Ini Hasil Kunjungan Kerja Gubernur NTB ke Polandia

Senin, 10 Desember 2018 – 19:00 WIB
Gubernur NTB Zulkieflimansyah dan Marshal Kujawsko-Pomorskie Piotr Calbecki. Foto: Ist

jpnn.com - Kunjungan kerja Gubernur NTB Zulkieflimansyah beserta rombongan ke Polandia dan Republik Ceko berbuah sejumlah kesepakatan kerja sama bidang pendidikan dan pemerintahan.

Pada agenda kunjungan pertama, Selasa (4/12), Pemprov NTB sukses menjalin kerja sama dengan Pemprov Kujawsko-Promorskie. Kerja sama dua provinsi akan diwujudkan dalam investasi dan bisnis, beasiswa pendidikan, pertukaran pelajar dan pekerja, seni dan kebudayaan hingga pelajaran musik.

BACA JUGA: NTB Jajaki Kerja Sama dengan Provinsi Kujawsko-Pomorskie

"NTB memiliki banyak potensi sebagaimana Polandia, khususnya Provinsi Kujawsko-Pomorskie, mulai dari destinasi wisata desa kuno sebagaimana desa-desa adat di Lombok dan Sumbawa, hingga sektor pertanian dan bioenergi," tutur Zul saat memberikan sambutan di depan tuan rumah.

Dalam sambutannya, Gubernur Piotr Calbecki mengatakan, kunjungan Pemprov NTB menjadi momen tak ternilai. Dia juga berharap semua kerja sama yang telah disepakati dapat berjalan dengan lancar.

BACA JUGA: Bangkit Pascagempa, NTB Tambah Rute Penerbangan LN ke Lombok

"Kami sangat senang akhirnya bisa bertemu di sini. Selama ini hanya beberapa dari kami yang pernah mengunjungi NTB, sebagai turis maupun dalam kunjungan resmi dinas. Kami sangat terbuka menerima para calon mahasiswa atau yang Bapak Gubernur Zul sebutkan sebagai "para calon pemimpin masa depan Indonesia" di kampus kebanggaan kami." kata Gubernur Piotr.

Dalam pembicaraan yang berlangsung hangat dan akrab, Gubernur Piotr Calbecki mengungkapkan bahwa dirinya siap mengundang empat anak muda terbaik NTB untuk magang di kantornya selama satu bulan. Gubernur Calbecki juga menawarkan undangan kepada guru-guru SD dari NTB untuk datang untuk menyaksikan metode belajar mengajar di wilayahya.

BACA JUGA: Begini Respons Gubernur NTB dan Istri atas Kasus Baiq Nuril

Di bidang seni budaya, undangan juga terbuka bagi komunitas seniman maupun budayawan NTB untuk menggelar acara seni budaya di Polandia. Sementara karena Torun sangat terkenal atas pianis-pianis tingkat dunia, maka Gubernur Calbecki mengajak para pianis NTB untuk belajar di Torun.

Pada Rabu (5/12), rombongan berkunjung ke kampus Warsaw University of Life Sciences (SGGW-WULS). Pada kesempatan itu, terjalin kesepakatan terkait penerimaan beasiswa S2 jurusan teknik sipil dan teknik lingkungan untuk putra putri NTB.

Pada tahap pertama, akan diberangkatkan 20-25 mahasiswa pada Desember 2018. Sedangkan pada 2019, akan lebih banyak lagi jurusan dan kuota beasiswa yang dibuka oleh Warsaw University of Life Sciences.

“Kami sangat senang jika mahasiswa di NTB bisa kuliah di sini. Kami punya fasilitas sangat lengkap yang mendukung proses perkuliahan di sini, dengan dosen-dosen yang luar biasa,” jelas Wakil Rektor Michal Zasada.

Agenda berlanjut dengan pertemuan bersama perwakilan Warsaw University of Technology di kawasan Kota Tua Warsawa. Buah manis pertemuan ini adalah bahwa mulai Maret 2019, Pemprov NTB akan memberangkatkan masing-masing 3 orang wakil dari Kabupaten/Kota di NTB utk belajar serius tentang zero waste management. Mereka juga akan magang dua pekan di perusahaan-perusahaan Polandia yang sukses dalam pengelolaan sampah atau limbah.

Kerja sama bidang pendidikan dengan sejumlah kampus di Polandia dan Republik Ceko, adalah upaya untuk mewujudkan program 1000 Beasiswa S2 yang merupakan janji pasangan Zulkieflimansyah - Sitti Rohmi Djalilah. Tidak tertutup kemungkinan, beasiswa pendidikan juga meluas ke tingkat diploma, strata satu (S1) hingga program doktoral (S3).

Pada saat bersamaan, kerja sama provinsi kembar antara Provinsi NTB dan Kujawsko-Pomorskie menjadi potensi yang paling memungkinkan diwujudkan dalam waktu secepatnya. Dari kerja sama tersebut, diharapkan mampu menggenjot arus investasi dari Polandia ke Lombok dan Sumbawa, khususnya di bidang pariwisata, pembangkit energi baru dan terbarukan, serta pengelolaan sampah dan limbah. (dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pemprov NTB Kirim 150 Penerima Beasiswa S2 ke Polandia


Redaktur & Reporter : Adil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler