Ini Manfaat Tersembunyi Dari Minum Bir

Rabu, 16 Juli 2014 – 10:53 WIB
Penelitian menunjukkan bahwa bir dapat membantu melindungi tubuh dari penyakit alzheimer, membantu penurunan berat badan dan bahkan keseimbangan hormon. Getty images.

jpnn.com - SEBAGIAN orang, tidak akan percaya meminum bir punya manfaat bagi kesehatan. Jenis minuman ini memang mengandung kadar alkohol yang bisa merusak fungsi tubuh.

Seperti bahaya rokok yang dituduh sebagai biang keladi berbagai jenis penyakit misalnya penyakit hipertensi, begitu juga dengan minuman alkohol seperti bir ini dapat membahayakan fungsi hati.

BACA JUGA: Kulit Pisang Diolah Menjadi Obat Kolesterol dan Jantung

Manfaat minum bir seakan hanya sebuah mitos bagi sebagian orang, karena minum-minuman dengan kadar alkohol apapun jenisnya tidak akan membawa kesehatan bagi tubuh.

Bir tergolong ke dalam minuman keras namun, beberapa diantaranya di jual dengan bebas di pasaran. Hal tersebut karena kadar alkohol pada bir tergolong rendah yang berasal dari fermentasi beras dan gula.

BACA JUGA: Ini Dia Manfaat Lain dari Probiotik

Penelitian menunjukkan bahwa bir dapat membantu melindungi terhadap penyakit alzheimer, membantu penurunan berat badan dan bahkan keseimbangan hormon.

"Jika anda menganalisis bir maka anda akan kagum pada begitu banyaknya super-nutrisi yang terkandung di dalamya," kata direktur medis dari The Original FX Mayr Health Centre di Austria, Dr. Stephan Domenig, seperti dilansir laman Daily Mail, Selasa (15/7).

BACA JUGA: Stres Bisa Memicu Nafsu Makan Berlebihan

Sebuah studi oleh Tufts University di Amerika Serikat pada tahun 2009 menemukan bahwa konsumsi bir moderat dapat melindungi kepadatan mineral tulang karena bir kaya akan kalsium, magnesium, fosfor dan kalium.

Dibandingkan dengan minuman ringan dan mengandung pemanis seperti coke, minum sekaleng bir jauh lebih menyehatkan karena sebenarnya bir mengandung sedikit gula dan mengandung sekitar 93 persen air.

Berikut manfaat lain bir bagi kesehatan:

1. Kaya antioksidan

Bir yang berwarna gelap melalui proses pengolahan dengan suhu tinggi dari hop dan malt yang mengandung antioksidan alami dan vitamin yang lebih banyak daripada bir yang warnanya terang. Manfaat antioksidan pada bir, sama seperti yang ditemukan pada manfaat teh hitam, buah-buahan dan sayuran pada bir dan mampu memperkuat sel tubuh, menekan resiko gejala penyakit jantung dan kanker.

2. Mencegah penyakit batu ginjal

Kandungan bir yang terdiri dari 93 persen air akan mencegah dari bahaya kekurangan cairan dehdrasi sehingga akan menghindari dari resiko penyakit batu ginjal. Meskipun memang belum ada yang jenis minuman apapun yang menggantikan manfaat terapi air putih untuk kesehatan fungsi ginjal bagi tubuh.

3. Pencegahan virus berbahaya

Pada bir terdapat semacam senyawa kimia pada kandungan hop, yaitu tanaman yang memberikan efek rasa pahit pada bir. Kandungan tersebut ternyata menciptakan pertahanan terhadap serangan virus penyakit berbahaya seperti kanker, serta menurunkan kadar kolesterol.

Minum bir ternyata merupakan win-win solution. selain anda dapat menikmati minuman kesukaan anda, bir juga memberikan tubuh anda berbagai asupan yang bermanfaat bagi kesehatan anda. Namun, perlu diingat manfaat ini bisa anda peroleh hanya dengan mengkonsumsi bir dalam jumlah sedang, yang berarti rata-rata dua gelas bir per hari untuk pria dan segelas bir per hari untuk wanita.(fny/jpnn)

 

BACA ARTIKEL LAINNYA... Kenali Merek Makanan Cepat Saji Anak-anak Jadi Gemuk


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler