Ini Pentingnya Private Business Coaching Bagi Pengusaha

Selasa, 29 November 2022 – 21:47 WIB
Ini Pentingnya Private Business Coaching Bagi Pengusaha. Foto: dok. pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Pelatihan bisnis secara personal atau private business coaching dibutuhkan para pengusaha agar usaha mereka mencapai sukses dengan hasil maksimal.

Segala persoalan bisnis dibahas dan diselesaikan secara personal dengan bantuan seseorang yang disebut coach.

BACA JUGA: Pertapreneur Aggregator: Pertamina Gelar Coaching untuk 50 UMKM yang Masuk Semifinal

Mulai dari masalah manajemen yang belum profesional, karyawan, sistem yang belum ada atau belum berjalan baik, keuangan, strategi untuk ekspansi usaha, menghadapi masalah internal sehingga sulit berkembang, dan lainnya.

Menurut coach Yusman, yang sudah lebih dari 15 tahun berpengalaman dalam bidang ini, coaching itu tidak sama dengan diskusi atau seminar bisnis.

BACA JUGA: Pelatihan Bisnis Kewirausahaan-Magang Lahirkan Petani Milenial Unggul

Biasanya, seminar diikuti banyak orang dan business coaching hanya diikuti 1-4 orang yang memang merupakan owner atau direktur.

"Dalam program coaching, secara berkala saya datang ke tempat klien untuk langsung mengevaluasi, langsung melihat apa yang terjadi dengan tempat bisnis mereka dan langsung coaching mereka di sana," kata Coach Yusman dalam keterangannya, Selasa (29/11).

BACA JUGA: Kominfo Gelar Coaching Pembuatan Konten TikTok

Lulusan Curtin University, Perth, Australia, ini mengatakan proses coaching membutuhkan waktu minimal satu tahun. Pertemuan intens dilakukan hampir tiap minggu dan lamanya program ini bisa lebih dari satu tahun.

Ada pengusaha, bahkan yang coaching dengan coach Yusman, selama dua hingga delapan tahun lebih karena mereka sudah merasakan sendiri bagaimana terus berkembang dan makin bagus.

Program coaching yang dirancang pun khusus untuk masalah bisnis klien dan target yang ingin dicapai. Materinya berbeda untuk setiap pengusaha, dilihat dari model bisnis, besaran bisnis, dan struktur bisnis.

Ada tiga hal penting yang perlu diketahui tentang program coaching yang disediakan oleh Coach Yusman. Pertama, Ide plus strategi bisnis plus implementasi.

Kedua, apa yang kurang di bisnis client seperti marketing dan sales, operasional dan manajemen hingga masalah keuangan.

Ketiga, pertemuan Private Coaching yaitu pertemuan satu lawan satu. Hanya owner yang bertatap muka dengan Coach Yusman sehingga dapat dibahas detail bisnis secara menyeluruh.

Mengenai biaya coaching yang mahal karena durasinya tahunan, Coach Yusman berterus terang mengakui harga private coaching itu tergantung kualitas coachnya, dengan range Rp 288 juta sampai Rp 750 juta.

Coach Yusman sendiri memiliki klien private coaching dari 15-18 perusahaan selama 15 tahun lebih. “Bagi saya mungkin mahal, tetapi klien bisa merasakan dengan pertemuan setiap minggu," tuturnya.

Tak sedikit perusahan yang mengikuti coaching dari Yusman memperoleh penghargaan secara internasional, antara lain finalist for Best Wholesaler Company, Winner of Fastest Growing Company, Winner of Most Improved Company, Winner of Best Service Based Company dan lainnya.

Sampai sekarang Coach Yusman sudah mengcoaching lebih dari  250 perusahaan dengan hasil yang sangat memuaskan. Coach Yusman dikenali sebagai Top 50 Coach terbaik di dunia sejak 2016 sampai sekarang. 

Dia adalah business Coach dari ActionCOACH, sebuah perusahaan (bukan asosiasi) nomor 1 bidang pelatihan bisnis di dunia dan Indonesia, yang memiliki cabang di lebih dari 80 negara, dan berpengalaman lebih dari 27 tahun.

Sejumlah penghargaan Global Awards Winning Business Coach diberikan kepada Coach Yusman seperti Certified USA Business & Executive Coach ActionCOACH, Official Coach for The Great Game of Business USA, 2022 USA Global ActionMAN Winner, 2022 Global Top 100 Club Business Coach, 2021 Global Coach with Best Community Impact, 2013 Asia Pacific Coach with Best Client Results dan lainnya. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler