Ini Rahasia Belanda Kalahkan Spanyol 5-1!

Minggu, 15 Juni 2014 – 14:15 WIB
Striker Belanda, Robin Van Persie yang mencetak dua gol ke gawang Spanyol pada laga yang berkesudahan 5-1 buat Belanda. Getty Images

jpnn.com - SAAT memasuki masa pemusatan latihan, para pemain Belanda harus banyak berkorban. Salah satu di antaranya adalah dijauhkan dari keluarga, istri atau pasangannya. Sebab, pelatih Louis van Gaal mengeluarkan kebijakan keras melarang pacar, istri atau keluarga menyertai pemain selama masa persiapan.

Tapi, itu tak berlaku saat Belanda menghadapi Spanyol, Sabtu (14/6). Van Gaal memberi izin pada para pemainnya untuk menghabiskan waktu bersama istri dan  pasangannya. Hasilnya manjur, suasana yang cair dan menyenangkan di hotel, mereka bawa ke lapangan dan menjadi motivasi berlipat untuk menang.
    
"Prinsip saya menggambarkan semuanya, gambaran tentang seorang manusia yaitu pemain. Otak dan kejiwaannya turut bermain. Kejiwaan itu dipengaruhi suasana di sekitarnya. Jadi pada Kamis (12/6) dan Jumat (13/6) saya memberikan izin pada para istri dan pasangan untuk mengunjungi hotel.  Para pemain pun gembira," terang Van Gaal kepada Mirror.
    
Meski terbukti sukses, Van Gaal menolak jika kebijakan tersebut menjadi alasan timnya tampil hebat. "Saya katakan kepada para pemain bahwa saat keluarga dan istrinya mengunjungi mereka, itu akan jadi poin yang tepat waktu," ujar Van Gaal.
    
Kemenangan tersebut jelas melambungkan kepercayaan diri para pemain Belanda Namun, dia memperingatkan laga pertama belum berarti apa-apa. Mereka tak boleh terjebak dalam euforia yang justru dikhawatirkan membawa mereka pada tren negatif.
    
"Kami punya cukup pemain yang akan memastikan kami tak akan melepaskan diri kami pada euforia. Kami telah bermain dengan cara yang fantastis, sepak bola yang kompak. Kami memanfaatkan penyerang tengah dengan sempurna," beber pelatih yang menangani Manchester United selepas Piala Dunia 2014 itu. .
    
"Kami masih bisa lebih baik lagi, tanpa ada bayangan keraguan. Bisa disaksikan pada 20 menit terakhir saat kami mulai memainkan bola dengan percaya diri. Hasil ini memberi mereka motivasi tambahan dan kepercayaan diri dan saya berharap mereka lebih baik," tambahnya. (ady/bas)

BACA JUGA: Alberto Zaccheroni Puji Kehebatan Pantai Gading

BACA ARTIKEL LAINNYA... Persib Pertajam Serangan


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler