Ini Lho, Jumlah Kekayaan Menteri yang Baru Dilantik Jokowi

Rabu, 12 Agustus 2015 – 18:12 WIB
Rizal Ramli saat mengikuti pelantikan 6 Menteri baru hasil reshuffle Kabinet Kerja di Istana Negara, Jakarta, Rabu (12/8). keenam menteri tersebut antara lain Darmin Nasution yang menjabat Menko Perekonomian, Rizal Ramli yang menjabat Menko Kemaritiman, Pramono Anung yang menjadi Seskab, Sofyan Djalil yang menjadi Kepala Bappenas, Luhut Binsar Pandjaitan yang menjadi Menko Polhukam, dan Thomas Lembong yang menjadi Mendag. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Setelah 14 tahun pakar ekonomi Rizal Ramli akhirnya kembali masuk kabinet pemerintahan. Dia hari ini, Rabu (12/8), resmi dilantik oleh Presiden Joko Widodo menjadi menteri koordinator kemaritiman menggantikan Indriyono Susilo.

Berdasarkan data laporan harta kekayaan pejabat negara (LHKPN) yang dimiliki KPK, Rizal tercatat memiliki harta senilai Rp 8.509.361.000 dan USD 88.110. Laporan itu diserahkan Rizal pada tahun 2001 ketika dia masih menjabat sebagai menteri koordinator bidang perekonomian.

BACA JUGA: Luhut Tak Akan Ulangi Kesalahan Pak Tedjo

Di laporan itu disebutkan bahwa Rizal memiliki sejumlah bidang tanah dan bangunan yang tersebar di tiga wilayah. Diantaranya tiga bidang Kabupaten Bandung, empat bidang di Kabupaten Bogor, dan dua bidang di Jakarta Selatan dengan nilai total Rp 3.707.584.000.

Tak hanya itu, Rizal juga memiliki harta bergerak yang terdiri dari dua buah mobil senilai Rp 608 juta dan logam mulia, barang-barang seni, serta barang antik seharga Rp 216 juta. 

BACA JUGA: Luhut: Semua Tidak Boleh Ngomong Seenaknya

Sementara itu, untuk harta bergerak lainnya, dia memiliki barang elektronik dengan nilai setara Rp 90 juta.

(Baca: Luhut Tak Akan Ulangi Kesalahan Pak Tedjo)

BACA JUGA: Pansel Capim KPK Loloskan 19 Nama

(Baca: Hmmm... Ternyata Ini Alasan Jokowi Ganti Menteri)

(Baca: Pengamat sebut Reshuffle Hanya Kompromi Politik)

Kemudian Rizal juga memiliki surat berharga bernilai Rp 3 miliar, serta giro dan setara kas lainnya sebesar Rp 887,7 juta dan USD 88.110. (dil/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mbak Puan Lolos dari Reshuffle, Kata Hasto karena Pengalaman


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler