Manfaat Buah Apel untuk si Kecil

Kamis, 21 Desember 2017 – 04:46 WIB
Apel Malang. Foto: Rubianto/Radar Malang/JPNN.com

jpnn.com - Salah satu makanan yang disarankan sebagai MPASI pertama adalah buah apel. Selain lezat, apel juga memiliki banyak manfaat kesehatan untuk si Kecil.

Sampai-sampai ada peribahasa dalam bahasa Inggris yang menyatakan bahwa “One apple a day keep the doctor away.” Artinya, kesehatan tubuh akan selalu terjaga dengan mengonsumsi apel secara rutin.

BACA JUGA: Kenali Makanan Penurun Tekanan Darah Anda

Kandungan dan Manfaat Apel

Apel mengandung serat larut (pektin) yang dapat menjaga kesehatan pencernaan si Kecil. Konsumsi apel secara rutin dapat memperlancar buang air besar dan mencegah terjadinya konstipasi.

BACA JUGA: Ini Loh Manfaat Apel untuk Kesehatan Anda  

Serat dalam apel juga memberi makan bakteri baik dalam usus, yang kemudian bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Tak hanya sampai di situ. Pektin bisa menurunkan risiko berbagai penyakit pada kemudian hari. Mulai dari kolesterol tinggi, diabetes, penyakit jantung, hingga kanker.

BACA JUGA: 4 Manfaat Kesehatan Dari Apel

Di samping kaya akan serat, apel juga merupakan MPASI yang bergizi karena mengandung vitamin C. Satu buah apel sedang bisa memenuhi 14 persen kebutuhan vitamin C harian si Kecil.

Selain bermanfaat untuk pertumbuhan, vitamin C memiliki kepentingan untuk pembentukan kolagen. Kolagen sangat penting sebagai ‘bahan pembangun’ berbagai struktur dalam tubuh si Kecil, seperti kulit, tulang, gigi, tulang rawan, ligamen, tendon, dan pembuluh darah.

Dengan kadar vitamin C yang cukup dalam tubuh, luka yang dialami si Kecil akan lebih mudah menutup dan sembuh.

Apel juga mengandung polifenol dan antioksidan yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit. Menurut penelitian, antioksidan dalam apel bisa membantu menurunkan risiko asma, penyakit jantung, dan kanker.

Organik Lebih Baik

Jika Bunda ingin memberikan apel sebagai MPASI, akan lebih baik jika memilih apel organik. Dengan demikian, apel yang dikonsumsi si Kecil akan bebas dari pestisida dan pupuk buatan.

Namun, jika apel organik sulit didapat atau terlalu mahal, Bunda tetap dapat memberikan apel biasa kepada si Kecil.

Pastikan Bunda mencuci buah apel dengan saksama dan mengupas kulitnya. Setelah dikupas, potong dadu, lalu kukus hingga lunak. Buat menjadi pure menggunakan blender. Apel pun siap disajikan untuk si Kecil.(RH/RS/klikdokter)

BACA ARTIKEL LAINNYA... 5 Makanan ini Mengandung Serat Tinggi


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag

Terpopuler