Ini Upaya Bea Cukai Belawan Kawal Percepatan Logistik dan Peningkatan Pengawasan Laut

Kamis, 22 Agustus 2024 – 15:20 WIB
Bea Cukai Belawan menggelar asistensi kepada PT Belawan New Container Terminal (BNCT) dan bersama-sama melakukan peninjauan lapangan terhadap lokasi yang akan digunakan untuk pemasangan alat pemindai peti kemas di PT BNCT pada Senin (19/8). Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, BELAWAN - Bea Cukai Belawan menjalin sinergi dengan berbagai pihak untuk meningkatkan pelayanan dan pengawasan.

Kali ini sinergi dilakukan untuk mendukung program National Logistics Ecosystem (NLE) dan pengawasan laut di wilayah Belawan.

BACA JUGA: Bea Cukai Menggelar Ekspose Penertiban Importasi dan Pemusnahan BMMN di Semarang

Mendukung penerapan NLE, Bea Cukai Belawan menggelar asistensi kepada PT Belawan New Container Terminal (BNCT) dan bersama-sama melakukan peninjauan lapangan terhadap lokasi yang akan digunakan untuk pemasangan alat pemindai peti kemas di PT BNCT pada Senin (19/8).

Kegiatan ini merupakan bagian dari tindak lanjut rekomendasi tim NLE untuk memastikan kelancaran dan kesiapan lokasi sebelum pemasangan alat pemindai tersebut.

BACA JUGA: Bertemu Sri Sultan HB X, Bea Cukai Membahas Peningkatan Potensi Bisnis Yogyakarta

Pemasangan alat pemindai ini merupakan upaya mempercepat proses pemeriksaan kontainer, sehingga memperlancar arus barang di pelabuhan dan mengurangi waktu tunggu.

“Implementasi teknologi ini tidak hanya mendukung kelancaran ekspor-impor, tetapi juga membantu menurunkan biaya logistik yang pada akhirnya meningkatkan daya saing industri dalam negeri,” ujar Kepala Kantor Bea Cukai Belawan Ahmad Luthfi.

BACA JUGA: Bea Cukai Buka Peluang Pasar Mancanegara Bagi UMKM di 2 Wilayah Ini Lewat Asistensi

Sebelumnya, Bea Cukai Belawan menerima kunjungan dari Kantor Imigrasi Kelas II TPI Belawan pada Selasa (6/8).

Kunjungan tersebut merupakan upaya penguatan koordinasi yang dilakukan Imigrasi dengan Bea Cukai untuk mendukung Imigrasi yang akan mengaktifkan kembali pengawasan lautnya.

“Jadi melalui pertemuan ini, kami menjalin koordinasi dan membagikan pandangan terkait pengawasan perairan dengan unit patroli laut yang telah kami lakukan," ujar Ahmad Luthfi.

Dia juga menekankan pentingnya kolaborasi antarlembaga ini dalam menjaga keamanan dan kedaulatan wilayah perairan Indonesia.

“Pelatihan bersama akan menjadi langkah awal yang baik untuk memastikan semua petugas memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan. Selain itu, ini juga akan mempererat hubungan kerja antarinstansi,” pungkasnya. (mrk/jpnn)


Redaktur : Sutresno Wahyudi
Reporter : Sutresno Wahyudi, Sutresno Wahyudi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

Terpopuler