fisik

BACA JUGA: Ini Tips Memilih Bra Agar Payudara Sehat

"Meskipun tidak ada penyebab vulvodynia, ada banyak faktor yang berkontribusi yang bervariasi dari wanita satu ke wanita lainnya," kata terapis fisik, Dr. Sydney Osborne, seperti dilansir laman Fox News, Selasa (24/3).

Misalnya, cedera pada saraf pudenda saat melahirkan, operasi ataupun cedera olahraga.

BACA JUGA: Tips Atasi Stres Akibat Pekerjaan

Seorang ahli terapi fisik mungkin akan bertanya tentang seluruh riwayat kesehatan Anda untuk memahami faktor-faktor potensial, melakukan penilaian postural dan struktural untuk melihat keselarasan dan semua jaringan yang terlibat, melakukan ujian untuk mengidentifikasi di mana rasa sakit dan menentukan apakah ada kelemahan dasar panggul.

Ada beberapa teknik terapi fisik yang digunakan. Beberapa termasuk mobilisasi sendi, memicu pelepasan rasa sakit, USG, mobilisasi jaringan lunak, terapi manual yang sangat membantu untuk masalah nyeri saraf.

2. Obat

" Obat topikal dapat membantu tapi mereka tidak ideal karena mereka hanya mengatasi gejala dan tidak mengatasi sumber rasa sakit," kata urologi Dr Antonio Pizarro.

Plus, obat-obat ini hanya bersifat sementara, yang berlangsung hanya beberapa jam. Mereka juga dapat menyebabkan efek samping di bagian lain dari tubuh Anda.

3. Pengobatan untuk sumber nyeri

Kondisi tertentu seperti fibromyalgia dan depresi, stres kronis, trauma dari melahirkan atau operasi reproduksi, serta kekerasan fisik dan emosional, semua dapat meningkatkan respon nyeri dan harus ditangani dengan dokter atau praktisi kesehatan.

4. Akupunktur

Menurut sebuah penelitian terbaru di Journal of Sexual Medicine, akupunktur mungkin efektif dalam membantu untuk mengurangi rasa sakit vulvodynia dan meningkatkan fungsi seksual.

5. Biofeedback

Jika otot-otot dasar panggul yang ketat dan lemah karena mereka bereaksi terhadap rasa sakit kronis, biofeedback dapat bekerja untuk memperpanjang dasar panggul. Elektroda internal mengukur aktivitas otot dasar panggul, kemudia wanita diajarkan untuk bersantai dan memperkuat dasar panggul mereka.

6. TENS

TENS (transcutaneous electrical nerve stimulation atau stimulasi saraf transkutan listrik) merupakan stimulasi listrik yang dapat membantu mengatasi siklus nyeri kronis akibat penembakan sistem saraf yang terlalu berlebihan.(fny/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Setelah Serangan Jantung, Wanita Lebih Stres Ketimbang Pria


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler