Ini Pentingnya Serat dalam Program Diet, Kamu Harus Tahu!

Jumat, 30 September 2022 – 13:56 WIB
Ilustrasi menurunkan berat badan. Foto:Dietsmart

jpnn.com, JAKARTA - Begitu banyak jenis diet di dunia ini. Ada diet Paleo yang mengadopsi pola makan manusia zaman batu, yakni semua harus bahan makanan alami dan organik.

Kemudian, ada diet ketogenik yang sangat membatasi asupan karbohidrat dan tinggi asupan lemak atau proten.

BACA JUGA: Nutrashake, Penuhi Kebutuhan Serat Harian dan Lancarkan Program Diet

Selain itu, ada diet mediterania yang fokus pada konsumsi karbohidrat kompleks, sayuran, buah-buahan, protein, dan lemak sehat.

Sebenarnya inti dari semua jenis diet yang bertujuan untuk menurunkan berat badan yaitu menaruh diri dalam keadaan defisit kalori.

BACA JUGA: Waspada, 4 Diet Populer Ini Justru Bikin Organ Vital Pria Lemah Tidak Bertenaga

Namun, ada satu hal yang sering dilupakan saat menjalani program diet, yaitu mengomsumi banyak serat dan konsisten. Serat sendiri ada yang bisa larut dan tidak larut.

Anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia (PDGKI) dr. Patricia Amanda mengtakan serat tidak larut sifatnya yang mengikat air.

BACA JUGA: 4 Makanan Kaya Serat Ini Bagus untuk Pencernaan Lho

Selain itu, membuat feses menjadi lebih lunak, menambah volume feses dan meningkatkan gerak peristaltik usus sehingga dapat membantu mengatasi sembelit.

"Contohnya seperti hemiselulosa, selulosa dan lignin yang biasa ditemukan di bagian luar sel pangan,” kata dr. Patricia Amanda di Jakarta, Kamis (29/9).

Serat bisa diperoleh dari sayuran, buah, dan juga umbi-umbian. Selain itu, serat juga bisa didapat dari suplemen, seperti Dr. Hyun Fiber Drink..

Suplemen ini mengandung psyllium husk, konjac, inulin, dan premix vitamin yang jumlahnya kurang lebih 6 gram dalam 1 saset.

Tak sekadar serat, Dr. Hyun Fiber Drink mengandung L carnitine yang dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh untuk pembakaran lemak, mengontrol diabetes tipe 2, dan meningkatkan produksi sel darah merah.

Kandungan lainnya ada HCA dari Garcinia Xanthochymus yang dapat membantu pembakaran lemak dalam tubuh dan menghambat pembentukan jaringan lemak dalam tubuh. (jlo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Tag
Diet   Program Diet   serat   suplemen  

Terpopuler