Ini Cara Polri Mewujudkan Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi COVID-19

Kamis, 25 Juni 2020 – 19:49 WIB
Salah satu upaya Polri untuk mencegah krisis pangan di tengah pandemi virus corona. Foto: Dok Humas Polri.

jpnn.com, JAKARTA - Selama pandemi COVID-19 yang berlangsung selama beberapa bulan ini, Indonesia dihantui oleh krisis pangan. 

Untuk itu, pemerintah termasuk Polri melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi agar tidak terjadi krisis pangan.

BACA JUGA: PDIP Gelorakan Kemandirian Pangan di Tengah Pandemi Corona

Salah satunya dengan memanfaatkan lahan tidur menjadi produktif dengan menanami padi, sayur-sayuran hingga beni ikan di lahan yang sebelumnya tidak digunakan.

Contoh nyatanya di Kelurahan Ciganjur, Jakarta Selatan. Warga bersama anggota Bhabinkamtibmas memanfaatkan lahan kosong untuk dikelola dan ditanami aneka tanaman sayur-sayuran dan sejenisnya baik secara alami maupun hidroponik.

BACA JUGA: Yuk Belajar Menanam Tanaman Hidroponik, Ini Caranya

Selain pupuk, warga juga mendapat langsung bantuan 4.500 bibit tanaman sehingga mampu meningkatkan produksi tanaman.

Lalu, di wilayah hukum Polres Indramayu, Jawa Barat, warga membudidayakan ikan lele di Kelurahan Kandanghaur. Budidaya tersebut dilakukan di atas lahan 30 hektare yang terbagi ke dalam 200 petak.

BACA JUGA: 5 Berita Terpopuler: GNPF Cari yang Mengaku Aku Pancasila, Ancaman Ganjar, Bendera PDIP Dibakar

Masing-masing petak berukuran sekitar 25 x 15 meter. Dari satu petak tersebut bisa menghasilkan ikan sebanyak 3 ton.

Di Majalengka, Jawa Barat seluruh jajaran polsek membuat inovasi membudidayakan lele dan kangkung dalam ember. Program tersebut berjalan sejak Maret lalu.

Belum lama ini, Kapolres Majalengka AKBP Bismo Teguh bersama muspida dan tokoh masyarakat setempat menuai hasilnya dengan panen bersama. Program ini disambut baik masyarakat karena hasil panen tersebut dapat dinikmati bersama.

Di Belitung Timur (Beltim), Provinsi Bangka Belitung polisi setempat menyulap lahan tidur seluas 2 hektare ditanami singkong dan jagung.

Langkah konkret lainnya dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan, anggota Polsek Kuta Malaka, Aceh Besar turun kesawah serentak bersama para petani untuk melakukan penanaman bibit padi.

Lalu, Polres Kuningan, Jawa Barat dan Kodim 0615/Kuningan juga melakukan pembinaan.

Hal ini terlihat saat panen raya jenis sayur mayur seperti tomat dan sawi di Desa Karangsari, Kecamatan Darma belum lama ini.

Tak hanya jenis sayuran, dalam kesempatan ini juga dilakukan panen ikan air tawar di Desa Bakom, Kecamatan Darma.

Kemudian Polres Jakarta Utara juga menggelar kegiatan “Polri Siap Meningkatkan Ketahanan Pangan.” Kegiatan itu berupa tanam padi (tandur) di sawah yang saat ini sudah memasuki musim tanam.

Lokasi persawahan berada di Kampung Malaka RT 012 RW 006 Kelurahan Rorotan Kecamatan Cilincing dengan luas lahan satu hektare.

Di Kabupaten Pelalawan, Riau juga demikian. Lahan yang sudah tersedia seluas 13 hektare.

Di wilayah itu, masyarakat menanam palawija dan sayuran yang membutuh waktu dua bulan panen. Jangka waktu itu dinilai efektif memenuhi kebutuhan dapur jika Covid-19 tak kunjung berakhir.

Masyarakat tinggal mengolah lahan karena bibit, alat tani dan pupuk sudah disediakan. Bagi kelompok tani yang suka perikanan juga disediakan beberapa kolam dan bantuan bibit.

Ada bibit cabai rawit, jagung manis, kangkung, sawi, bayam, timun, ikan lele, nila dan patin.

Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono menyampaikan, program ketahanan pangan nasional ini sudah berjalan sejak Maret 2020 lalu. Dimana 34 Polda dan 500 Polres di seluruh Indonesia telah menyiapkan strateginya masing-masing guna mendorong keterlibatan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangannya.

"Ini merupakan bagian dari upaya Polri untuk ikut serta mendukung program ketahanan pangan nasional yang di gagas pemerintah, sehingga kebutuhan dasar sehari- hari masyarakat dapat terpenuhi seperti sayur, ikan dan sebagainya,” ujar Argo, Kamis (25/6). (cuy/jpnn)

 

Video Terpopuler Hari ini:


Redaktur & Reporter : Elfany Kurniawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler