Ini Trik-trik Ampuh Hilangkan Bau Dapur yang Menyebalkan

Sabtu, 19 Agustus 2023 – 00:44 WIB
Ilustrasi dapur yang bersih. Foto: dok. Unsplash

jpnn.com, JAKARTA - Dapur menjadi salah satu tempat yang menyenangkan di rumah, terutama bagi orang yang gemar memasak dan membuat hidangan istimewa untuk keluarga.

Sayangnya, aroma yang tidak sedap terkadang muncul di dapur dan bisa merusak suasana. Alhasil, udara di dapur bisa menjadi kurang segar.

BACA JUGA: Redakan Nyeri dengan 8 Bahan Alami yang Tersedia di Dapur

Namun, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan agar dapur tidak meninggalkan bau kurang sedap.

Lakukan sekarang juga agar kegiatan memasak Anda menjadi lebih asyik. Simak tips berikut ini, dihimpun dari Lacak Harga.

BACA JUGA: 7 Manfaat Teh Celup yang Bikin Kaget, Bikin Peralatan Dapur Kembali Kinclong

Ciptakan Udara Segar

Saat Anda memasak, menyalakan kipas ekstraktor untuk menghindari penumpukan bau makanan.

BACA JUGA: Ada di Dapur, 5 Bahan Alami Ini Ampuh Redakan Gejala Asma dengan Cepat

Saat cuaca memungkinkan pastikan ventilasi seluruh rumah atau jendela terbuka sehingga membuat sirkulasi udara segar masuk.

Kurangnya sirkulasi udara adalah alasan umum bau masakan tetap tertinggal di dapur.

Selain, membuka jendela dan pintu, menyalakan kipas blower bisa membantu mengedarkan udara bau lebih cepat.

Bersihkan Kompor Anda

Memasak terkadang menyisakan beberapa tumpahan dan percikan pada bagian alat di dapur.

Bila meninggalkan semua kekacauan itu di kompor berarti Anda juga menyisakan bau. Oleh karena itu, pastikan untuk menggosok kompor Anda dengan baik saat Anda selesai mencuci piring.

Perhatikan sisi kompor di mana sisa makanan bersembunyi. Kemudian, jangan lupa untuk memeriksa di bawahnya yang mana cipratan makanan bisa bersembunyi dan membusuk menjadi bau yang tidak sedap.

Taruh Cuka, Soda Kue atau Kopi

Mungkin terlihat aneh bahwa dengan menambahkan beberapa bahan berikut untuk dapat mengurangi bau masakan di rumah Anda.

Namun kenyataannya memang ampuh. Sebab cuka, kopi, dan soda kue benar-benar menyerap dan menetralkan bau di udara.

Dengan meninggalkan satu mangkuk semalaman, Anda dapat membantu menjebak dan menghilangkan bau. Kemudian, Anda bisa menggunakan cara serupa untuk menghilangkan asap rokok, dan bau lain yang menempel di sekitar rumah.

Rebus lemon

Lemon juga bisa berguna untuk menetralkan bau menyengat. Cukup potong lemon menjadi dua, tambahkan ke dalam panci berisi air mendidih, dan biarkan mendidih selama sepuluh menit. 

Atau bilq Anda memiliki sisa kulit atau potongan lemon dari masakan, Anda juga bisa merebusnya! Untuk menghilangkan bau lebih banyak lagi, taburkan satu sendok makan soda kue ke dalam air.

Jaga Kebersihan Tempat Sampah

Kosongkan tempat sampah Anda secara teratur, dan bawalah makanan yang sangat bau seperti sisa brokoli, kulit bawang, atau makanan sisa untuk segera keluar agar semuanya tetap segar, taburkan sedikit soda kue di bagian bawah tempat sampah Anda sebelum memasukkannya ke dalam kantong baru.

Bersihkan Wastafel

Untuk menghindari wastafel yang bau, cukup bersihkan dengan spons sabun setiap selesai mencuci piring. Ketika tempat pembuangan sampah mulai berbau aneh, taruhlah setengah lemon.

Bau dapur yang aneh tentu akan menghalangi aktivitas Anda dalam membuat makanan. Dengan beberapa pembersihan dan kontrol terhadap bau, Anda dapat menjaga dapur tetap segar saat memasak. (flo/jpnn)


Redaktur & Reporter : Natalia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler