Ini Kronologi Penembakan TNI di Papua

Sabtu, 25 Januari 2014 – 02:40 WIB

jpnn.com - TNI kembali berduka. Seorang prajuritnya tewas diserang kelompok sipil bersenjata (KSB) di istrik Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, Jumat (24/1). Anggota yang gugur itu adalah Pratu Sugianto dari Batalyon 753.

Pangdam XVII Cenderawasih Mayjend TNI Christian Zebua menceritakan, kejadian itu bermula saat anggota TNI Polri melakukan patroli ke Distrik Yambi Jumat pagi. 

BACA JUGA: Wasit Pemilu Harus Adil

Nah, di tengah jalan tiba-tiba mereka diserang kelompok milisi bersenjata. Baku tembak tak bisa dihindarkan. Aparat berhasil menembak salah satu dari kelompok tersebut hingga tewas. 

Dari tangan anggota KSB, aparat menyita 1 pucuk senjata laras panjang jenis AK dan membawa senjata senjata AK tersebut dan kembali ke markas. Sedangkan mayat kelompok bersenjata itu ditinggal di lokasi. 
 
Setelah tiba di markas aparat kembali melakukan koordinasi untuk kembali ke lokasi guna mengambil jenazah. Namun secara tak diduga setelah melewati pintu angin muncul tembakan dari dua arah. Sayang, Sugianto menjadi korban penyerangan itu. Dia pun  tertembak hingga tewas di lokasi. 

BACA JUGA: Baku Tembak di Papua dan 1 TNI Tewas

Jenazah Sugianto langsung dilarikan ke RSUD Mulia.

Pangdam menganggap tewasnya Pratu Sugianto bukan karena kelalaian, melainkan sebuah konsekwensi pengamanan di daerah rawan. "Jenazahnya sudah kami kirim ke Makassar," jelas Pangdam seperi dilansir Cendrawasih Pos (JPNN Group). (ade/fud/mas)

BACA JUGA: Anis Matta: KH Sahal Membuat Fikih tak Menyeramkan

BACA ARTIKEL LAINNYA... Fahri Hamzah Sebut Pengacara SBY Amatir


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler