Ini Loh Bahaya Ponsel untuk Kesehatan Anda

Kamis, 21 Desember 2017 – 22:56 WIB
ilustrasi radiasi gadget.

jpnn.com - Ponsel kini tidak bisa terpisahkan lagi dalam kehidupan Anda, bahkan sudah menjadi kebutuhan primer.

Alat komunikasi ini memberikan kemudahan untuk Anda dalam melakukan komunikasi, disusul dengan adanya smartphone yang memudahkan aktivitas Anda.

BACA JUGA: Kiat Alya Rohali Merawat Rambutnya yang Tertutup Hijab

Tapi tahukah Anda bahwa ternyata teknologi canggih yang selalu menemani aktivitas Anda memberikan pengaruh buruk untuk kesehatan?.

Berikut ini beberapa bahaya dari radiasi ponsel yang bisa mengganggu kesehatan Anda, seperti dilansir laman Cheat Sheet.

BACA JUGA: Spirit Menjaga Kesehatan Wanita di Hari Ibu

1. Sebagai permulaan, ini memperpendek umur Anda

Menggunakan telepon Anda terlalu sering bisa menciptakan postur tubuh yang buruk, yang bisa menghabiskan waktu bertahun-tahun dari hidup Anda.

BACA JUGA: Manfaat Buah Apel untuk si Kecil

Mempertahankan postur tubuh yang bersandar ke depan selama jangka waktu yang lama bisa menyempitkan aliran darah dan pasti bisa menggeser posisi organ tubuh Anda.

Belum lagi hal itu bisa melukai otot Anda.

2. Membuat kecanduan

Seolah-olah itu tidak cukup buruk pada fisik Anda, pesan yang terlalu kronis juga bisa mengacaukan otak Anda.

Gratifikasi instan yang Anda dapatkan dari menerima pesan teks dan pemberitahuan mobile lainnya melepaskan dopamin di otak dan memberi Anda rasa puas dan senang.

Tapi hal ini bisa membawa Anda ke dalam loop akibat dopamin, di mana Anda tidak bisa berhenti mengirim SMS karena otak Anda terus mencari perasaan puas itu.

3. Anda akan kehilangan tidur

Studi telah menghubungkan teks dengan kurang tidur, terutama pada remaja dan dewasa muda.

Texting sebelum tidur juga bisa bermanifestasi menjadi "sleep texting" dimana seseorang membaca dan merespon teks sementara secara teknis tdia masih tidur, hanya untuk bangun dan tidak ingat pernah membaca atau membalas pesan.

4. Mengembangkan kecemasan

Kesalahpahaman teks bisa menyebabkan Anda stres yang tidak diinginkan.

5. Kebiasaan buruk berkembang

Ada bukti bahwa remaja bisa mengembangkan kebiasaan buruk dari teks konstan.

WebMD melaporkan sebuah studi yang dilakukan oleh Case Western Reserve School of Medicine yang menunjukkan bahwa remaja yang menghabiskan banyak waktu untuk mengetik lebih rentan terhadap pesta mabuk-mabukan dan mengalami perkelahian fisik.

6. Sakit leher

Kita sudah membahas bahwa teks yang kronis memberi Anda postur tubuh yang buruk. Lebih khusus lagi, postur ke depan menempatkan beban yang tidak perlu di leher.

Hal ini bisa menyebabkan tulang belakang menjadi tidak sejajar yang menyebabkan nyeri otot, cakram hernia dan saraf yang terjepit. Dan jika saraf Anda terjepit, maka bagian lain dari tubuh Anda mulai menderita.(fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Saat Berzakat Menjadi Bagian Gaya Hidup


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler