Ini Langkah KKP Ajak Masyarakat Gemar Konsumsi Ikan

Sabtu, 08 April 2017 – 15:00 WIB
Ilustrasi. Gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Foto IST

jpnn.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan Rapat Koordinasi Nasional Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan).

Langkah ini dilakukan untuk membangun kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat agar gemar mengonsumsi ikan.

BACA JUGA: Perluas Akses Pasar Laut, RI-Inggris Perkuat Kerja Sama

Dengan melibatkan seluruh komponen/elemen bangsa, KKP kembali mengusung program Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan, yang dicanangkan Presiden Megawati Soekarno Putri pada 4 April 2004 silam.

Direktur Jenderal (Dirjen) Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Nilanto Perbowo mengatakan, ikan sebagai sumber protein sangat relevan untuk mendukung program prioritas pemerintah dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia dan meningkatkan kemandirian ekonomi berbasis pada kelautan dan perikanan.

BACA JUGA: Keren! Kebijakan KKP Ditiru Negara Lain

Menurutnya, Indonesia memiliki potensi sumberdaya ikan sebesar 9,9 juta ton dan potensi luas lahan budidaya 83,6 juta Ha yang bisa dioptimalkan untuk mendorong perluasan dan kesempatan kerja, serta meningkatkan ketersediaan dan konsumsi sumber protein ikan bagi masyarakat.

“Jika konsumsi ikan nasional meningkat, ini dapat menjadi penghela industri perikanan nasional. Ini juga dapat meningkatkan produktivitas masyarakat dan mewujudkan kemandirian ekonomi untuk mendukung percepatan pembangunan industri perikanan nasional,” ungkap Nilanto.(chi/jpnn)

BACA JUGA: Perkuat Kerja Sama, Presiden Prancis Kunjungi KKP

BACA ARTIKEL LAINNYA... Pengelolaan Perikanan Berkeadilan Diharapkan Terwujud


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler