Ini Rahasia Menjaga Berat Badan Ideal tetap Stabil

Jumat, 10 Desember 2021 – 23:24 WIB
Sally Varsly berbagi cara menjaga berat badan ideal tetap terjaga. Foto: IG @sallyvarsly

jpnn.com - Memiliki berat badan ideal, memang jadi motivasi setiap wanita. Selain dengan melakukan olahraga angkat beban, ternyata masih banyak lagi kebiasaan-kebiasaan yang bisa menjaga berat badan  ideal tetap stabil walau hanya di rumah saja.

Sally Varsly, seorang pemerhati kesehatan berkesempatan memberikan sedikit tips soal menjaga saat berat badan ideal saat menjadi narasumber di sebuah acara:

BACA JUGA: 4 Minuman Detoks Ini Ampuh Turunkan Berat Badan dengan Cepat

Jaga jumlah porsi makan

Tentunya, dengan menjaga pola makan yang baik dan sehat, kita bisa menjaga berat badan tetap stabil.

BACA JUGA: 10 Olahraga Ini Ampuh Turunkan Berat Badan dengan Cepat, Buruan Dicoba

Lalu bagaimana, sih, cara mengatur pola makan yang baik? Pola makan yang baik biasanya dimulai dari apa saja yang disantap.

Pilih makanan yang sehat, terutama buah dan sayuran , jangan malah mengonsumsi makanan yang tinggi lemak dan gula.

BACA JUGA: 4 Menu Sarapan Rendah Kalori yang Cepat Turunkan Berat Badan

“Memang benar, asupan lemak dan gula memang dibutuhkan oleh tubuh untuk sumber energi tetapi jangan berlebihan” ungkap Sally.

Sally mengingatkan agar memastikan setiap membeli makanan kemasan. Sebelum dimakan dilihat nilai gizinya dan kadar banyak gula yang ada pada makanan tersebut.

Selain itu, cegah makan dalam porsi terlalu banyak. Kondisi ini disebabkan karena nafsu makan yang berlebihan padahal tubuh tidak membutuhkan asupan makanan tersebut sehingga terjadinya penumpukkan kalori.

Agar berat badan tetap ideal, kalori harus sesuai dengan yang dibutuhkan per harinya. Maka dari itu, coba mengurangi porsi makanan dalam sekali makan dan dipecah menjadi beberapa kali makan.

Jangan lupa mencukupi kebutuhan nutrisi

Selain menjaga porsi makan, Sally juga menambahkan banyak orang berhasil mengatur jumlah porsi makan yang cukup tetapi tidak memenuhi kebutuhan nutrisi.

Akibatnya, stamina tubuh hilang dan lemas karena kurang asupan protein serta vitamin. Biasanya, kondisi ini sering terjadi kepada seseorang yang sedang menjalankan diet.

“Saat di rumah kita, menjalani diet ekstrem, sedangkan saat dil uar kita makan sembarangan, sehingga timbangan bukannya turun, malah naik," tambah Sally.

Seharusnya saat defisit kalori (sedang kurang makan atau diet), tubuh sudah pasti defisit nutrisi juga. Oleh karena itu, perlu suplemen tambahan.

Menurutnya, bila mengejar nutrisi harian, nantinya bisa menjadi surplus kalori. Akhirnya makan kekenyangan dan malas olahraga.

Dia mengatakan jika nutrisi protein tercukupi, maka tubuh akan berasa lebih segar, rambut lebih sehat serta kulit lebih cerah dan kencang, jadi banyak sekali manfaatnya.

Oleh karena itu, Sally biasanya menjadwalkan dua minggu sekali untuk memasak tiga macam jenis protein dari tempe, telur dan daging.

Ditambah, dia juga mengonsumsi suplemen nutrisi Muscle First untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Tentunya Sally memastikan suplemen tersebut terbuat dari susu sapi yang telah lolos uji klinis, mengandung protein tinggi dan rendah kalori yang diperlukan tubuh, memiliki izin edar BPOM dan mendapat sertifikasi halal MUI.

Sally juga memastikan bahwa protein yang digunakan adalah Whey Protein yang lebih mudah diserap tubuh dan membantu menjaga bentuk badan setelah latihan atau olahraga.

Sally rutin mengonsumsi Muscle First Pro Whey 2x sehari masing-masing 1 scoop, dan merasakan perubahan bentuk badan menjadi lebih ramping dan berat badan tidak naik.

Tidak lupa, kebutuhan mineral tetap harus dicukupi dengan rutin mengonsumsi air putih.

"Asupan nutrisi harus benar-benar seimbang antara makro dan mikro. Makro ada protein, karbohidrat, dan lemak, lalu nutrisi mikronya ada serat, vitamin, dan mineral," tuturnya.

Olahraga dengan alat seadanya

Menurut Sally, olahraga seharusnya dilakuin bisa di mana aja, bisa di rumah, di lapangan.

Sally juga rutin membagikan melalui akunnya @sallyvarsly Instagram dan Tik Tok, cara pola latihan di rumah menggunakan alat yang ada.

 Melalui akun Instagram nya @sallyvarsly, dia membagikan cara latihan tanpa menggunakan alat tetapi hanya menggunakan berat badan tubuh sebagai beban.

“Saya memang hobinya memberikan efek positif dengan mengajak orang yang di rumah aja malas-malasan menjadi aktif bergerak," pungkasnya. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler