Ini Cara Mudah Menurunkan Tekanan Darah

Sabtu, 02 Juli 2016 – 06:05 WIB
ILUSTRASI. FOTO: Laman Prevention

jpnn.com - Tekanan darah tinggi adalah keadaan di mana tekanan darah meningkat secara kronis dalam jangka waktu yang lama. Disebabkan karena pembuluh darah menyempit dan timbul tumpukan-tumpukan lemak serta zat-zat lain yang merugikan tubuh.

Cara mudah untuk mengetahui tekanan darah tinggi dengan memeriksa darah atau kontrol darah ke dokter dengan menggunakan alat yang dinamakan tensimeter.

BACA JUGA: Kabar Baik Untuk Anda Yang Suka Berlari

Namun ada juga cara alami untuk menurunkan tekanan darah tinggi, seperti dilansir laman Prevention, Minggu (27/6).

1. Mendapatkan sinar matahari

BACA JUGA: Ini Lho Manfaat Wortel untuk Kesehatan

Dalam sebuah studi baru, para peneliti di University of Edinburgh menemukan bahwa orang yang terpapar sinar UV mengalami penurunan yang signifikan dalam tekanan darah bahkan sebelum produksi vitamin D.

Sunlight mengubah nitrat yang disimpan di kulit Anda menjadi oksida nitrat, sebuah senyawa yang membantu melebarkan pembuluh darah Anda.

BACA JUGA: Guys! Jangan Takut Makan Alpukat

2. Kunjungi kebun binatang

Anda tidak perlu untuk mengadopsi anak anjing untuk menikmati manfaat penurunan tekanan darah. Ketika orang-orang dalam studi Jepang mengunjungi kebun binatang, tekanan darah sistolik mereka (angka atas) turun 6 persen dan diastolik mereka (angka bawah) mengalami penurunan sebesar 8 persen. Mengapa bisa begitu?

Mengamati hewan membangun sistem saraf parasimpatis, yang menurunkan tekanan darah Anda dan membantu mengatasi lonjakan adrenalin yang disebabkan oleh stres.

3. Lakukan meditasi

Karyawan yang bermeditasi di kursi kantor mereka hanya 15 menit menunjukkan penurunan yang signifikan pada tekanan darah mereka, menurut sebuah studi terbaru dari Australia.

4. Peluk suami Anda

Cinta benar-benar adalah obat. Wanita yang sering memeluk pasangan mereka cenderung memiliki tekanan darah lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang single.

Manfaat mungkin berasal dari hormon ikatan oksitosin yang tidak hanya membantu Anda merasa tenang, tetapi juga bisa meredam aktivitas sistem saraf simpatik di jantung dan pembuluh darah Anda.

5. Menari

Sebuah studi baru di Belanda Heart Journal menemukan bahwa musisi memiliki tekanan darah lebih rendah dibandingkan non-musisi, mungkin karena memainkan alat musik adalah sama seperti olahraga.

Satu teori: Musik bisa meningkatkan pelepasan dopamin di otak dan menyebabkan penurunan tekanan darah.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Merokok Selama Hamil, Akibatkan Bayi Idap Skizofrenia


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler