Ini Lho Alasan PKS Ajukan Sohibul Iman Jadi Cagub di Pilkada Jakarta 2024

Senin, 24 Juni 2024 – 10:22 WIB
Arsip foto - Wakil Ketua Majelis Syura PKS Sohibul Iman (depan) dan Sekretaris Jenderal PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi (kanan) berjalan sebelum pertemuan tertutup di NasDem Tower, Jakarta, Jumat (3/2/2023). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/hp/aa.

jpnn.com - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengajukan nama wakil ketua majelis syuro parpolnya Mohammad Sohibul Iman sebagai Calon Gubernur Daerah Khusus Jakarta.

Juru bicara PKS Ahmad Mabruri menyebut parpolnya menjadi pemenang pada pemilu 2024 di Jakarta, sehingga ingin memperjuangkan kader internal berkontestasi untuk pilkada provinsi yang sama.

BACA JUGA: Bukan Anies, Ini Calon Gubernur yang Diusung PKS di Pilgub Jakarta

"Kandidat yang kami usung adalah Mohamad Sohibul Iman, yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Syuro PKS," ujar Mabruri dalam keterangannya, Ahad (23/6).

Toh, kata Mabruri, Sohibul menjadi figur yang memiliki integritas, kapasitas, serta berpengalaman memimpin organisasi.

BACA JUGA: Analisis soal Duet Anies - Ahok atau dengan Kaesang, Ada Kata Dendam

Dia kemudian menyebut Sohibul pernah memimpin PKS pada periode 2015-2020 dan suara partai meningkat di bawah kepemimpinan pria kelahiran Jawa Barat itu.

Catatan PKS menyebut suara partai meningkat dari 8,46 juta suara (6,77%) di 2014 menjadi 11,49 juta suara (8,21%) di 2019, atau meningkat dari 40 kursi di 2014 menjadi 50 kursi di 2019.

BACA JUGA: Kaesang Bin Jokowi Persilakan Hendy Setiono Maju di Pilkada Surabaya

Mabruri menganggap wajar Sohibul diusulkan menjadi Cagub di Pilkada Jakarta 2024 dengan segala aspek positif tersebut.

“Artinya beliau memiliki kepemimpinan yang teruji dalam membawa PKS naik kelas. Beliau juga memiliki jejak yang panjang di dunia politik," ungkapnya.

Mabruri mengungkapkan Sohibul juga dianggap perpaduan pas antara birokrat yang andal dan politikus mumpuni.

Diketahui, Sohibul memang pernah berkecimpung dalam bidang teknologi di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Kemenristek RI dan rektor Universitas Paramadina.

Sohibul di sisi lain juga tiga peroode menjadi anggota DPR dari 2009-2014, 2014-2019, dan 2024-2029 serta sempat menjadi Wakil Ketua DPR

“Pak Sohibul Iman ini figur yang tepat untuk memimpin Jakarta. Beliau adalah perpaduan antara seorang birokrat yang handal," ungkap Mabruri. 

Sebelumnya, PKS mengungkapkan nama Anies Baswedan menjadi Cagub Jakarta 2024 dengan syarat cawagub pendamping berasal dari internal parpol berkelir putih dan oranye itu.

Presiden PKS Ahmad Syaikhu menyebut sejumlah kader parpolnya telah disiapkan untuk mendampingi Anies di Jakarta meski nama-nama tak diungkapkan ke publik.

"Kami menyodorkan untuk Pak Anies. Siapa yang nanti akan dipilih tergantung beliau," ujarnya. (ast/jpnn)

Yuk, Simak Juga Video ini!


Redaktur : M. Fathra Nazrul Islam
Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler