Ini Lho Manfaat Wortel untuk Kesehatan

Sabtu, 02 Juli 2016 – 02:40 WIB
ILUSTRASI. FOTO: Laman Care2

jpnn.com - Wortel memiliki banyak kandungan gizi serta nutrisi sangat tinggi dan kita semua sering kita makan wortel kadang sebagai cemilan, tapi kita tidak tahu akan kandungan didalamnya.

Wortel yang biasa disajikan sebagai sayuran juga bisa dibuat minuman juice yang memiliki kandungan vitamin A dan C dan beberapa zat gizi lainnya. Wortel sangat bagus sekali untuk kesehatan terutama untuk mencegah sekaligus mengobati berbagai jenis penyakit.

BACA JUGA: Guys! Jangan Takut Makan Alpukat

Berikut ini adalah beberapa manfaat wortel untuk kesehatan tubuh, seperti dilansir laman Care2, Minggu (26/6).

1. Meningkatkan Gizi

BACA JUGA: Merokok Selama Hamil, Akibatkan Bayi Idap Skizofrenia

Wortel kaya akan beta-karoten yang diubah menjadi vitamin A dalam hati. Vitamin A ditransformasikan dalam retina, untuk rhodopsin, pigmen ungu yang diperlukan untuk penglihatan malam.

Beta-karoten juga mampu untuk melindungi terhadap degenerasi makula dan katarak senilis. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang makan dalam jumlah besar beta-karoten memiliki risiko 40 persen lebih rendah dari degenerasi makula daripada mereka yang mengonsumsi sedikit.

BACA JUGA: Jangan Ambil Keputusan Saat Perut Lapar

2. Membantu mencegah kanker

Penelitian telah menunjukkan wortel mengurangi risiko kanker paru-paru, kanker payudara dan kanker usus besar.

Falcarinol adalah pestisida alami yang dihasilkan oleh wortel yang melindungi akar dari penyakit jamur. Wortel adalah salah satu-satunya sumber umum dari senyawa ini.

3. Memperlambat penuaan

Tingginya tingkat beta-karoten dalam wortel bertindak sebagai antioksidan untuk kerusakan sel yang dilakukan tubuh melalui metabolisme biasa. Ini membantu memperlambat penuaan sel.

4. Meningkatkan kulit yang lebih sehat

Vitamin A dan antioksidan melindungi kulit dari kerusakan akibat matahari. Kekurangan vitamin A menyebabkan kekeringan pada kulit, rambut dan kuku. Vitamin A mencegah kerutan dini, jerawat, kulit kering, pigmentasi, noda dan warna kulit tidak merata.

5. Membantu mencegah infeksi

Wortel dikenal untuk mencegah infeksi. Mereka bisa digunakan pada luka.

6. Meningkatkan kulit yang lebih sehat (dari luar)

Wortel digunakan sebagai masker wajah yang murah dan sangat nyaman. Hanya campurkan wortel parut dengan sedikit madu maka kulit Anda akan terlihat lebih cerah.

7. Mencegah penyakit jantung

Studi menunjukkan bahwa diet tinggi karotenoid berhubungan dengan rendahnya risiko penyakit jantung. Wortel tidak hanya mengandung beta-karoten, tetapi juga alpha-karoten dan lutein.

Konsumsi wortel secara teratur juga mengurangi kadar kolesterol karena serat larut dalam wortel mengikat dengan asam empedu.

8. Membersihkan tubuh

Vitamin A membantu hati dalam membilas racun dari tubuh. Ini mengurangi empedu dan lemak di hati. Serat hadir dalam wortel membantu membersihkan usus besar dan mempercepat gerakan limbah.

9. Melindungi gigi dan gusi

Wortel membersihkan gigi dan mulut. Mereka mengikis plak dan partikel makanan seperti sikat gigi atau pasta gigi. Wortel merangsang gusi dan memicu banyak air liur menjadi alkali dan mencegah pembentukan bakteri asam rongga. Mineral dalam wortel mencegah kerusakan gigi.

10. Mencegah stroke

Dari semua manfaat di atas itu tidak mengherankan bahwa dalam sebuah penelitian Harvard University, orang yang makan lima atau lebih wortel seminggu cenderung beresiko rendah untuk menderita stroke daripada mereka yang makan hanya satu wortel sebulan atau kurang.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Enam Makanan Ini Baik Untuk Penderita Diabetes


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler