Ini Reaksi Dunia Atas Wafatnya Mandela

Jumat, 06 Desember 2013 – 14:13 WIB

jpnn.com - WASHINGTON- Meninggalnya Nelson Mandela menyentak perhatian dunia. Public pun beramai-ramai menyampaikan rasa belasungkawanya terhadap Mandela yang mangkat di usia 95 tahun. Para petinggi negara maupun selebritis turut menyampaikan rasa duka yang mendalam.

"Kita semua tidak akan pernah melihat sosok seperti Nelson Mandela lagi. Kini, semuanya menjadi tanggungan kita untuk meneruskan apa yang sudah dilakukannya," ujar Presiden AS, Barack Obama di laman ABC News, Jumat (6/12).

BACA JUGA: Lima Fakta Mengejutkan Mandela

Mantan Presiden AS, Bill Clinton pun turut menyampaikan ucapan selamat jalan pada Madiba, panggilan karib Mandela.

"Saya tidak akan pernah melupakan teman saya Mandela," kata Clinton.

BACA JUGA: Madiba Dalam Film, Lagu dan Puisi

Perdana Menteri Inggris, David Cameron pun mengaku sedih dengan kepergian Mandela untuk selama-lamanya. "Cahaya terang itu sudah meninggalkan dunia. Nelson Mandela merupakan pahlawan bagi kita semua," ujar Cameron.

Senator senior AS, Harry Reid juga tak kalah sedih. Dia menggambarkan Mandela sebagai perpaduan George Washington dan Abraham Lincoln.

BACA JUGA: Batik Cerminkan Kesabaran Nelson Mandela

"Mandela merupakan campuran dari Washington dan Lincoln di negaranya. Kami sangat beruntung karena hidup di era Mandela," ujar Reid.

PBB selaku induk negara-negara di dunia juga tak lupa menyampaikan belasungkawa yang mendalam untuk Mandela.

"Biarkan kami melanjutkan hari-hari yang sudah diinspirasikan oleh Mandela. Kami akan bekerja keras untuk membuat dunia yang lebih baik," demikian bunyi pernyataan resmi PBB.

Penyanyi kondang Ricky Martin juga tak kalah bersedih.

"Ada tempat yang indah di surga untuk Mandela. Bidadari di surga sedang merayakan kedatangannya. Hanya satu dan selamanya untuk Mandela," kata Martin.

Sutradara kondang Michael Moore mengaku sangat terinspirasi dengan kehebatan Mandela. Sutradara film Fahrenheit 9/11 tersebut menilai, Mandela merupakan cerminan sikap pantang menyerah.

"Saya sempat tidak yakin dia akan keluar dari penjara. Tapi, ketika dia ternyata bisa bebas dan menjadi presiden, saya menjadi yakin bahwa semua hal di dunia ini bisa menjadi kenyataan," tegas Moore. (jos/jpnn)

BACA ARTIKEL LAINNYA... Mandela, Pemimpin Kharismatik Penggemar Batik


Redaktur : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler