Ini Makanan yang Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

Minggu, 28 Januari 2018 – 18:24 WIB
Diabetes. Ilustrasi. Foto Healthaim

jpnn.com, JAKARTA - Diabetes adalah satu kondisi dimana gula darah dalam tubuh naik yang dihasilkan dari beberapa sumber makanan karbohidrat. 

Makanan karbohidrat yang kita konsumsi memiliki kadar gula yang akan dilepas di dalam darah.

BACA JUGA: Ingin Singkirkan Lemak di Perut? Cobalah Cara Mudah ini

Ketika gula darah meningkat di dalam tubuh, maka tubuh akan melepas insulin yang membantu mengubah gula dalam darah lalu dimasukkan ke dalam sel tubuh yang bisa menjadi sumber energi tubuh.

Ada beberapa makanan sehat yang bisa menormalkan kembali kadar gula darah dalam tubuh. 

BACA JUGA: Lakukan 8 Hal Ini Agar Anda Terhindar dari Diabetes

Berikut makanan yang baik untuk penderita diabetes, seperti dilansir laman Health.

Bluberry

BACA JUGA: Penderita Diabetes Rentan Terkena Stroke?

Buah biru kecil ini padat nutrisi untuk mendapatkan sebagian dari karbohidrat harian Anda. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi blueberry secara teratur serta buah lainnya bisa meningkatkan sensitivitas insulin. 

Jeruk

Jeruk, grapefruits dan clementines. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah sitrus memiliki efek jangka panjang yang positif terhadap gula darah serta kadar kolesterol, berkat senyawa hesperidin anti-inflamasi dan dosis serat larut yang sehat.

Penelitian tambahan dari Harvard School of Public Health menunjukkan bahwa mengonsumsi keseluruhan buah, bukan jus, telah dikaitkan dengan risiko diabetes tipe 2 yang lebih rendah.

Kacang polong

Buncis, kacang polong, kacang-kacangan dan kacang lentil adalah makanan yang terkenal dengan indeks glikemik rendah, menjadikannya pilihan makanan diabetes yang baik, namun penelitian baru menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang polong sebenarnya memiliki efek terapeutik. 

Pemakan kacang polong sehari-hari menunjukkan penurunan nilai hemoglobin A1c yang lebih besar dan penurunan tekanan darah.

Cokelat hitam

Beberapa studi penelitian menemukan bahwa sejumlah kecil coklat gelap berkualitas tinggi yang dimakan setiap hari mampu menurunkan kadar insulin dan tekanan darah. Efek yang terlihat disebabkan oleh senyawa yang disebut polifenol.

Makanan berbasis tanaman

Vegetarian memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2, namun banyak yang menganggapnya karena mereka cenderung memiliki BMI yang lebih rendah. 

Minyak zaitun

Mengganti lemak jenuh dan trans dengan lemak tak jenuh yang lebih sehat merupakan rekomendasi utama bagi semua individu, namun jenis lemak yang dikonsumsi bisa memainkan peran lebih besar dalam kesehatan diabetes tipe 2.

Itu karena diabetes dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke.

Konsumsi minyak zaitun extra virgin dikaitkan tidak hanya dengan penurunan risiko diabetes, namun beberapa penelitian menunjukkan bahwa hal itu juga bisa memperbaiki penggunaan glukosa oleh sel berkat efek anti-inflamasi. (fny/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Empat Jenis Makanan ini Penyebab Diabetes


Redaktur & Reporter : Fany

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler